Review

Kampung Cibunut Berwarna, Wisata Selfie dan Edukasi Lingkungan Hidup




Kampung wisata Cibunut Berwarna Kota Bandung

Warga Bandung dan wisatawan, jangan lupa mendatangi kampung "Cibunut Berwarna" di jalan Sunda. Penataan kampung dengan visual culture untuk tahap pertama. Next step membangun ekonomi warga. Akan ada warung/cafe warga disana dan wisatawan bisa juga menginap di rumah2 penduduk. Kerja keras anak-anak muda nya @cibunutfinest, bersama Komunitas Mural Bandung, IA ITB Jawa Barat, Alumni SMAN 3-89 dan Cat Dulux.

Itulah caption yang diposting di akun facebook Wali Kota Bandung Ridwan Kamil pada 8 Desember 2017. Ridwan Kamil pun aktif mempromosikan destinasi wisata baru di Kota Bandung ini di akun media sosial lainnya. Kampung ini memang jadi salah satu percontohan program Pemkot Bandung dalam menghadirkan kolaborasi kampung wisata, pemberdayaan masyarakat, sinergi warga dan komunitas di Bandung, juga program CSR perusahaan. Kampung Cibunut Berwarna sendiri diresmikan oleh Ridwan Kamil, pada Senin, 27 November 2017.

Spot wisata selfie
Kampung warna-warni memang menjadi daya tarik khusus bagi wisatawan. Konsep Kampung berwarna bukan sekadar menyajikan hiasan warna-warni di dinding permukikan. Ada konsep edukasi bagi warganya juga yang mencirikan guyubnya masyarakat yang menghuni kampung tersebut. Sebut saja beberapa contoh kampung model ini di Indonesia, seperti di Kampung Kali Code (Yogyakarta), Bejalen (Semarang), Teluk Bitung (Bandar Lampung), Desa Kelir (Gresik), dan lainnya.

Dan Bandung sendiri kini punya kampung kreatif tersebut yang lokasinya di Kampung Cibunut, Kelurahan Kebon Pisang, Kec. Sumur Bandung. Aksesnya bisa dari Jalan Sunda. Kawasan ini diapit di selatan Jln. Veteran, di barat Jln. Sunda, dan di utara Jln. Baranang Siang (jalan tembus ke arah Pasar Kosambi).

Hadirnya kampung berwarna di pusat kota Bandung ini, atas inisiatif dari para pemuda dan kerjasama dengan perusahaan cat lah yang membuat Kampung Cibunut menjadi indah dan kreatif. Sebelum dipoles, kawasan ini bisa dikatakan terbilang kumuh. Kini, Kampung Cibunut Berwarna pun mulai menarik perhatian wisatawan yang berkunjung ke Bandung, salah satunya jadi spot selfie dengan background aneka tema yang terlukis di setiap dinding.

Adapun dinding-dinding di Kampung Cibunut Berwarna ada yang menyajika tema sejarah, peace word, hingga taman bermain. Lebih dari itu, konsep keramahan bukan saja terlihat dengan visual dinding yang penuh warna tersebut. Namun, pengunjung bisa merasakan interaksi dengan warga setempat yang dikenal soméah hadé ka sémah (ramah terhadap tamu/pengunjung). Pengunjung pun bisa menjajal aneka kudapan khas Kota Bandun dengan hadirnya warung-warung dan cafe.

Edukasi lingkungan hidup
Pengunjung pun bisa menangkap pesan akan perlunya menjaga lingkungan hidup dan sosial di Kampung Cibunut Berwarna. Ya, disulapnya kampung ini menjadi seperti sekarang karena dorongan agar Cibunut menjadi kampung yang zero waste. Akhirnya sejak itu dicanangkanlah sejumlah program lingkungan yang fokus pada pengelolaan sampah.

Lalu untuk pengecatan, sekitar 300an rumah di 9 RT di RW 7 telah dilakukan dengan masing-masing area memiliki ciri warna tersendiri. Pengerjaannya pun dengan kolaborasi warga secara gotong royong. Dengan total wilayah seluas 28.643 meter pesegi, setidaknya setidaknya 4.500 liter cat Dulux habis digunakan di lebih 300 rumah dan 40 tembok di RW 7. Dekorasi Kampung Cibunut sendiri mendapat sentuhan artistik dari Komunitas Mural Bandung

Untuk kegiatan menjaga lingkungan, salah satu programnya adalah pengolahan sampah di 100 ember yang disimpan di sejumlah titik. Nantinya setiap dua hari sekali sampah yang terkumpul akan direcah dan dimasukkan ke biodigester untuk menjadi energi terbarukan.

Hasilnya kini bisa dirasakan oleh sejumlah rumah sebagai bahan bakar di dapur. Tempat ini pun kini jadi lokasi studi banding dari berbagai pihak yang ingin belajar mengenai edukasi lingkungan hidup dengan mengusung pola pemberdayaan warga.

Dan bagi wisatawan sendiri, kampung ini bisa jadi destinasi wisata pilihan yang instagramable saat berkunjung ke Bandung. Lain daripada itu, bila ingin merasakan keramahtamahan khas urang Bandung, mampir saja ke Kampung Cibunut Berwarna. Jangan lupa bawa smartphone atau kamera untuk berfoto ria di area ini kemudian menyebarkannya ke dunia melalui media sosial.

KAMPUNG CIBUNUT BERWARNA (CIBUNUT FINEST)
Jln. Sunda, Kelurahan Kebon Pisang, Kec. Sumur Bandung

[Lihat peta lokasi]

Email: cibunutfinest07@gmail.com
Line: @vqc0999e
Facebook: cibunutfinest 
Instagram: @cibunutfinest