Review

Jadwal dan Tarif KA Argo Parahyangan Rangkaian Terbaru




Fasilitas terbaru KA Argo Parahyangan 2018

Animo masyarakat untuk menggunakan layanan perjalanan dengan kereta api kian meningkat. Untuk itu, PT KAI menambah empat perjalanan KA Argo Parahyangan rute Bandung-Jakarta. Rangkaian KA baru mulai beroperasi pada Selasa tanggal 27 Februari 2018.

KA baru tersebut memiliki kapasitas penumpang sebanyak 400 tempat duduk per rangkaian (trainset), yang terdiri dari delapan kereta eksekutif, satu kereta makan (restorasi), dan satu kereta pembangkit. Keempat KA tersebut, menambah jadwal keberangkatan KA relasi Jakarta-Bandung pulang pergi (PP) menjadi 22 kali perjalanan. Sebelumnya, Argo Parahyangan rata-rata melayani 18 perjalanan sehari di weekday (Selasa-Kamis) menjadi 22 perjalanan, dan 24 perjalanan PP sehari pada akhir pekan (Jumat-Senin) menjadi 28 perjalanan.

Rangkaian yang digunakan untuk KA Argo Parahyangan merupakan armada baru dengan bodi stainless steel yang lebih tahan karat dan cat stripping yang minimalis. Berbeda dengan bahan yang selama ini dipakai KAI, yakni mild steel. Bahan untuk body dari rangkaian ini, berbeda dengan bahan yang selama ini dipakai KAI, yakni mild steel. Kereta produksi PT Inka tersebut adalah bagian dari program regenerasi sarana kereta yang sudah tua.

KAI sendiri akan mendatangkan total 438 kereta yang terdiri dari 38 trainset atau rangkaian kereta api dengan rincian 210 kereta eksekutif, 150 kereta premium, 39 kereta makan dan 39 kereta pembangkit yang direncanakan datang mulai Februari 2018 sampai dengan Maret 2019.

Sementara di bagian interior pun KAI dilengkapi dengan berbagai fasilitas, salah satunya toilet di masing-masing kereta/gerbong sebanyak dua buah yang terletak bersebelahan. Di KA Argo Parahyangan baru ini, semua toilet adalah toilet duduk. Fasilitas lain di kursi ada sandaran kaki. juga adanya lampu tidur dan lampu baca, meja lipat mini dan bagasi kabin.

Selain itu, ebanyak empat buah layar monitor terpasang di dalam setiap kereta. Dua unit monitor berukuran 32 inci terpasang di ujung depan dan belakang, serta dua layar berukuran 19 inci menggantung di langit-langit kereta. fasilitas lainnya ada lubang audio jack di setiap tempat duduk.

Sementara di dalam kereta restorasi, PT KAI memfasilitasi penumpang yang hendak menjalankan ibadah sholat dengan menyiapkan ruang musala yang lebar, dilengkapi dengan rak berisi sarung dan mukena serta cermin yang menempel di dinding. Pada kereta restorasi disediakan ruang makan yang makin luas sehingga mampu menampung 24 tempat dudu

Berikut jadwal perjalanan KA Argo Parahyangan dengan rangkaian baru :
1. No KA KP / 11232 Relasi Gambir – Bandung – Kiaracondong berangkat pukul 06.15 WIB tiba di Bandung pukul 09.54 WIB dan di Kiaracondong pukul 10.13 WIB.
2. No KA KP / 11161 Relasi Kiaracondong – Bandung – Gambir berangkat dari Kiaracondong pukul 12.45 WIB, Bandung pukul 13.05 WIB dan tiba di Gambir pukul 16.39 WIB.
3. No KA KP / 11234 Relasi Gambir – Bandung berangkat pukul 17.02 WIB tiba pukul 20.19 WIB.
4. No KA KP / 11163 Relasi Bandung – Gambir berangkat pukul 20.50 WIB tiba pukul 00.21 WIB.