Review

West Java Eco Marathon 2017, Menikmati Wisata Alam Pangalengan dengan Berolahraga




Pendaftaran West Java Eco Marathon 2017

Kawasan Pangalengan yang berada di Kab. Bandung menyajikan suasana alam khas pegunungan yang sejuk dan asri. Bentangan kebun teh nan hijau dan menyegarkan menjadi daya tarik sendiri bagi para wisatawan. Kawasan di Bandung selatan ini pun sangat pas bagi Anda yang ingin berolahraga sambil berwisata. Kesempatan tersebut bisa Anda dapatkan dengan mengikuti West Java Eco Marathon (WJEM) yang bakal digelar oleh Pemprov Jabar pada Minggu, 15 Oktober 2017 mendatang. Event ini pun akan diikuti peserta dari dalam negeri juga dari mancanegara.

Promosi potensi wisata Jawa Barat
Launcing WJEM 2017 diadakan di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung pada Senin, 21 Agustus 2017. Dalam sambutannya, Ahmad Heryawan mengungapkan event berskala internasional tersebut sejalan dengan Program Kampanye Pariwisata Pemprov Jabar bernama Gurilap (gunung, rimba, laut, dan pantai. WEM dipastikan memberikan pengalaman berbeda karena melintasi alam eksotis Tatar Parahyangan.

"Agenda ini sengaja digelar sebagai ajang promosi wisata sekaligus kampanye lingkungan melalui olah raga. Pasalnya konsep dari acara maraton ini mengusung tema lingkungan. Konsep Eco Marathon menjadi pembeda dengan marathon lain. Ini merupakan unique selling point WJEM. Karena belum ada marathon bertema eco," kata Gubernur Jabar Ahmad Heryawan. Event olahraga wisata ini pun akan menjadi agenda rutin tahunan yang digelar Pemprov Jabar dan menjadi bagian dari rangkaian peringatan Hari Jadi Pemprov Jabar.

Kegiatan ini bertujuan untuk mempromosikan destinasi wisata di wilayah Jawa Barat. Dengan diadakannya kegiatan lomba West Java Eco Marathon (WJEM) 2017 ini, diharapkan kunjungan wisatawan lokal maupun mancanegara ke Provinsi Jawa Barat akan meningkat, sejalan dengan peningkatan ekonomi masyarakat sekitar.



West Java Eco Marathon (WJEM) 2017 akan menjadi Signature Event dari Jawa Barat dan menjadi destinasi wisata olahraga baru di Indonesia. Penyelenggaraannya diharap dapat menciptakan sinergi antara masyarakat Jawa Barat, pemerintah daerah dan para wisatawan. Tantangan berlari di track luar ruang yang eksotis adalah sesuatu yang tidak boleh dilewatkan.



Kategori lomba
Selain sisi olahraga dan lintas wisata alam, event ini akan menampilkan kekhasan seni pertunjukan tradisional Jawa Barat di beberapa titik. Selain itu rute yang akan dilalui para pelari akan melintasi pegunungan dan perkebunan teh yang bisa memanjakan mata. Ada empat kategori yang dilombakan dalam event marathon ini, yakni kategori 5 Km, 10 Km, 21 Km dan 42 Km. Untuk rutenya juga akan disesuaikan dengan masing-masing kategori.

Seperti kategori 5 Km rutenya Lapangan Tanara Malabar-Jalan Raya Pintu Malabar-Makam Boscha-Jalan-Bukit Sipon dan kembali ke Lapangan Tanara Malabar. Untuk 10 Km rutenya, Lapangan Tanara Malabar-Jalan Raya Pintu Malabar-Makam Boscha-Jalan Malabar-Wisma Melati-Gunung Nini-Jalan Pintu Malabar-Lapangan Tanara Malabar.

Pendaftaran online dan offline West Java Eco Marathon 2017
WJEM 2017 diselenggarakan oleh Pemerintah Daerah Jawa Barat bekerjasama dengan KlikPlus Asia dan BikeNRun Management sebagai pelaksana teknis lomba lari (race organizer). Pendaftaran peserta dimulai tanggal 8 Agustus 2017 sampai dengan 30 September 2017 melalui website www.westjavamarathon.com. Untuk pendaftaran ecara offline di Cafe Centropunto, Jln. Trunojoyo No. 58 Bandung.‎ Pendaftaran ditutup bila sudah mencapai jumlah maksimal peserta atau pada tanggal penutupan pendaftaran.

Saat pelaksaannya, setiap peserta lomba dapat mengetahui arah jalur lomba dengan melihat petunjuk arah yang ditempatkan pada titik-titik persimpangan jalan. Petunjuk kilometer ada di setiap kelipatan 5 kilometer yang menandakan jarak yang telah ditempuh. Peserta pun wajib memerhatikan tanda pemisah jalur kategori lomba sehingga peserta berada di jalur lomba yang benar. Perhatikan jalur finish yang ditempatkan menjelang garis finish, sehingga peserta berada di jalur yang benar ketika finish perlombaan.