Review

India Culture Week Meriahkan Momen Tahun Baru 2018 di Bandung





Bagi Anda yang menghabiskan liburan pada penghujung tahun 2017 hingga awal tahun 2018, jangan lewatkan India Cultural Week alias Pekan Budaya India yang bakal dihelat di Bandung. Rangkaian kegiatan ini akan diisi dengan berbagai acara yang tersebar di beberapa tempat.

Rangkaian event ini dalam rangka memperingati kerja sama bilateral antara Indonesia dan India telah berlangsung selama 60 tahun. Kota Bandung dipilih karena nilai sejarah yang dimiliki kota ini. Terutama, karena para pemimpin India dan Indonesia, yakni Sri Pandit Jawaharlal Nehru dan Ir. Soekarno menggagas sebuah gerakan internasional bernama Konferensi Asia Afrika pada tahun 1955. Kegiatan ini pun dalam rangka program kolaborasi yang akan digarap ke depannya, yaitu kerja sama ekonomi, budaya dan pariwisata, serta pendidikan.

Berikut ini beberapa agenda acara Pekan Budaya India di Bandung:

Tanggal: 30 Desember 2017
Lokasi: Ballroom 1, Hotel Bidakara Grand Savoy Homann
Kegiatan: Seminar Pariwisata Kunjungan India

Tanggal: 30 Desember 2017 - 5 Januari 2018

Lokasi: Hotel Bidakara Grand Savoy Homann
Kegiatan: Festival Makanan India

Tanggal: 30 Desember 2017 - 5 Januari 2018
Lokasi: Bandung Creative Hub
Kegiatan: Perayaan Persahabatan India-Indonesia

Akan ada pameran foto yang menampilkan perjalanan persahabatan Indonesia dan India. Pameran fotografi ini merupakan upaya sederhana untuk memperingati sejarah, bagaimana Indonesia dan India bersama-sama melalui masa-masa sulit di masa lampau.

Tanggal: 30 Desember 2017 - 5 Januari 2018
Lokasi: Gedung De Majestic (Braga) Bandung
Kegiatan: Festival Film India

Festival Film India akan memutarkan film-film klasik dan bersejarah didatangkan langsung dari India. Salah satunya adalah film bisu panjang pertama di India, Raja Harishchandra, yang diproduksi pada tahun 1913. Ada pula film-film populer baru, seperti Barfi, Tanu Weda Manu, Peepli Live, Love Aaj Kal, Rock On, dan Hum Aapke Hain Kaun.

Tanggal: 31 Desember 2017
Lokasi: Jalan Braga Pendek
Kegiatan: Pertunjukan Tari dan Budaya Bollywood

Ada hadiah doorprize berupa 2 buah tiket pesawat tujuan India (pergi-pulang)