Review

Kuliner Keluarga di Rumah Makan Manjabal 2 Cijagra




Rumah Makan Manjabal 2 Cijagra Buah Batu

Bila Anda sedang berlibur bersama keluarga dan tengah mencari tempat makan khas Sunda, bisa mencoba menyambangi Rumah Makan Manjabal 2. Lokasinya di Jln. Cijagra no. 66 Bandung. Untuk ke lokasi, bisa diakses dari Jln. Buah Batu atau Jln. Soekarno-Hatta. Bila dari Jln. Buah Batu belok ke arah Jln. Cijagra (seberang Toko Buku Merauke) terus susuri jalan sampai ke belokan sebelum stopan.

Akses lain bisa dari keluar tol Moh. Toh atau Buah Batu masuk ke Jln. Soekarno-Hatta (Jln. By Pass). Di perempatan seberang Bank Mandiri/jalan ke Perumahan Batununggal ambil jalan masuk Jln. Cijagra (sebelah SPBU). Dari sana tinggal beberapa ratus meter ke arah RM Manjabal 2.

Rumah Makan Manjabal 2 Cijagra didirikan pada tanggal 26 Desember 2003 oleh Ibu Hj. Nia S.Kurniaty dan pemilik tempat usahanya adalah Bapak H.Dedi. Sebelum Ibu Hj.Nia S.Kurniaty terjun kedalam dunia usaha rumah makan, beliau adalah seorang kasir di rumah makan mertuanya di RM.Manjabal 2 Ciamis. Ketika itu beliau ditawarkan bekerja sama oleh seorang pengusaha bernama Bapak H. Dedi yang berminat kerja sama dengan rumah makan mertuanya.

Pada awal berdirinya, RM Manjabal 2 Cijagra ini hanya di kelola oleh pemilik dan 7 orang karyawan. Namun seiring berjalannya waktu, rumah makan Manjabal 2 ini mempunyai puluhan karyawan. Rumah makan Manjabal 2 Cijagra sangat menjaga kualitas makanan yang dijual, untuk itu dari tahap pembelanjaan, pemasakan, hingga tahap penyajian, pemilik ikut campur tangan.

Tiga arti Manjabal
Nama "Manjabal" sendiri mempunyai tiga arti, yaitu:
1.  Manjabal (dari bahasa Arab) yang artinya Orang Gunung.
Maksudnya, walaupun masakannya hasil dari orang kampung tetapi tidak kalah enaknya dengan masakan orang kota.
2. Manjabal (dari bahasa Sunda) yang artinya Manjing Jaya Balarea. Maksudnya, yang membeli merasa puas yang dibeli juga merasa puas (sama-sama puas).
3. Manusia Jaman Baheula
Maksudnya, dari awal berdirinya sampai sekarang karyawan yang bekerja di rumah makan Manjabal kebanyakannya adalah orang tua.

Fasilitas RM Manjabal 2
Manjabal 2 Cijagra ini memiliki dua lantai,  yang terdiri dari beberapa bagian ruangan. Lantai pertama terbagi atas kasir, meja makan, lesehan, wastafel, kamar kecil, mini bar, dapur, dan kolam ikan. Sedangkan lantai kedua terbagi atas lesehan untuk rombongan, kamar karyawan, kamar kecil, dan mushola. Rumah makan Manjabal 2 ini setiap harinya buka dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 21.00 WIB.

Untuk layanannya sangat ramah dan memuaskan. Hal ini yang dirasakan oleh tim wisatabdg.com saat menyambangi rumah makan tersebut pada Sabtu (8/7/2017). Selain itu, toilet dan tempat cuci tangan pun terbilang rapi dan sangat dijaga kebersihannya. Sementara bagi yang ingin melaksanakan kewajiban salat fardu, bisa ke atas di musola yang terbilang luas dan adanya tempat wudhu khusus. Untuk ruang musala ada dua yakni untuk laki-laki dan perempuan. Adapun untuk tempat parkir bisa dikatakan lumayan, karena ada area khusus parkir di pinggir jalan Cijagra dan area masuk ke perumahan.

Cocok untuk makan bareng keluarga
Sementara untuk harga makanan dan minuman yang ditawarkan oleh RM Manjabal 2 Cijagra ini sangat terjangkau, tergantung dari menu makanan yang dipilih. Rumah makan Manjabal 2 Cijagra ini juga menerima layanan pesan antar (delivery) dan menerima pesanan catering untuk berbagai macam acara.

RM Manjabal 2 sudah buka di berbagai daerah lainnya. Seperti di daerah Pasteur Bandung didirikan pada tahun 2006 serta di daerah Garut pada tahun 2008 dan tahun 2010. Tetapi, manajemen mereka berbeda-beda sesuai dengan pemiliknya masing – masing. Cabang RM Manjabal 2 kini juga ada di daerah di Jalan Terusan Al-Fathu Soreang yang didirikan pada tanggal 22 Desember 2010.

Menu yang menjadi pilihan favorit di rumah makan Manjabal 2 ini adalah sop ikan gurame, ikan gurame bakar bumbu kecap, gurame bakar bumbu cobek, gurame goreng asam manis, gurame acar, mendoan, oseng eceng (genjer), telor dadar peda dan pete, pencok leunca, pencok kacang, dan masih banyak yang lainnya. Untuk porsi masing-masing menu terbilang sangat cukup untuk makan bareng-bareng. Untuk itulah, porsi menu yang ditawarkan di sini sebanding dengan harga makanan yang pas disantap ala balakecrakan tersebut.

Berikut beberapa harga menu di RM Manjabal 2:
- Nasi putih Rp5000
- Nasi tutug oncom + sambal lalab Rp8000
- Nasi tutug oncom polos Rp7000
- Nasi tutug oncom komplit Rp28.000
- Nasi timbel komplit Rp27.000
- Nasi goreng piritan Rp10.000
- Gurame kisaran Rp40.000 - 70.000 (bergantung berat)
- Oseng genjer Rp8000
- Oseng kangkung Rp8000
- Ayam bakar/goreng Rp17.500
- Pencok leunca/kacang Rp5000
- Ulukutek leunca Rp6.500
- Sayur asem Rp5.000
- Asin jambal Rp5.000
- Peda bakar/goreng Rp7.000
- Karedok campur Rp8.000
- Es kelapa muda Rp12.000
- Aneka jus Rp12.000

* Harga di atas sewaktu-waktu bisa berubah

RUMAH MAKAN MANJABAL 2
Jln. Cijagra No.66, Cijagra, Lengkong, Kota Bandung
[Lihat peta lokasi]

Telepon: (022) 7300695
Jam buka: pukul 09.00 - 20.30 WIB