Tempat-Tempat Wisata Dekat Keluar Tol Soroja GT Soreang




Lokasi wisata dekat keluar tol Soreang

Dibanding dengan "saudaranya" di kawasan Bandung Utara (Lembang), akses ke kawasan wisata di Bandung Selatan mulai ada solusi dengan hadirnya jalan tol Soroja. Untuk jalur ke Lembang dari Pasteur, misalnya, para wisatawan dari luar kota harus siap menembus kemacetan di jalur Pasteur - Ledeng - Lembang. Apalagi saat akhir pekan atau musim liburan tiba.

Sementara akses ke Selatan, dengan menggunakan jalur dari arah Pasirkoja ke Soreang bisa dilalui hanya dalam waktu kurang lebih 10 menit. Bandingkan dengan sebelumnya yang bisa berjam-jam karena saat keluar tol Kopo, jebakan macet siap menghadang dari keluar tol, Jln. Sayati, hingga di kawasan Margahayu.

Jalan tol ini menghubungkan wilayah di Kota Bandung (Pasirkoja) dan wilayah di Kabupaten Bandung (Soreang, Kutawaringin, Margaasih). Jalan tol sepanjang 10,5 km telah diresmikan Presiden Joko Widodo pada Senin (4/12/2017). Jalan tol ini menjadi solusi atas kemacetan yang biasa terjadi di jalur Kopo - Sayati - Margahayu - Soreang.

Setidaknya ini bisa jadi salah satu solusi untuk mengurai kemacetan di jalur Selatan. Walaupun selesai keluar tol Soroja di GT Soreang tak menjamin perjalanan lancar. Hal ini bisa saja kemacetan malah terjadi di jalur Soreang-Ciwidey karena terjadi fenomena leher botol dimana terjadi penumpukan kendaraan dari keluar tol. Juga infrastruktur jalan di jalur ini belum ada perubahan berarti. Jalannya masih terbilang sempit; melewati pasar dan permukiman; dan jalurnya berbelok-belok, menanjak, serta di pinggirnya terhalang perbukitan.

Namun, bagi wisatawan, jalur Ciwidey dan Rancabali masih menjadi primadona walaupun harus bermacet-macetan saat musim liburan. Selain itu, tempat wisata di sekitaran keluar Soreang pun sebetulnya bukan hanya di kawasan Ciwidey. Sekarang ini mulai banyak tempat wisata di daerah Soreang sampai arah Banjaran yang bisa jadi alternatif bagi para pelancong.

Berikut ini beberapa tempat wisata di dekat teluar Pasirkoja GT Soreang:

1. Taman Kota Soreang
Ini yang paling dekat bila Anda menggunakan tol Soroja keluar Soreang. Tak jauh dari keluar tol ini, Anda bisa menyambangi wisata taman kota yang persis ada di area Gedung Budaya Sabilulungan. Taman di seberang Masjid Al Fathu ini bisa jadi tempat rehat sejenak atau selfie-selfie sebelum melanjutkan perjalanan ke arah Ciwidey.

2. Taman Love Soreang
Lokasinya di kawasan Bukit Sadu Soreang. Spot wisata ini menyajikan banyak latar untuk berfoto-foto atau sekadar nongkrong. Anda bisa berfoto di taman ikonik berbentuk hati, di depan pesawat terbang, atau di spot baru yakni kolam renang di atas bukit berbentuk love.

3. Pesona Nirwana Waterpark
Tempat wisata air Pesona Nirwana Waterpark berlokasi di Kampung Legok Jeungjing di Desa Panyirapan, Kecamatan Soreang, Kabupaten Bandung. Rute bisa dari arah keluar Soroja keluar Soreang, Kantor Pemda Kantor Pemda Kab. Bandung, lalu ke arah kiri menuju desa Panyirapan.

4. Restoran Kampoeng Sawah
Lokasinya tak jauh ari kompleks Kantor Pemkab di Soreang. Tempat wisata ini biasa jadi destinasi wisatawan yang ingin mencicipi kuliner khas Sunda di saung-saung. Juga ada fasilitas kolam dan kolam renang. Bagi yang hobi foto, di sini pun banyak spot menarik buat selfie. Kampoeng Sawah Soreang bisa jadi destinasi wisata keluarga atau mengadakan kegiatan gathering.

5. Rujak Ciherang
Dari keluar tol Soroja di GT Soreang, Anda bisa coba menjajal tempat wisata di kawasan Banjaran. Untuk aksesnya pun sangat mudah dimana dari keluar tol ambil ke arah perempatan menuju jalur Jln. Raya Soreang - Banjaran. Di kawasan Banjaran, Anda bisa menyambangi rujak ciherang sudah lama dikenal di kalangan wisatawan.

6. Rumah Makan Saung Panyaungan
Adapun tempat kuliner lainnya ada Saung Panyaungan di Jln. Soreang - Banjaran Km 2 Ciherang, Banjaran, Kab. Bandung. Lokasinya yang berada di dekat persawahan menyajikan udara nan sejuk. Kita bisa memandang perbukitan yang menghias Bandung selatan dan tentunya menikmati aneka makanan khas pedesaan.

Pengunjung bisa pesan bakar/goreng, ayam bakar/goreng, nasi tutug oncom, nasi timbel, dan sebagainya. Untuk pilihan menu ikan menjadi andalan di sini. Anda bisa memesan ikan mas, nila, atau gurame bakar/goreng.

Beberapa lokasi wisata lainnya di Banjaran yang bisa Anda sambangi ada Waterboom Cahaya Abadi, Gunung Puntang (kopi Priangan dan tempat camping), Mountain Breeze, Kampung Batu Malakasari/Tektona Waterpark.

7. Kawasan Wisata Ciwidey
Ini tentunya jadi destinasi wisata pilihan bagi Anda yang keluar dari tol Soroja GT Soreang. Kini banyak hadir tempat wisata baru yang sudah dipoles dan makin menarik perhatian. Salah satunya keberadaan dermaga ponton di Kawah Putih, Rancabali. Atau juga Glamping Lakeside di Situ Patenggang yang ngehit di kalangan wisatawan. Dan ke Ciwidey rasanya belum lengkap bila tidak berendam di pemandian air panas, seperti di Ciwalini dan Cimanggu.

Destinasi lainnya ada Glamping Legok Kondang, Ciwidey Valley, MT Highland, Kampung Cai Rancaupas, Taman Kelinci, spot berfoto Kebun Teh Rancabali, dan lain-lain. Untuk referensi tempat-tempat wisata yang ngehits di Ciwidey LIHAT DI SINI.

-----------

Baca info-info wisatabdg.com lainnya di GOOGLE NEWS