Review

Inilah Para Pemenang Bandung Innovation Festival 2017




Bandung Innovation Festival  2017

Puncak acara That’s.ID Bandung Innovation Festival digelar di Sasana Budaya Ganesa (Sabuga) Bandung, Sabtu, 2 Desember 2017. Kegiatan ini digelar tanggal 1-2 Desember 2017.  Wali Kota Bandung M. Ridwan Kamil turut hadir menjadi salah satu narasumber.

Wali Kota Bandung membagikan hadiah secara simbolis kepada para pemenang kontes inovasi “Andai Aku Jadi Wali kota” tahun 2017. Tahun ini, lomba tersebut dibagi menjadi tiga termin tiap bidang, yakni transportasi, kewirausahaan, dan pengurangan angka kemiskinan.

Di termin pertama, sebanyak 80 ide tentang transportasi dicetuskan oleh para peserta. Ide tersebut lalu disaring menjadi 10 besar. Mereka lalu diseleksi sehingga menjadi pemenang pertama-kedua, dan ketiga.

Berikut ini para pemenang Bandung Innovation Festival 2017:

1. Juara I: Aldilah Fazy
Gagasannya adalah E-Bike as A Support of Integrated Transport berupa sepeda listrik sebagai transportasi pendukung transportasi publik untuk membantu pengguna mencapai tempat-tempat yang tidak terjangkau, seperti gang atau ke dalam komplek yang tidak dilalui kendaraan umum.

2. Juara II: Indra Nugrohowati
Ide yang diususng Bandung Travel Pass (BTP). BTP ini dibuat untuk mendukung sektor pariwisata Kota Bandung. Ia mengusulkan pembuatan transportasi umum rute wisata dan pembuatan kartu travel pass sebagai metode pembayaran mereka selama perjalanan menggnakan transportasi wisata tersebut.

3. Juara III: Iman Soeherman
Berupa ide Lampu Lalu Lintas Portable. Lampu lalu lintas tersebut bisa dipindahkan sesuai dengan kebutuhan. Kelebihannya, rambu lalu lintas itu bisa berkomunikasi tanpa kabel, beroperasi secara berdiri sendiri (stand alone), dan memiliki fitur cerdas sehingga mudah dioperasikan.

Ada empat kriteria pemenang, yaitu feasibility, artinya inovasi itu nggak bisa sembarangan, harus bisa diimplementasikan. Lalu ada tingkat inovasi, kreativitas, dan originalitas.