Review

West Java Coffee Festival Digelar di TSM 3 - 5 November 2017




West Java Coffee Festival 2017

Bagi Anda penikmat kopi, jangan lewatkan event West Java Coffee Festival (WJCF) di Trans Studio Mall dari Jumat sampai Minggu, 3 - 5 November 2017. WJCF adalah kegiatan tahunan yang digelar oleh Disperindak Jabar bekerja sama dengan Dinas Perkebuanan Jabar. Event ini sudah diselenggarakan sebelumnya sebanyak dua kali, pertama pada tahun 2015 dan yang kedua tahun 2016 di Atrium Selatan Trans Studio Mall Bandung.

WJCF  ini merupakan upaya untuk mendorong pengembangan perdagangan olahan berbasis kopi lokal yang menjadi unggulan dan potensial serta merupakan bentuk penghargaan terhadap kopi Jawa Barat . Jabar sendiri merupakan salah satu produsen kopi terbesar di Indonesia. Dalam dua tahun penyelenggaraanya WJCF telah banyak menumbuhkan banyak informasi bagi pengunjungnya mengenai informasi varian kopi yang berkualitas.

Mempromosikan kopi Jawa Barat
Tujuan dari acara WJCF ini  adalah sebagai sarana bagi para petani dan pelaku usaha kopi di kabupaten/kota Jawa Barat untuk mempertunjukan kopi-kopi unggulannya; sarana guna mengetahui perkembangan kualitas kopi dari setiap masing-masing daerah dan kegiatan untuk lebih memperkenalkan kopi Jawa Barat kepada masyarakat sehingga melahirkan penikmat dan pecinta kopi Jawa Barat; menciptakan persaingan positif di bidang industri kreatif kopi Jawa Barat;  menjadi wadah untuk menciptakan hubungan bisnis baik domestik maupun internasional dalam industri Kopi.

Pada tahun ke-3 ini West Java Coffee Festival (WJCF) 2017 diselenggarakan di Plaza Outdoor Trans Studio Mall dengan area yang lebih besar dari event WJCF sebelumnya. Event ini menghadirkan banyak kolaborasi antara Kelompok Petani Kopi  dengan pengusaha kopi (coffee shop/kedai kopi).

"Perbedaannya dari tahun sebelumnya, kita mengurangi jumlah lomba-lomba, dan tahun ini kita lebih menampilkan bagaimana kopi untuk dicicipi", ujar Plt. Kadisperindag Jawa Barat Hening Widiatmoko, di Plaza Outdoor Trans Studio Mall, Bandung (Jumat, 3/11/2017)

WJCF 2017 merupakan perpaduan dari konsep WJCF 2015 dan WJCF 2016 , diharapkan semakin terkoneksinya Hulu (Kelompok Petani Kopi ) dan hilir (pengusaha kopi) yang akan bersama sama memperlihatkan kualitas kopi asli Jabar, yang diaplikasikan melalui transaksi penjualan kopi yang akan tergambar melalui event ini.

Event ini menghadirkan 24 petani atau pengolah kopi dan 24 industri kreatif. Sebanyak 15 ribu gelas kopi dibagikan secara gratis selama event ini. Adapun kopi yang dihadirkan berasal dari enam lokasi, yakni Sukabumi, Cinajur, Garut, Bandung, Bandung Barat, dan Majalengka.