Review

Bandung Creative Hub, Pusat Kegiatan Komunitas dan Pegiat Kreatif




Profil Bandung Creative Hub di Jalan Laswi

Bila Anda jalan-jalan ke Bandung, cobalah mengunjungi gedung pusatnya kegiata kreatif ini. Bandung Creative Hub (BCH) terletak di Jalan Laswi No 7, Bandung. Untuk ke gedung ini bisa diakses dari berbagai arah, baik itu dari arah tol Buah Batu menuju Jln. Laswi; dari arah Alun-Alun ataupun dari arah Gedung Sate ke arah Jln. Ahmad Yani - Jln. Laswi. Kehadiran gedung Bandung Creative Hub sendiri sebetulnya sudah lama berdiri sepanjang 2017 namun belum juga diresmikan.

Hingga akhirnya, di penghujung tahun ini tepatnya pada hari Kamis, 28 Desember 2017, BCH diresmikan langsung oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil. Dalam rangkaian pembukaan ada lebih dari 50 komunitas kreatif Bandung yang hadir pada peresmian Bandung Creative Hub (BCH) ini. Rangkaian event BCH Fest 2017  sendiri digelar dari tanggal pembukaan tersebut sampai 31 Desember 2017.

Tempat kumpulnya komunitas Bandung
Komunitas yang akan hadir di antaranya adalah komunitas musik, film, fashion, fotografi, dan lainnya. Kegiatan akan diisi dengan pameran, film screening, perpustakaan, pertunjukan musik, talkshow, workshop, dan lainnya. Kegiatan diinisiasi oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemerintah Kota Bandung, UNESCO City of Design, Komite Ekonomi Kreatif Bandung, Stunning Bandung, serta Bandung Creative Hub sendiri.

Adapun komunitas yang akan ikut serta meramaikan ada Air Foto Network, Asosiasi Wirausaha Bandung, Bandung Designers, Bandung Film Council, Bandung Musical Community, Bandung Music Council, Bandung RecordsFest, Batik Fractal Indonesia, Bungkus! (Bandung Photography Now), Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), Forum Desain Bandung, Forum Film Bandung,| Komunitas Musik Arcamanik, Saung Angklung Udjo,  Tataloe, Wanna Be Pro Dancers, dan lainnya.

Profil Bandung Creative Hub (BCH)
Gedung dengan desain unik ini memiliki enam lantai tapi yang beroperasi atau yang siap dipakai baru lima lantai. Bandung Creative Hub (BCH) atau sebelumnya disebut Bandung Creative Center merupakan gedung pusat kreatif Bandung yang ada di Jalan Laswi, Kota Bandung (dekat Jln. Sukabumi). Bangunan serupa yang dimiliki negara lain di Asia Tenggara ada di Thailand dengan nama Thailand Creative and Design Center (TCDC).

Bangunan tersebut memiliki arsitektur yang menarik. Desain bangunannya berbentuk poligon (segi banyak) dan menarik perhatian bagi pengendara yang lewat di jalan lokasi berdirinya gedung tersebut. Ornamen warna terang menghiasi gedung tersebut, bahkan sekilas mirip aneka permen warna-warni. Setelah Proyek Bangunan Bandung Creative Center selesai, diharapkan standar pembangunan gedung di Kota Bandung akan mengacu kepada standar yang diterapkan pada bangunan Bandung Creative Hub ini.

Ada 20 ruangan yang ada di dalam gedung. Untuk akses di dalam gedung, bangunan enam lantai ini memiliki lift dan tangga. Karena bangunan ini untuk pegiat kreatif, dinding bangunan setiap lantainya pun berbeda. Di beberapa lantai, terlihat dindingnya yang ditambahi mural. Di dalamnya pun ada amphiteter dengan dua big screen yang bisa digunakan untuk acara nonton bareng atau yang lainnya. Sementara untuk akses di dalam gedung BCH ada lift dan tangga.

Pusat kegiatan dan ekonomi kreatif
Gedung yang dibangun Pemerintah Kota Bandung tersebut menjadi pusat aktivitas kreatif warga. Untuk isinya, gedung tersebut menghadirkan design store, perpustakaan, co-working space, museum desain, bioskop, studio musik, ruang pamer keramik, ICT/Games, studio seni rupa, studio fashion, cafe dan resto, ruang workshop seni, innovation room (3D printer, laser cutting), dan lain-lain.

Sementara untuk teknis pengisi dan pengelola ada pemilahan untuk sejumlah aktivitas kreatif, serta alat pendukungnya. Dengan berdirinya pusat kreatif ini, diharapkan bisa menjadi wadah bagi kalangan kreatif sehingga masyarakat tahu bahwa Kota Bandung memiliki tempat dan diisi oleh orang-orang kreatif. Gedung ini pun diharapkan jadi tempat tumbuhnya ekonomi kreatif yang berkelas dunia.