Review

Wisata Pesona Aneka Bunga di Rainbow Garden Lembang




Rainbow Garden Floating Market Lembang

Bandung sebagai kota tujuan wisata favorit wisatawan memang menjadi berkah tersendiri. Namun, mau tak mau ragam inovasi pun menjadi tuntutan tersendiri bagi para pengelola wisata. Di jaman kekinian dimana arus informasi juga pergerakan transportasi yang semakin mudah, wisatawan menginginkan suatu hal baru yang memanjakan mereka. Istilahnya, bila tempat wisata tak bisa menyesuaikan dengan tuntutan di era foto selfie atau lambat dalam berinovasi, akan semakin sulit meraih animo wisatawan.

Dan inovasi sajian wisata yang instagramable banget bisa dilihat di tempat-tempat wisata Bandung Utara, terutama di Lembang. Alam Lembang yang berada di dataran tinggi Bandung Utara menyajikan pesona tersendiri. Kesejukan alam Lembang salah satunya sangat cocok untuk budidaya aneka bunga. Inilah yang kemudian dibidik oleh Floating Market Lembang untuk menghadirkan spot baru dengan konsep taman bunga warna-warni.

Nama Rainbow Garden kini semakin ngehits di kalangan wistaawan. Taman bunga yang jadi tempat favoru selfie wisatawan ini berada di area Floating Market Lembang Lembang di Jalan Grand Hotel No.33E, Lembang, Kab. Bandung Barat. Aneka warna-warni bunga tersebut menyajikan pemandangan indah berupa taman bunga yang disusun sedemikian rupa menyerupai pelangi. Wisatawan pun betah berlama-lama untuk menikmati pemandangan yang menyejukkan mata juga tentunya berfoto-foto ria.

Di Rainbow Garden Lembang ini terdapat ebih dari 100 jenis tanaman bunga yang secara keseluruhan merupakan hasil dari para petani Lembang ini 80 persen bunga yang ditanam bisa dimakan (edible flowers). Konsep tanaman yang bisa dimakan ini selain unik, juga untuk meningkatkan safety pengunjung khususnya yang membawa anak balita. Dimana bisa saja mereka mengambil bunga tersebut lalu memasukannya ke dalam mulut.

Rainbow Garden berada di area tebing, berkontur tanah dengan kemiringan kurang lebih 45 derajat. Dengan sistem terasering tersebut, pengunjung dapat menikmati pemandangan secara luas dari spot rumah kaca. Sementara di bawah area bunga arah ke bawah menyajikan area wisata air berupa danau alami (Situ Umar).

Adapun rata-rata bunga yang dipilih merupakan bunga yang berjenis bunga mekar sepanjang masa, sehingga tanaman bunga tersebut terus harus terus di maintenence agar bunga terus bermekaran meskipun pada saat musim kemarau sekalipun. Rainbow Garden ini pun masih dalam tahap pengembangan, salah satunya dengan penambahan beberapa jenis tanaman sayuran.

Untuk masuk ke kawasan wisata Rainbow Garden Lembang, harga tiket masuknya Rp10.000 plus bebas pinjam topi. Rainbow Garden untuk hari biasa buka pukul 09.00 -19.00 WIB. Sedangkan saat akhir pekan buka mulai pukul 08.00 s.d. 20.00 WIB. Kontak Rainbow Garden Lembang: (022) 2787766. Akun Instagram: @rainbowgarden_lembang.