Review

Tempat-Tempat Wisata Dekat Tol Buah Batu




Tempat wisata dekat keluar tol Buah Batu Bandung

Selain GT Pasteur, pintu tol Buah Batu pun menjadi salah satu alternatif wisatawan luar kota yang berkunjung ke Bandung. Walau pada akhir pekan atau musim liburan kadang macet pula, namun tidak separah keluar tol Pasteur. Dari keluar tol Buah Batu banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Baik itu ke Bandung Selatan maupun ke pusat kota (Alun-Alun) Bandung.

Berikut ini beberapa tempat wisata yang mudah diakses dari keluar tol Buah Batu:

1. Wisata Kolam Renang
Beberapa tempat wisata kolam renang (waterboom) yang bisa langsung dijangkau dari sini, salah satunya Panghegar Waterboom. Dari keluar pintu tol Buah Batu ambil ke kiri menuju stopan Buah Batu (Jln. Soekarno-Hatta) lalu ambil kiri lagi ke arah Perumahan Batununggal. Di perempatan Bank Mandiri Batununggal, masuk ke perumahan Batununggal.

Sebelum ke Panghegar Waterboom, Anda bisa menyambangi dulu Pasar Nostalgia Bandoeng. Lokasinya di Pasar Moderen Batununggal yang ada pool bus Primajasa ke Bandara. Sementara untuk ke Panghegar Waterboom tinggal lurus terus ke jembatan yang menyambung dengan Jln. Mengger (Sukaati) dari jembatan belok kiri ke arah jembatan tol/Telkom University.

Tempat renang yang lain yang bisa diakses dari sini ada Bikasoga di Jln. Suryalaya, Buah Batu. Di sana pun ada taman bermain anak. Rutenya, dari tol buah batu ambil kiri - stopan Buah Batu - terus ke arah Jln. Buah Batu. Dekat Griya Yogya Buah Batu belok kiri ke Jln. Suryalaya.

Sementara untuk tempat wisata renang lainnya ada kolam renang Alhayu di dekat Pasar Baleendah. Dari keluar tol Buah Batu ambil kanan ke arah Jalan Bojongsoang - Jln. Cijagra (jembatan Citarum) - Simpang Siliwangi - belok kanan ke arah Pasar Baleendah.

2. Wisata Bandung Selatan
Keluar tol Buah Batu pun bisa wisata ke daerah Bandung Selatan. Salah satunya yang sedang ngehits Batu Kincir Mountain Breeze yang lokasinya di Baleendah menuju Banjaran. Di sini ada restoran atas bukit dengan view yang sangat indah. Tak jauh dari sini, ada juga wisata alam Tektona Waterpak / Kampung Batu Malakasari. Ini merupakan wisata danau, outbond, dan kolam renang yang paling luas di kawasan Bandung Selatan.

Dari arah Baleendah bisa langsung ke Banjaran. Di Banjaran, Anda bisa mencicipi rujak legendaris yakni Rujak Ciherang. Letaknya di Jln. Raya Banjaran - Soreang. Di sepanjang jalan ini pun banyak tempat wisata kuliner yang sudah terkenal dari dulu, seperti Riung Panyaungan dan Kampoeng Sawah. Bila ingin berenang, ada juga Nirwana Waterpark di Soreang. Dari jalan ini Anda akan langsung ke Pasar Soreang yang berlanjut ke kawasan wisata alam Ciwidey.

3. Wisata Anak
Untuk wisata bermain anak yang paling dekat dengan gerbang tol Buah Batu adalah Kid City yang ada di Transmart Buah Batu Square. Gedungnya pun terlihat jelas dari arah keluar tol Buah Batu. Pilihan lainnya yakni Fun Station Bandung. Lokasinya di Jl. Candra Kirana No. 1, Perumahan Singgasana Pradana, Mekarwangi, Kota Bandung. Dari stopan Buah Batu ke arah Moh. Toha/Terminal Leuwipanjang. Masuk dari Perumahan Mekarwangi.

Untuk ke tempat wisata anak dari keluar tol Buah Batu bisa ke Kampoeng Tulip. Tempat selfie paling ngehits di Bandung Selatan ini ada di Kompleks Banyu Biru Blok H No. 17, Ciwastra, Mekarjaya. Untuk rutenya, dari keluar tol Buah Batu ambil kiri ke arah Jln. Terusan Buah Batu. Di dekat Pasar Kordon putar balik ke arah Jln. Margacinta. Dari Jln. Margacinta terus saja sampai ke arah Kompleks Banyu Biru.

4. Wisata Belanja dan Kuliner
Ini bisa jadi pilihan Anda yang keluar dari tol Buah Batu. Beberapa tempat wisata ini di antaranya:

a. Sentra Sepatu Cibaduyut
Dari keluar tol Buah Batu ke arah kiri menuju stopan Buah Batu. Lalu ke kiri lagi ke arah barat menyusuri Jln. Soekarno-Hatta (By Pass) ke arah Terminal Leuwipanjang. Di perempatan sebelum Terminal Leuwipanjang (patung sepatu) belok kiri ke Cibaduyut.

b. Wisata belanja dan kuliner seputaran Buah Batu
Bagi yang ingin belanja busana muslimah, dari keluar tol Buah Batu langsung belok kiri ke arah stopan Buah Batu lalu lurus ke arah Buah Batu. Di sini berjejer toko-toko yang menjual busana muslimah seperti Shafira, Rabbani, dan lain-lain. Di sini pun ada distro terkenal di Bandung yakni Greenlight yang produknya di-endorse oleh Ariel Noah. Letaknya tak jauh dari toko buku Toga Mas.

Sementara untuk makanan, banyak berjejer di Buah Batu. Dari toko kue Kartika Sari, Prima Rasa, RM Ampera, Gepuk Ny. Ong, Warunk Upnormal, Bread Legend, hingga kuliner modern seperti KFC, Pizza Hut, Recheese, Domino's Pizza, J-Co, dan lainnya. Bila masih ingin menjajal kuliner lainnya, dari Jalan Buah Batu bisa langsung ke Jalan Burangrang yang terkenal sebagai sentra kuliner pusat kota Bandung.