Review

Festival Baso Juara Kembali Digelar Tahun Ini di Cikapundung River Spot




Festival Baso Juara 2017 di Cikapundung River Spot

Pengen menjajal aneka baso enak di Jawa Barat, khususnya dari Kota Bandung? Silakan sambangi Festival Baso Juara 2017 yang digelar di Jln. Cikapundung Timur (Jln. Ir. Sukarno) Bandung. Event kuliner Bandung yang digelar dari tanggal 1 sampai 3 Desember 2017 ini menghadirkan aneka stand baso di area ruang publik di sebelah Gedung Merdeka ini. Dalam pembukaan, terlihat bintang tamu pemain sinetron Preman Pensiun, Andra "Dikdik". Event ini pun rencananya bakal menghadirkan artis sekaligus pengusaha baso, Agung Hercules.

Festival khusus kuliner baso ini diikuti puluhan pedagang bakso ini dari berbagai daerah Untuk bisa mencicipi baso yang enak-enak di sini, pengunjung harus menukarkan uang dengan kupon senilai Rp 25-50 ribu di loket yang berada di pintu masuk dan keluar festival. Setelah itu, silakan cari stand baso incaran Anda. Untuk harga seporsi baso dibanderol puluhan ribu.

Pengunjung bisa mencicipi baso jumbo, baso bakar, baso steak, baso berwarna hingga baso seblak. Setelah membeli bakso, pengunjung bisa makan bersama-sama di sejumlah meja panjang yang memanjang di tengah area festival mulai dari pintu masuk hingga pintu ke luar. Atau pengunjung juga bisa menikmati bakso di belakang area festival yang disediakan oleh masing-masing stand.

Aneka variasi baso pun mengundang selera. Bukan hanya baso kuah biasa, di event ini pun ada baso tahu, dimsum, batagor, ramen, cuankie, mie kocok, baso bakar, hingga mie ayam. Untuk minuman, di sini ada yang berkeliling menjual air mineral dan teh botol. Kebetulan salah satu sponsornya adalah perusahaan teh botol terkemuka di Tanah Air.

Para pengunjung yang datang ternyata banyak juga dari luar kota. Ini terlihat dari rombongan bus yang parkir di depan Jln. Cikapundung Timur (ex Gedung Palaguna Nusantara). Saat Wisata Bandung mewawancarai sebagian pengunjung, yang datang ada dari Kebumen, Jambi, Kalimantan, Bogor, Subang, Cirebon, Jakarta, Malaysia, Singapura, hingga para bule pun terlihat asyik mencicipi baso.

Di event ini pun menjadi sarana promosi para pedagang untuk menggaet pelanggan di tempat jualan baso mereka di wilayah masing-masing. Sambil melayani pesanan, tak sedikit mereka yang membagikan brosur dan kartu nama profil usaha basonya kepada pembeli.