Review

Kabuci, Destinasi Wisata Alam Pilihan di Cipageran




Kampung Buyut Cipageran Kabuci

Lokasi wisata ini terletak di Cipageran Cimahi dan lebih mudah dijangkau bila Anda keluar tol Baros menuju arah Cimahi ke Jln. Kol. Masturi. Atau bisa juga dari arah Lembang masuk ke Jln. Kol. Masturi ke arah Cimahi. Namanya Kampung Buyut Cipageran (Kabuci) yang berlokasi di Jln Kolonel Masturi Km 3, Kel. Cipageran, Kec. Cimahi Utara.

Lokasi wisata alam ini menyajikan suasana yang asri dan nyaman untuk dijadikan tempat kumpul bersama keluarga atau teman. Ragam kegiatan di alam bebas bisa Anda lakukan di sini, seperti outbond, kemping, olahraga memanah, dll. Kabuci pun dikenal sebagai tempat melaksanakan kegiatan gathering dan kegiatan lainnya yang melibatkan massa.

Sebagai destinasi wisata edukasi, pengunjung bisa mencoba belajar membajak sawah, memanen sayuran, atau menikmati kopi asli yang ditanam di Kabuci. Beberapa fasilitas lainnya yang ada di sini terbilang lengkap dari parkiran yang luas, restoran, saung-saung, juga area lapangan untuk kegiatan kumpul.

Kabuci berdiri di atas lahan seluas 2,5 hektare dimana di lokasi terdapat sejumlah bangunan yang terbuat dari bambu. Sebelum tahun 2011, Kabuci hanya lahan perkebunan biasa. Namun keluarga besar pemilik lahan itu berinisiatif merubahnya agar lebih bermanfaat. Tempat wisata alam ini juga dikenal sebagai lokasi penyelenggaraan seni budaya Sunda.

Nama Kampung Buyut Cipageran (Kabuci) dipilih berdasar asal muasal "buyut" yang tidak dihilangkan. Buyut sendiri artinya leluhur. Dan lokasi wisata ini memang peninggalan leluhur pengelolalnya. Adapun konsep Kabuci lebih ke pelestarian alam, seni budaya, dan wisata edukasi.

Konsep pariwisata berkelanjutan di Kabuci adalah salah satu objek wisata yang menawarkan atraksi berupa kegiatan alam dan budaya. Konsep pariwisata yang diterapkan di Kampung Buyut Cipageran, yaitu melalui pengembangan lingkungan dalam konsepp elestarian lingkungan dan pemanfaatan sumberdaya alam, mempertahankan budaya fokus pada mengembangkan ragam atraksi seni dan budaya serta keterlibatan masyarakat dalam kegiatan wisata.

Dari tempat wisata ini, Anda bisa melanjutkan perjanan ke tempat lainnya yang ada di seputaran Cimahi seperti Tirtamulya Waterboom, Taman Wisata Paku Haji, Wisata Alam Katumiri, Alam Wisata Cimahi, atau terus ke Jln. Kolonel Masturi dan Cihideung/Lembang dengan menyambangi Curug Pelangi, Pemandian Air Panas Nagrak, Kampung Gajah Wonderland, Ciwangun Indah Camp, atau langsung ke Alun-Alun Lembang.

Kampung Buyut Cipageran (Kabuci)
Jl.Kolonel Masturi Km. 3 Cimahi (depan kafe kupu-kupu)
[Lihat peta lokasi]

Telepon (022) 20661992 / 081-561-828-93
Instagram: @kabuci.id