Review

Taman Dewi Sartika dan Taman Badak, Wisata Ruang Publik Favorit




Taman Badak dan Taman Dewi Sartika Bandung

Bila Anda yang pernah mengunjungi Balai Kota Bandung, mungkin pernah menyambangi Taman Sejarah, Taman Sungai Cikapayang, Taman Labirin, dan Taman Vanda. Taman-taman tersebut memang berada di area gedung bersejarah tempat wali kota Bandung sehari-hari berdinas. Nah, kini bagi yang liburan akhir tahun 2017 di Kota Bandung, bisa membawa anak-anak ke dua taman baru yang ada di area Gedung Balai Kota Bandung.

Lokasinya tak jauh dari Taman Vanda, Taman Sejarah, dan Taman Sungai Cikapayang. bila dari arah Taman Sejarah, pengunjung tinggal berjalan kaki sedikit ke arah ujung selatan Balai Kota (seberang Gedung Bank Indonesia Jabar).

Pengunjung bisa mengunjungi Taman Dewi Sartika yang berada di bagian selatan Balai Kota. Peresmian taman hasil revitalisasi ini dilaksanakan pada Selasa, 19 Desember 2017. Sebetulnya, taman ini dari dulu sudah ada dengan ciri ada patung pahlawan wanita asal Tatar Sunda, yakni Ibu Dewi Sartika. Bila di area lain sudah ditata, taman yang dekat patung Badak Putih ini baru selesai direvitaliasi.

Ada kolam dangkal
Luas Taman Dewi Sartika sendiri 4.390 meter persegi tinggi. Untuk masuk taman ini, melalui pintu yang berada di seberang Gedung Bank Indonesia. Di sini, anak-anak bisa sepuasnya bermain dan tentunya harus tetap diawasi oleh orang tua. Adapun patung Dewi Sartika sendiri sudah dipindahkan  yang awalnya diletakkan di pinggir taman. Kini lokasinya di pintu gerbang.

Dekat taman ini, tepatnya di bagian tengah ada Taman Badak dengan ciri patung badak putih di tengah kolam. Taman Badak dibangun seluas 870 meter persegi dan dilengkapi dengan kolam dangkal dan tempat bermain anak. Kolam dangkal itu sengaja dirancang menjadi ciri khas taman-taman di Kota Bandung. Anak-anak bisa bermain sepuasnya di kolam dangkal ini. Bila pengunjung kehausan, di sini pun ada fasilitas air siap minum.

Kebun binatang mini
Keunikan lainnya ada area plaza untuk pertunjukan, taman hewan, dan jaring LOVE yang biasa jadi tempat selfie favorit wisatawan . Di taman ini juga ada kandang yang diisi burung hias, ayam hias, dan kelinci. Di area taman ini pun bakal ada empat rusa sumbangan dari Yayasan Kebun Binatang Bandung. Adapun untuk masuk ke taman yang ada di area Bali Kota Bandung tidak dipungut biaya, namun wisatawan harap menjaga kebersihan, kenyamanan, dan ketertiban.

Nah, bagi Anda yang juga penasaran di mana tempat mangkalnya bus Bandros, di area Balai Kota tempatnya. Rencananya, nanti di Taman Dewi Sartika bakal ada lahan parkir khusus buat mangkal bus ikon wisata Bandung ini. Hal ini karena area Taman Dewi Sartika sendiri yang cukup luas sehingga akan dimanfaatkan sebagai terminal Bandung Tour On Bus (Bandros). Tentunya, wisatawan pun bisa dengan nyaman menunggu Bandros di tempat ini. Untuk saat ini, busa Bandros sendiri sedang dilelang, dimana ada 12 busa Bandros  yang baru.

Dikelola komunitas
Ke depannya kedua taman tersebut akan dikelola oleh tiga komunitas, yaitu Bandung Clean Action, Budaya Disiplin, dan Bandung EcoTransport. Komunitas tersebut akan menjadikan taman tersebut menjadi Zona Keren dengan hashtag #zonakerenbalkot juga dengan menerapkan aturan-aturan penggunaan fasilitas taman, yaitu tidak boleh merokok setiap hari, tidak boleh meninggalkan sampah tidak boleh menginjak taman. Di area ini pun ada empat jenis tempat sampah beda warna yang terdiri dari kotak khusus sampah kaleng, kertas, plastik, dan sampah umum.