Review

28 Tempat Belanja di Bandung Favorit Wisatawan




Tempat Belanja Terkenal di Bandung

Jalan-jalan ke Bandung rasanya belum sah bila belum menjajal mengunjungi kawasan wisata belanja di seputaran Bandung. Bandung yang dikenal sebagai kota dengan warganya yang kreatif sebetulnya mencerminkan kota tingkat potensi ekonomi kerakyatan yang terbilang maju. Ada saja produk atau hal baru yang bisa dijual oleh warganya. Tak terkecuali hadirnya tempat-tempat belanja dan pasar unik yang bertebaran di beberapa titik di Bandung. Sebetulnya, keunikan tersebut lebih pada unsur tematik pada produk-produk yang dijual dengan tema sama.

Berikut ini beberapa pasar dan tempat sentra belanja unik/tematik yang ada di Bandung:

1. Pasar Buku Palasari
Pasar Palasari sebenarnya Pasar Inpres yang didirikan sejak tahun 1980-an. Awalnya hanya ada 20 kios buku dan sekarang ada sekitar 400 kios buku. Adapun pedagangya sendiri hampir 80% adalah pedagang dari Padang, sisanya pribumi. Sejarah pendirian pasar buku ini, pada mulanya pada tahun 1958, Pasar Buku Tradisional Palasari yang terletak di kawasan Alun-Alun, tepatnya di Cikapundung.

Para mahasiswa, dosen, guru, pelajar, atau para penikmat buku di Kota Bandung pasti tahu yang namanya Pasar Palasari. Pasar buku terletak di Jalan Palasari, dekat dengan Jalan Banteng (RS Muhammadiyah) dan bisa diakses dari Jalan Peta (Lingkar Selatan) di depan Hotel Horison, Bandung.

2.  Pasar Audio Mobil di Jln. Cihapit
Pasar loak ini masih bertahan sejak 1945, meliputi kawasan Jalan Cihapit, Cibeunying Utara sampai ke Jalan Bengawan. Di kawasan Cihapit banyak dijumpai bemacam barang bekas dari berbagai jenis. Mulai dari furnitur, barang elektronik, onderdil, alat rumah tangga, bahkan audio mobil. Yang khas dari pasar loak Cihapit adalah sentral penjualan audio mobil. Di sini Anda bisa memilih audio dari berbagai merek. Di antaranya Sansui, JVC, JEC, Samisen, DLX, APX dan AVX.

3. Pasar Besi dan Sparepart Jatayu
Pasar Jatayu terbagi di bagian dalam dan bagian luar. Bagian dalam biasnya didominasi oleh kios-kios suku cadang, baik untuk roda dua ataupun roda empat. Sedangkan lokasi di luar Pasar Jatayu Bandung didominasi juga oleh penjual khusus suku cadang atau barang variasi untuk kendaraan roda dua.

Pasar Jatayu terletak di Jln. Komodor Supadio, Kel. Husein Sastranegara, Kec. Cicendo. Di pasar ini ada 369 kios, 336 kios dalam keadaan aktif dan 33 kios di antaranya tutup. Sedangkan jumlah pedagangnya mencapai 242 orang. Pasar Jatayu berdiri di atas lahan milik Pemkot Bandung, sedangkan bangunannya dibangun menggunakan dana swadaya pedagang. Pasar ini didirikan pada 1957 dan pada 2006 dilakukan rehab karena bangunan pasar yang kurang layak.

4. Pasar Lilin (Sentra Sepatu) di Astana Anyar
Dikenal Pasar Lilin bukan karena di sana banyak pedagang menjual lilin. Dikenal Pasar lilin karena pasar ini hanya buka pada malam saja. Dahulu, para pedagang sepatu di pasar ini berjualan tanpa menggunakan listrik dan hanya bermodalkan lilin untuk sumber penerangan di tempat mereka melapak.

Di bawah penerangan seadanya, para pedagang menawarkan berbagai jenis sepatu, ada sneaker, pantopel, boots, dan sepatu olahraga. Tidak hanya sepatu, di pasar ini juga kini dijajakn sandal-sandal bermerk. Ada sandal untuk santai maupun sandal bagi yang hobi naik gunung.

5. Pasar Burung Sukahaji
Lokasinya di daerah Sukahaji atau di Jln. Peta, Bojongloa Kaler, Bandung (akses arah ke tol Pasirkoja). Atau untuk memudahkan pencarian, Pasar Burung Sukahaji ini terletak di sebelah Mall Festival Citylink. Para pecinta burung bisa membeli burung lokal maupun luar. Dijual juga aneka binatang peliharaan lain seperti kucing, tokek, kelelawar, marmut, kelinci, tupai terbang, iguana, burung kontes, kadal, reptil, kalajengking, dan hewan-hewan lainnya.

6. Pasar Bunga Wastukancana
Pasar ini berada di sebelah kanan dari arah Jalan Cihampelas. Bunga-bunga sudah terlihat sebelum belokan Jalan Tamansari. Pasar ini berdiri pada pada 1960-an ini, sudah lama menjadi pilihan warga Bandung untuk memesan karangan bunga ucapan. Di sana banyak dipajang karangan-karangan bunga sebagai contoh atau yang memang untuk dijual. Pasar bunga lainnya ada juga di area Pasar Buku Palasari.

7. Pasar Hewan Peliharaan Jln. Radjiman
Letaknya di seberang gedung bekas FO Otten One, depan Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Barat. Para penjual hewam ini menumpuk kandang-kandang di trotoar di tepi jalan. Berbagai jenis hewan dijual di sini terutama anjing dan kucing.

Sebelum 2014 kawasan itu sering disebut pet market oleh pemburu hewan peliharaan. Kawasan itu ditertibkan Pemkot Bandung bersama dengan PKL lainnya, seperti penjual aksesori handphone, kuliner, dan lain-lain. Mereka ada yang pindah ke basement Bandung Indah Plaza sesuai kesepakatan.

Anjing yang dijual kebanyakan hasil kawin silang dua ras. Jenis anjing yang dijual kebanyakan jenis anjing keluarga, seperti Beagle, Border, Pincer,Tsitzu Jabrik, Rockfeller, Golden dan lain -lain. Anjing-anjing tersebut diperoleh penjual dari peternak anjing atau dari pemilik hewan tersebut yang menjual kepada para pedagang tersebut.

8. Pasar Antik Cikapundung
Lokasinya di arah utara Jln. Ir. Sukarno (Cikapundung Timur), atau sebelah barat Jln. Braga. Dari kedua jalan tersebut, Anda tinggal jalan kaki ke Pasar Elektronik Cikapundung. Letaknya ada di lantai 3. Di sini, Anda bisa mengenang masa lalu dengan melihat barang-barang jaman baheula alias barang lawas yang dipajang di setiap jongko.

9. Sentra Sepatu Cibaduyut
Berada di selatan Terminal Leuwipanjang, pada sekitar tahun 1978 pemerintah pusat melalui Departemen Perindustrian bekerja sama dengan Lembaga Penelitian Pendidikan Penerangan Ekonomi dan Sosial (LP3ES) melakukan pengkajian dalam rangka bimbingan dan Pengembanga sentra sepatu Cibaduyut.

Hasil kajian tersebut merekomendasikan dibangunnya pusat pelayanan fasilitasi pembinaan atau dengan sebutan Center Service Facility (CSF) dan lebih dikenal masyarakat pengusaha sepatu dengan sepatu UnitPelayanan Teknis (UPT) barang kulit.Pada sekitar tahun 1980-an dengan digulirkan proyek BIPIK dari departemen perindustrian berbagai fasilitas bantuan sarana dan prasarana kepada UPT persepatuan di Cibaduyut berupa pembangunan fasilitas gedung, mesin dan peralatan serta program pelatihan untuk mengembangkan pengrajin sepatu Cibaduyut.

10. Sentra Distro Parahyangan Plaza
Di tempat ini ratusan industri clothing di seluruh Bandung memenuhi hingga lantai empat plaza. Hampir tidak bisa diingat nama-nama dari setiap clothing karena banyaknya. Para pembeli keetika datang ke Parahyangan Plaza mereka tidak hanya membeli pada satu clothing tapi berbagai merek clothing. Salah satu kelebihan di sini, selain bisa beli banyak juga harganya yang cingcay alias bisa ditawar, apalagi untuk dijual kembali di daerah.

Jika Anda penasaran ingin berkunjung atau berbelanja ke tempat ini, tidaklah terlalu sulit karena letaknya ada di pusat Kota Bandung. Tempat ini bisa didatangi dari beragam arah. Hanya untuk parkir, Anda mesti bijak memilih tempat, apalagi musim liburan, menjelang lebaran, atau akhir pekan. Daerah Jln. Dalem Kaum biasanya pasesedek alias penuh dengan kendaran roda dua dan roda empat.

11. Sentra Tekstil Cigondewah
Cigondewah adalah kawasan sentra kain di Bandung Selatan, selain Tamim dan Pasar baru. Di kawasan ini, Anda dapat membeli kain dengan harga murah. Ada banyak toko-toko yang berjejer di sepanjang Jalan Cigondewah. Kawasan ini lumayan panjang, sebelah timur berbatasan dengan Taman Kopo Indah/Cibolerang.

Sebelah barat berbatasan dengan daerah Cijerah dan Margaasih. Sentra kain Cigondewah bersinergi dengan kawasan sekitarnya. Misalnya, di kawasan sekitar Cigondewah, seperti Rahayu-Sindang Palay terdapat sentra industri topi, tas, jaket, dll.

12. Sentra Produk Boneka Sukamulya
Lokasinya berada di Babakan Jeruk, Kecamatan Sukajadi. Anda yang ingin mampir ke desa ini dapat melewati jalan Setra Indah Barat. Lalu, berbeloklah ke kiri sampai bertemu bundaran. Dari bundaran, Anda tinggal memilih jalan Sukamulya menuju ke sentra perkampungan boneka. Atau lebih tepatnya, sekitar 300 meter dari kantor Kecamatan Sukamulya.

13. Gang Tamim
Gang ini terletak tepat dibelakang Pasar Baru dan merupakan sentra penjualan kain meteran, dengan aneka bahan pakaian dan celana mulai dari jeans hingga katun, chiffon, brokat dan kebaya yang tersedia dalam berbagai motif dan warna. Harga yang ditawarkan relatif murah, terlebih jika berani menawar dengan harga lebih rendah. Disini beragam pilihan jeans berkualitas juga ditawarkan dengan harga murah. Gang Tamim lebih dulu disambangi oleh para pemburu jeans sebelum jalan Cihampelas menjadi populer. Uniknya, di sini kita dapat membeli bahan-bahan tersebut dengan sistem kiloan.

14. Sentra Jeans Cihampelas
Dengan konsep nama toko superhero plus desain tokonya yang unik-unik, kawasan ini selalu penuh dikunjungi para pelancong, khususnya saat musim liburan dan weekend. Cihampelas sudah tersohor di kalangan wisatawan untuk berbelanja jeans, serta pernak-pernik yang unik dari bahan kulit. Dikenal juga sebagai tempat belanja oleh-oleh jajanan khas dari Bandung yang berada di sepanjang jalan Cihampelas. Jika Ingin jalan-jalan, Anda bisa ke Cihampelas Walk atau mencari aneka kuliner. Untuk menginap dan layanan transportasi travel, di sini terbilang lengkap.

15. Sentra Rajutan Binong Jati
Dikenal sebagai tempat produksi perajin rajutan di Bandung. Di sekitar Gapura yang bertuliskan Sentra Industri Rajutan Binong Jati, di jalan Gatot Subroto, terdapat sebuah pasar yang bernama Pasar Binong. Anda akan melihat jalan setapak yang dipadati oleh rumah penduduk sepanjang kurang lebih lima ratus meter, bila diselusuri terus, dapat terlihat di beberapa rumah ada belasan perajin sedang merajut.

16. Sentra Kaos Suci
Sentra kaos ini adalah salah satu pelopor pembuatan kaos terlama di Bandung yang tetap bertahan di antara gempuran produk-produk impor. Jumlah pengrajin kaos di kawasan Suci diperkirakan lebih dari 200 pengrajin kaos yang diproduksi di rumahan ini untuk dipasarkan di jaringan distro, seperti dengan merek 347, Ouval, Airplane, Evile, dan Eat. Kawasan Sentra Kaos Suci berada di sepanjang jalan Surapati tak jauh dari lapangan Gasibu.

17. Pasar Andir Bandung
Di sini dijual aneka pakaian dan kebutuhan sandang lainnya, dari baju anak, pakaian wanita, busana pria, tas, busana muslimah. Pasar Andir termasuk "saingan" Pasar Baru Bandung. Namun, kondisi tempatnya memang jauh beda dengan Pasar Baru. Akan tetapi, bagi Anda yang ingin mencari barang dengan harga super miring, Pasar Andir bisa menjadi rekomendasi utama.

18. Sentra Topi Desa Rahayu
Desa Rahayu, Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung dikenal sebagai sentra pengrajin topi yang sudah dirintis sejak 1960-an. Selain di sejumlah kota besar di Indonesia, produk topi dari desa ini juga sudah menembus pasar global, antara lain sudah dipasarkan di negara tetangga, seperti Singapura dan Malaysia.

Kawasan sentra topi Desa Rahayu sendiri terletak tak jauh dari kawasan sentra tekstil Cigondewah. Untuk aksesnya, bisa keluar tol Kopo ke arah kiri menuju Cirangrang - Cibolerang - Cigondewah (jembatan tol) - Sindang Palay - Rahayu. Atau bisa juga melalu jalur keluar tol Kopo - kanan ke Kopo Sayati - masuk ke arah perumahan Taman Kopo Indah (TKI) I dan II - Desa Rahayu. Sepanjang jalan dari arah jembatan tol - Sindang Palay - Desa Rahayu berjejer toko-toko penjual topi. Selain Cigondewah, kawasan ini pun bertetangga dengan sentra pengrajin tas yang ada di kawasan Sadang/Bihbul, Sayati.

19. Sentra Perajin Tas Sadang (Blok Ransel)
Ini bisa Anda temukan di Jln. Sadang yang aksesnya bisa dari Pasar Sayati - belok kanan ke arah Jln. Sadang. Atau dari keluar tol Kopo - belok kanan - Jln. Cirangrang/Cibolerang - Cigondewah - belok kiri ke jembatan tol TKI II - belok kiri lagi ke arah Jln. Sadang. Sepanjang jalan ini banyak berjejer toko-toko dan sentra produks tas. Kawasan ini biasa ramai saat tahun ajaran baru. Banyak orang tua yang membelikan tas untuk anak-anaknya atau juga para pedagang tas yang datang dari daerah lain.

20. Sentra Distro Jln. Trunojoyo
Salah satu sentra distro yang masih menerapkan pola idealisme ada di Jalan Trunojoyo. Sebuah kawasan di Bandung Utara ini, sampai sekarang masih menjadi tempat kumpulnya para pelaku usaha clothing yang Bandung pisan. Mereka lah yang kebanyakan jadi pelopor distro di Bandung. Mereka pula yang pernah mengalami jatuh-bangun usaha distro yang sarat idealisme tersebut. Dari mulai trennya distro di Bandung hingga kelesuan komunitas kaos distro yang berhadapan dengan pelaku usaha distro lain dengan sistem produk massal, alias jauh dari konsep awal yang terbatas.

21. Sentra Busana Muslimah Jln. Buah Batu
Di jalan yang terletak antara stopan Jln. Soekarno-Hatta (By Pass) dan Jln. Peta/Jln. Pelajar Pejuang berjejer gerai-gerai busana muslimah. Tampilan gerai-gerai yang ada di sepanjang Jln. Buah Batu ini ditata secara eksklusif dan bikin nyaman pengunjung. Bukan hanya sekadar belanja, pengunjung pun bisa belanja busana sambil hunting aneka oleh-oleh kuliner favorit wisatawan yang berpelesir di Bandung. Kawasan Jalan Buah Batu memang telah bersalin rupa menjadi sentra belanja dan kuliner kekinian di Kota Kembang.

22. Sentra Percetakan Pagarsih dan Astana Anyar
Terletak di Jalan Pagarsih, Kecamatan Astana Anyar, Bandung tersedia ragam jasa percetakan dengan rata-rata menggunakan mesin cetak GTO. Di kawasan pusat Kota Bandung ini, terdapat kurang lebih 21 pengusaha jasa percetakan. Anda bisa membandingkan layanan dari satu toko dengan toko lainnya. Jadi, lebih baik survei dulu dari satu tempat ke tempat lain sebelum memutuskan untuk langsung menentukan tempat cetak. Hal ini agar Anda benar-benar cocok dan puas dari segi harga, bahan, dan waktu pengerjaan.

23. Sentra Kerajinan Keramik Kebon Jayanti
Perajin Kiaracondong dan pecahannya terkenal karena guci hias dengan gaya Cina kuno dengan ukuran besar. Beda dengan gerabah yang campuran dari tanah gunung dan pasir yang kecoklatan, tanah campuran untuk stone wear warnanya putih. Stoneware memang lebih berkelas. Selain itu, tidak monoton karena bisa dilukis dengan motif yang lebih variatif.

Produksi keramik dari kawasan Kiaracondong ini berupa guci, hiasan piring, stoneware. Dari satu perajin, keramik yang dihasilkan bisa mencapai 300 buah hiasan kecil dan sekitar 25 buah hiasan guci besar per minggu. Keramik dari Kiaracondong ini sudah tersebar dijual ke  Kalimantan, Papua, Aceh, hingga diekspor ke Jepang dan kawasan Eropa.

24. Sentra Lukisan Jelekong
Karya lukisan warga Desa Jelekong pun sudah menyebar di mana-mana, seperti Jakarta, Semarang, Bogor, Bali, Malaysia, hingga Arab Saudi. Beberapa galeri dan gerai penjualan lukisan di Bandung pun menjajakan lukisan seniman Desa Jelekong.

Di sana pun kita bisa melihat  Pesantren Budaya Giri harja milik keluarga Asep Sunandar. Jika ingin mencapi lokasi ini, Anda bisa keluar dari Tol Buah Batu, belok kanan ke arah Bojongsoang, kemudian di pertigaan ke arah Jembatan Citarum lama dan baru, hingga ke Baleendah, terus beberapa kilometer ke arah timur (arah Ciparay).

25. Sentra Sarung Tenun Majalaya
Majalaya adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Bandung. Daerah ini bisa dijangkau dari arah keluar tol Buah Batu - Bojongsoang - Baleendah - Ciparay - Majalaya. Daerah ini pun bisa diakses dari daerah Rancaekek. Salah satu komoditas industri rumahan penduduk Majalaya adalah kerajinan kain sarung tenun.

Bila menjelang Lebaran, Anda ingin membeli sarung dengan sistem partai dan harga murah bisa ke Majalaya. Di sini Anda bisa membeli sarung untuk pemberian THR ataupun untuk diberikan kepada sanak saudara. Urusan harga, Anda tingga memilih dari kelas biasa sampai sarung kelas eksklusif.

26. Sentra Produksi Kaos Jln. Suci
Kawasan industri kreatif Jalan Suci ini sampai sekarang masih ada. Saat krisis ekonomi 1998, industri ini tidak terpengaruh. Malah, semakin banyak kios baru yang muncul. Keunikan industri di sini yaitu tidak membutuhkan banyak modal dan antar perajin biasanya mengerjakan secara gotong royong atau makloon (biasanya untuk pekerjaan besar dan deadline pemesanan yang mepet). Usaha lain yang tidak bisa dilepaskan di sini adalah jasa pembuatan spanduk. Para pemesan tidak hanya dari lokal (Kota Bandung) namun juga dari luar Jawa Barat, luar Pulau Jawa, hingga mancanegara seperti dari Malaysia.

27. Sentra Barang Elektronik dan Kacamata Jln. ABC
Jalan ABC ini juga terkenal dengan sentra barang-barang elektronik dengan harga miring (tentunya bagaiamana kepandaian Anda menawar). Anda bisa membeli kamera, dari jenis kamera digital hingga kamera jadoel (manual). Di sini juga banyak para tukang service yang bisa membantu Anda memperbaiki kacamata, jam, dan juga barang elektronik.

Anda pengguna kacamata? Jika ingin belanja frame, lensa, atau jenis kacamata lainnya silakan kunjungi sentra kacamata di Jalan ABC, Bandung. Anda bisa memasuki daerah ini dari Jalan Asia Afrika (Alun-alun masuk Jalan Alkateri) atau dari Jalan Cikapundung. Sentra kacamata di Jalan ABC (belakang gedung Kantor Pos Besar) ini sudah terkenal dari dulu tempat jual kacamata aneka jenis. Para pembeli kacamata di daerah ABC ini, tidak hanya menjadikan kacamata sekadar alat bantu membaca, tetapi sebagai penunjang fashion juga.

28. Pasar Baru Bandung
Di sini banyak item fashion dan barang-barang lain yang bisa Anda temukan. Bahkan, harga barang-barang di Pasar Baru Bandung ini relatif lebih murah jika dibandingkan tempat lainnya. Oleh karena itu, banyak orang yang mencari oleh-oleh di sini. Salah satu alasannya, karena harganya yang miring. Pasar Baru Bandung ini berlokasi di Jalan Otto Iskandardinata, kawasannya berdekatan dengan Masjid Agung Bandung.