Review

Alun-Alun Regol, Wisata Area Publik Baru di Pasirluyu Bandung




Alun-Alun Regol Pasirluyu Bandung

Setelah Alun-Alun Cicendo diresmikan pada penghujung 2017, kini di Bandung bakal hadir area publik baru. Area publik di bantaran Sungai Cikapundung ini hampir selesai penatanannya. Masyarakat biasa menyebutnya Taman Regol/Alun-Alun Regol/Taman Bhinneka Tunggal Ika. Area ini berada di area seluas 2 hektare. Lokasi tepatnya sendiri di wilayah Jln. Pasirluyu. Penataan Taman Regol senilai Rp 20 miliar di wilayah Pasirluyu itu akan dijadikan pusat rekreasi mewakili Bandung bagian selatan.

Walau belum diresmikan, taman paling anyar di Bandung ini kini sudah mulai ramai disambangi para penduduk sekitar maupun dari wilayah lain. Taman ini memang cocok buat tempat olahraga seperti jogging, bersepeda, maupun tempat main anak-anak dengan adanya kolam kecil. Tempat ini pun kini mulai ramai dikunjungi terutama warga yang tinggal di perumahan-perumahan dekat taman ini.

Bekas area pembibitan tanaman
Sebelumnya, area ini termasuk kawasan yang lumayan sepi karena lokasinya yang agak jauh dari jalan raya. Jalan Pasirluyu sendiri biasa jadi jalur alternatif ke arah Jln. BKR, Jln. Buah Batu, maupun ke Jln. Soekarno-Hatta. Apalagi saat malam hari, kawasan bekas area pembibitan tanaman ini sangat sepi plus penerangan yang kurang. Kini, area yang diapit beberapa kompleks perumahan ini sudah bersalin rupa.

Di area ini terdapat dua taman yang mengapit sungai, yakni di Jln. Pasirluyu Selatan dan di area perumahan Jln. Suryalaya. Dulunya, di sini merupakan area UPT Pembibitan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Bandung yang membentang sampai ke jembatan Sungai Cikapundung satu lagi di Jln. Soekarno-Hatta. Jalan tersebut biasa jadi jalan penghubung antara Jalan Soekarno-Hatta dengan Jln. Suryalaya, Buahbatu, atau Jln. Kembar, serta Moh. Toha.

Pada Oktober 2017 kawasan bantaran sungai ini pun disulap jadi area publik yang luas dengan pembangunan lantai marmer, beton, dan panel kayu komposit. Jarak dari tepi jalan hingga ke bibir sungai bisa berkisar 15 meter hingga 50 meter. Sementara badan jalan masih tersisa lebar 7 meter. Dengan kondisi itu, masih tersisa dua meter untuk parkir tepi jalan sepanjang 500 meter. Sepanjang taman itu juga disediakan jalur khusus sepeda selebar 1.5 meter. Sementara trotoar dilengkapi blok pengarah warga difabel, serta jalur landai akses ke dalam taman bagi pengguna kursi roda.

Trotoar yang ditempatkan antara jalur sepeda dan taman dibuat beragam. Di beberapa area ditempatkan pulau-pulau sebagai wadah tumbuhan dan bunga. Area luas dibuat berundak yang bisa difungsikan sebagai tempat duduk pengunjung. Ada pula bagian berundak yang dibuat luas untuk sejumlah kegiatan layaknya mini amfiteater.

Rute ke Alun-Alun Regol, Jln. Pasirluyu
Bagi Anda yang masih bingung dengan lokasi taman baru ini, Alun-Alun Regol bisa diakses dari arah tol Moh. Toha maupun tol Buah Batu. Untuk angkot yang melewati taman ini jurusan Elang - Gedebage. Taman Regol lokasinya memang tidak terlihat dari jalan raya (Jln. Soekarno-Hatta). Untuk ke taman baru ini, bisa jalan kaki dari jembatan Sungai Cikapundung di Jln. Soekarno-Hatta (seberang Jln. Sukaati/pangkalan ojek).

Untuk akses menuju Taman Regol ini bisa menggunakan kendaraan pribadi atau naik angkot jurusan Elang-Gedebage. Alternatif rute yang bisa dilalui, di antaranya:

1. Keluar tol Buah Batu - perempatan/stopan Buah Batu - lurus ke Jln. Buah Batu - di dekat Griya Bubat belok kiri ke arah Jln. Suryalaya (Bikasoga) - lewat perempatan terus saja sampai ke arah jembatan Jln. Pasirluyu (lokasi di sebelah kiri jembatan Sungai Cikapundung).

2. Keluar tol Buah Batu - perempatan/stopan Buah Batu - belok kiri Jln. Soekarno Hatta arah ke stopan Moh. Toha - depan Gedung LEN putar balik - beberapa puluh meter di dekat jembatan belok kiri ke Jln. Pasirluyu Selatan/Jln. Pasir Salam.

3. Keluar tol Moh. Toha - stopan - belok kanan ke Jln. Soekarno Hatta - di seberang Gedung LEN / jembatan belok kiri ke Jln. Pasirluyu - ke arah jembatan satu lagi.

4. Dari Jln. BKR - masuk ke Jln. Pasirluyu Timur - masuk ke arah perumahan - Jln. Pasirluyu Selatan ke arah jembatan Jln. Suryalaya (masjid Al Muhajirin)/menuju Jln. Soekarno-Hatta.

5. Akses lain bisa dari arah Jln. Buah Batu (dekat stopan Pizza Hut) ke Jln. Mutumanikam - Jln. Suryalaya- belok kanan ke arah jembatan Jln. Pasirluyu/Taman Regol.

Video Alun-Alun Regol TONTON DI SINI