Review

Jendela Alam, Wisata Edukasi dan Fun Games di Parongpong




Jendela Alam parongpong Lembang

Alam pegunungan kawasan Lembang menyajikan khazanah wisata yang penuh pesona. Wisata alam di Bandung Utara tersebut bukan sekadar menikmati kesejukan alam sambil bersantai. Bagi Anda yang ingin mengajak anak berwisata edukasi, wisata di Graha Puspa, Jln. Sersan Bajuri bisa jadi pilihan.

Untuk aksesnya bisa dijangkau dari arah Cimahi atau dari Lembang menuju jalan tersebut. Dari sini, dekat juga dengan tempat wisata lain, antara lain Curug Pelangi, Ciwangun Indah Camp (CIC), Sapu Lidi, dan yang lagi ngehits Cipanas Nagrak.

Pesona Sahabat Alam merupakan area kebun pertanian konvensional. Lokasinya berdampingan dengan Villa Istana Bunga, Parongpong, Bandung Barat. Area kebun yang luas sekitar 4 hektare, udara sejuk pegunungan serta perpaduan bukit dan lembah, hal ini merupakan salah satu daya tarik bagi Anda saat menjelajah sambil melihat aktivitas berkebun atau bahkan ikut memetik sayuran di musim panen.

Jendela Alam adalah arena belajar, tempat outbound dan rekreasi untuk anak-anak dan dewasa dengan sentuhan alam yang indah dan udara yang sejuk, cocok pula sebagai tempat wisata keluarga untuk mengenal alam. Berlokasi di Komplek Graha Puspa, Jendela Alam menyajikan wisata edukasi dan petualangan bagi anak dengan kegiatan pertanian seperti bercocok tanam, pembibitan, perkebunan dan kegiatan peternakan, melihat kegiatan memerah susu sapi, menunggang kuda poni, memberi makan kepada kelinci, ayam, dan bebek.

Sebagai pusat arena belajar Jendela Alam juga menyediakan program edukasi untuk sekolah, kegiatan Live in  dan kegiatan sekolah lainnya- mulai dari Play Group sampai dengan Tingkatan SMA, juga kegiatan untuk perorangan/individu dan instansi.

Beberapa layanan wisata edukasi alam yang diadakan di Jendela Alam di antaranya:
1. Tour Sahabat Alam
Kegiatan berkeliling Jendela Alam yang dipandu oleh Fasilitator yang bereran sebagai tour guide, untuk melihat Jendela Hewan dan Jendela Tumbuhan yang ada di Jendela Alam.

2. Berkebun Konvensional
Kegiatan belajar becocok tanam yang dilakukan secara konvensional, atau menanam seperti yang dilakukan oleh para petani. Sebelum memulai peserta juga akan diberikan alat-alat bercocok tanam seperti sekop, alat siram, benih sayuran, dan pupuk.

3. Berburu Harta Karun
Kegiatan ini sangat berguna untuk, mengasah kemampuan maping anak, memecahkan persoalan, melatih kerjasama dalam kelompok, belajar membuat dan membaca kompas, dan memperoleh pengetahuan tentang materi-materi yang ada pada petunjuk arah di masing-masing pos jendela hewan dan tumbuhan yang ada di Jendela Alam.

4. Panen Telur
Kegiatan ini mengajarkan anak-anak dari mana telur dan ayam itu sendiri dan serunya memanen telur langsung di peternakan ayam kampung arab Jendela Alam. Telur yang telah peserta panen akan dibawa pulang, satu anak akan mendapatkan satu butir telur ayam kampung arab yang sudah direbus.

5. Panen Tomat Cherry
Kegiatan memanen tomat cherry ini dapat mengedukasi peserta, karena sambil panen akan dijelaskan oleh fasilitator bagaimana metode tanam tomat cherry yang ada di Jendela Alam, serta dijelaskan juga nutrisi yang terkandung pada tomat cherry tersebut.

6. Bercocok Tanam Terarium
Kegiatan bercocok tanam yang menggunakan media tanam aram sekam. Peserta akan praktek bercocok tanam terarium dengan dibimbing oleh fasilitator, peserta akan diberikan satu buah pot, satu buah tanaman haurtia, dan aram sekam.

7. Membuat Yoghurt
Peserta dibimbing oleh fasilitator diajarkan proses – proses pembuatan yogurt dimulai dari cara pembibitan, pasteurisasi susu, memasukkan bakteri ke dalam yoghurt dan memberi rasa buah pada yoghurt. Selain dibimbing bagaimana cara membuat yoghurt, peserta juga diberitahu nutrisi apa saja yang terdapat pada yoghurt dan manfaat-manfaat yoghurt

8. Memberi Makan Hewan
Kegiatan memberi makan hewan ini bertujuan untuk berinteraksi dan mengenal hewan secara dekat. Pada kegiatan ini fasilitator juga akan memberi informasi tentang hewan-hewan tersebut.

9. Membuat Telur AsinPada kegiatan ini telur yang sudah dibalut oleh adonan telur asin akan dibawa pulang oleh peserta. Selain untuk anak – anak, kegiatan ini juga cocok untuk orang dewasa yang ingin belajar membuka bisnis telur asin.

10. Membuat Cincau
Dalam  kegiatan ini, peserta dibimbing untuk mengolah daun cincau menjadi minuman cincau yang segar. Pada kegiatan ini, fasilitator juga akan menginformasikan kepada peserta mengenai manfaat dan nutrisi yang terdapat pada cincau, kegiatan ini juga dapat melatih syaraf motorik halus peserta.

Kegiatan lainnya yang diadakan untuk permainan di antaranya: Tangkap Ikan, Perang Air, Berenang, Menggiring Bebek, Berkuda, Flying Fox, Balloon Transfer, Floating Water Stick, Four Stroke Race, Fun Hula, Magic Ball, Tarik Tambang, Balloon Race. Sementara untuk kegiatan workshop ada Bedah Anatomi,  Fase Telur, Workshop Hidroponik, Biogas, Komposting, Magic Box Takakura, Menghias Layang-layang, Menghias Tanah Lia, Prakarya Organik.

Ada apa di Jendela Alam?
1. Vegetasi yang dibudidayakan dikelompokkan dalam tiga bidang  :
a. Kebun sayuran dan palawija, antara lain: brokoli, tomat, wortel, buncis, kapri, jagung, pisang dan lain-lain
b. Tanaman yang berkhasiat obat : rosemary, temu-temuan brotowali, dan lain-lain
c. Kebun Strawberry Hasil kebun dan tanaman dapat langsung dipetik di kebun.
2. Beberapa jenis hewan ternak, antara lain: kambing/domba, kelinci macam-macam ras, ayam arab, angsa,dan lain-lain
3. Dengan konsep kebun pertanian terpadu/integrated farming, Pesona Sahabat Alam sedang mengupayakan pengolahan limbah organik, baik dari ternak maupun kebun.
4. Pesona Sahabat Alam concern  terhadap aspek pendidikan dan lingkungan hidup, sehingga dapat menjadi alternatif untuk tujuan wisata edukatif-kreatif  bagi keluarga, peserta lembaga pendidikan,  khususnya anak-anak usia dini, antara lain melalui kegiatan field-trip dan sebagainya.

JENDELA ALAM
Kompleks Graha Puspa
Jl. Sersan Bajuri Km. 4,5 Cihideung, Lembang, Kab. Bandung Barat
[Lihat peta lokasi]

Telepon:
- (022)-2788 482
- (022) 2788 513
- Hendra 0896-6569-1979
- Eko 0895-0117-4777

Instagram: @jendelaalambandung