Review

Saung Apung Napak Sancang, Wisata Kuliner Ikan Bakar di Saguling





Wisata di Kabupaten Bandung Barat (KBB) bukan hanya Lembang. Bila Anda ingin menjajal wisata kuliner lain daripada yang lain, bisa mencoba menikmati hidangan tradisional khas Sunda di Saung Apung Napak Sancang. Dari namanya, "Napak Sancang" bagi penggemar olahraga silat, ini merupakan jurus untuk bisa berjalan di air. Eit, tapi ini bukan sebuah jurus, namun hanya gambaran saung resto yang berdiri di atas air di Saguling yang merupakan pertemuan langsung dengan Sungai Citarum.

Berkunjung ke lokasi wisata kuliner ini, pengunjung bisa merasakan suasana lain yakni paduan menikmati kuliner; melihat pemandangan Saguling; dan rehat sejenak dari rutinitas. Tempat yang mulai ngehits ini kerap dikunjung wisatawan dari Bandung sendiri maupun dari luar kota. Untuk aksesnya sih tidak terlalu jauh dari keluar tol. Tempat kuliner dengan sajian ikan bakar di kawasan Saguling ini ada juga di Jembatan Ciminyak.

Bila Anda dari arah Jakarta lewat jalan tol, bisa keluar dari Padalarang/Cimahi ke arah Cimareme, Pasar Cihampelas, lanjut ke arah Kampung Sayuran (Saguling). Lokasinya sendiri berada di daerah Kampung Sayuran, Desa Mekarmukti, Cililin, Kab. Bandung Barat. Akses lainnya bisa dari arah Soreang ke arah Stadion Si Jalak Harupat lanjut terus ke arah Batujajar-Cililin menuju lokasi tersebut. Di daerah ini pun Anda bisa membeli oleh-oleh wajit cililin.

Sampai di lokasi, selesai memarkirkan kendaraan, pengunjung akan disediakan untuk naik perahu mesin (bargas) untuk ke Saung Apung Napak Sancang. Perjalanan dari darat ke tempat makan terapung tersebut sekitar dua menitan. Sensasi wisata kuliner di tengah perairan akan langsung Anda rasakan saat di Saung Apung Napak Sancang. Selain bisa menikmati kuliner, bagi yang hobi mancing pun bisa mencobanya di sini.

Anda bisa langsung memilih tempat duduk sekaligus memesan makanan. Wajib dicoba di sini yakni paduan menu nasi liwet yang dimasak di kastrol; ikan bakar; sop ikan; ayam bakar; sambal dan lalapan; kelapa muda; hingga karedok. Untuk kisaran harga menunya (harga bisa berubah sewaktu-waktu):
- Nasi liwet per kastrol: Rp60.000 (bisa untuk 8 orang)
- Nila bakar: Rp45.000
- Tahu dan tempe: Rp2.000

Saung Apung Napak Sancang
Kp. Sayuran, Desa Mekarmukti, Kec. Cihampelas, Waduk Saguling, Kab. Bandung Barat
[Lihat peta lokasi]

Jam buka: pukul 08.30 - 21.00 WIB
Telepon: 0822-1643-2929
Facebook: Saung Apung Napak Sancang