Review

Cipanas Nagrak, Wisata di Parongpong yang Makin Ngehits




Pemandian Air Panas Nagrak Cihideung Parongpong

Kawasan Bandung dikelilingi gunung menyimpan potensi wisata air panas yang berasal dari gunung berapi. Salah satu kawasan yang dikenal dengan pemandian air panas ada di Ciater, Subang. Aliran air panas tersebut berasal dari Gunung Tangkuban Parahu. Ternyata, aliran air panas dengan kandungan belerang ini bukan hanya di kawasan Ciater, Subang.

Kini, tempat wisata yang dikenal dengan sebutan Cipanas di Nagrak, Cihideung, Parongpong, mulai ngehits di kalangan wisatawan. Beberapa tempat wisata kawasan ini yang sudah dulu melejit ada Curug Pelangi (Curug Cimahi), Restoran Sapu Lidi, Curug Tilu Leuwi Opat, Dusun Bambu, dan Ciwangun Indah Camp (CIC).

Wisata air panas alami Nagrak di daerah Parongpong, Kabupaten Bandung Barat tersebut memang belum optimal diberdayakan layaknya Ciater. Namun kehadiran tempat wisata tersebut menjadi alternatif wisatawan yang berkunjung ke daerah Lembang, Kab. Bandung Barat. Air panas tersebut asli dari aliran air belerang Gunung Tangkuban Perahu

Rute ke pemandian air panas Nagrak, Parongpong
Untuk akses ke sini, bisa dari arah Jalan Setia Budhi, di seberang Terminal Ledeng belok kiri ke arah Jln. Sersan Bajuri - Cihideung - perumahan Graha Puspa/Sapu Lidi - keluar dari jalan perumahan tersebut yang tak jauh dari Vihara Vipassana Graha ambil jalan ke arah kiri - perjalanan sejauh 2 Km menuju arah Jalan Nagrak Kulon.

Atau bisa juga dari arah Cimahi maupun Lembang kemudian ambil arah ke Jln. Kol. Masturi. Lalu bisa masuk melalui jalan masuk Kampung Kancah di Desa Cihideung atau melalui Kampung di Nagrag Desa Sukajaya. Dengan luas areal pemandian sekitar 3,5 hektare, banyak orang-orang berkunjung ke sana. Warga setempat pun berswadaya  mengelola air panas itu untuk dijadikan tempat wisata alam.

Harga tiket masuk pemandian air panas Nagrak, Parongpong
 Dari masing-masing lokasi masuk, jalan sekitar 500 meter melewati jalanan tanah yang sedikit naik turun dan melewati beberapa perkebunan warga setempat. Tempat wisata buka dari pagi sampai magrib, namun kadang sampai 24 jam. Tiket pengunjung Rp5.000 bagi dewasa dan Rp3.000 bagi anak-anak (tiket bisa berubah sewaktu-waktu).

Mengingat potensinya yang menjanjikan sebagai destinasi wisata andalan di Bandung Utara, pemandian air panas Nagrak ini akan dijadikan sebuah waterboom dan kolam renang yang akan menyerupai Ciater dan Sari Ater yang berada di Subang.

Untuk fasilitas di lokasi sudah disediakan tempat parkir, kamar mandi/kamar bilas, mushola, saung bambu untuk bersantai, dan beberapa warung yang menjual beberapa makanan dan minuman juga ada lapangan luas yang bisa digunakan untuk sarana bermain anak-anak.

Walaupun lokasinya belum dibenahi secara optimal, namun tempat wisata yang mulai ngehits sekitar Juli 2017 ini mulai menarik perhatian para netizen. Banyak unggahan foto terutama di Instagram yang menyajikan tempat wisata alam ini. Di areal ini ada  air terjun mini yang merupakan sumber air panas alami dari kolam rendam yang berada di bawahnya. Dan dari kolam rendam tersebut membentuk air terjun lagi yang lebih besar dan lebar.

CIPANAS NAGRAK - PARONGPONG
Jalan Nagrak Kulon Sukajaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat
[lihat peta]

Jam buka: pukul 07.00-18.00
HTM : Rp5.000

Instagram: @cipanas.id