Kosakata Benda-Benda di Alam Sekitar dalam Bahasa Sunda




Nama benda sekitar dalam bahasa Sunda

Untuk belajar suatu bahasa, nama benda-benda yang ada di sekeliling biasanya menjadi jurus penting untuk memahami makna dari satu bahasa ke bahasa lain. Begitu pula dalam belajar bahasa Sunda, Anda bisa belajar kosakata mengenai benda-benda atau hal-hal di sekitar lingkungan kita. Tentunya pula ini lebih mudah Anda ingat karena benda-benda tersebut bisa dilihat dalam keseharian. Penyebutan nama-nama tersebut ada yang persis juga mirip dalam bahasa Indonesia.

Berikut ini contoh teks seputar lingkungan alam sekitar dalam bahasa Indonesia dan artinya dalam bahasa Sunda:

Hujan nyaéta hiji bentuk présipitasi, kawas salju. Hujan lumangsung nalika cai ngareclak ragrag kana beungeut Bumi tina awan. Teu sadaya hujan nepi kana lemah, sawaréhna nguap nalika ragrag ngaliwatan hawa garing, hiji tipe présipitasi nu disebut virga.

(Hujan merupakan satu bentuk presipitasi, seperti salju. Hujan berlangsung saat air berjatuhan ke wajah bumi/tanah dari awan. Tidak semua hujan sampai ke tanah, sebagian menguap saat jatuh melewati angin kering, satu tipe presipitasi yang disebut virga).


Hujan maénkeun peran utama dina daur hidrologis nalika cai ti sagara nguap, ngagunduk jadi awan, ragrag deui ka Bumi, sarta tungtungna ngamalir deui ka sagara ngaliwatan walungan pikeun ngulang deui daurna.

(Hujan memainkan peran utama dalam daur hidrologi saat air dari lautan menguap, berkumpul jadi awan, jatuh lagi ke bumi, serta akhirnya mengalir lagi ke lautan melewati sungai untuk mengulang lagi daurnya).

Cihujan mindeng digambarkeun kawas "bentuk cikeclak", buleud di handapna jeung méncos di luhurna, padahal teu bener. Cihujan ampir buleud, nu rada badag mah sok rada depé; nu badag pisan bentukna kawas parasut. Rata-rata, cihujan diaméterna 1 nepi ka 2 mm. Cihujan pangbadagna di Bumi kungsi karékam di Brazil jeung kapuloan Marshall taun 2004 - aya nu nepi ka 10 mm.


(Air hujan sering digambarkeun sebagai "bentuk tetesan air", bulat di bawahnya dan tajam di atasnya, padahal tidak benar. Air hujan hampir bulat, yang agak besar agak pipih; yang sangat besar bentuknya seperti parasut. Rata-rata air hujan diameternya 1 sampai 2 mm. Air hujan paling besar di bumi pernah terekam di Brazil dan Kepulauan Marshall tahun 2004 - ada yang sampai 10 mm).


Sababaraha kabudayaan geus ngembangkeun alat pikeun ngayonan hujan, kayaning payung jeung jas hujan. Loba ogé nu milih cicing di jero imah nalika hujan, utamana di wewengkon tropik nu hujanna ilahar dibarengan ku gelap.

(Beberapa kebudayaan sudah mengembangkan alat untuk melindungi diri dari hujan, di antaranya payung dan jas hujan. Banyak juga yang memilih diam di dalam rumah saat hujan, utamanya yang ada di daerah tropik yang saat hujan biasa dibarengi dengan kilat/halilintar).


Berikut ini nama-nama benda di sekitar kita dalam bahasa Sunda:
- tanah: taneuh
- air: cai
- api: seuneu
- langit: langit
- sungai: walungan
- pantai: basisir
- rumah: imah
- bangunan: wangunan
- gedung: gedong
- pohon: tangkal
- kayu: kai
- dahan: dahan
- ranting: régang
- bambu: awi
- kebun: kebon
- matahari: panonpoé
- rumput: jukut
- kolam: balong
- danau: situ
- air terjun: curug
- batu: batu
- besi: beusi
- pagar: pager
- halaman: buruan
- genteng: kenténg
- debu: lebu
- lumpur: leutak
- bukit: pasir
- binatang: sato
- ikan: lauk
- burung: manuk
- ular: oray
- kandang: kandang
- gubuk: saung
- dapur: dapur
- kamar: kamar
- goa: guha
- banjir: caah
- hutan: leuweung
- pelangi: katumbiri
- tiang: tihang
- besi: beusi
- plastik: palastik
- jendela: jendéla
- pintu: panto
- jalan: jalan
- angin: angin
- jurang: jungkrang
- perempatan (jalan): parapatan
- belokan: péngkolan
- daun: daun
- sawah: sawah
- tanjakan: tanjakan
- turunan (jalan): pudunan
- kampung: lembur
- kota: dayeuh
- kerikil: karikil
- ojek: ojég
- sepeda: sapedah
- sekolah: sakola
- pisau: péso
- golok: bedog
- jalan raya: patali marga
- mendung: ceudeum
- perahu: parahu
- gerimis: girimis
- musim kemarau: usum halodo
- musim hujan: usum hujan/usum ngijih
- gempa: lini

Artikel lainya seputar belajar bahasa Sunda LIHAT DI SINI

-----------

Baca info-info wisatabdg.com lainnya di GOOGLE NEWS