Review

Rupa Rupi Handicraft Market, Mall Pusat Produk Kerajinan di Kota Bandung




Rupa Rupi sentra kerajinan Kota Bandung

Sebagai kota wisata, salah satu yang kurang dari Kota Bandung dibanding Bali atau Jogja adalah belum adanya tempat belanja kerajinan yang representatif. Inilah kemudian yang mendorong pihak Disperindag Kota Bandung untuk menghadirkan sentra belanja kerajinan terlengkap yang bisa menjadi tujuan wisatawan belanja produk kerajinan di Kota Kembang.

Bila Anda ingin belanja aneka kerajinan tangan atau kriya di Kota Bandung, kini telah hadir Rupa Rupi Handicraft Market yang berlokasi di Jln. Ahmad Yani Bandung. Lokasinya dekat ke arah Terminal Cicaheum. Marketplace bertitel Rupa Rupi Handycraft Marketberkonsep kerajinan khas Jabar ini mewadahi produk kerajian Industri Kecil Menengah (IKM), sekaligus menjadi destinasi wisata yang diharapkan dapat menarik minat para wisatawan.

Laboratorium bisnis bagi para perajin
Rupa Rupi Handicraft Market diharapkan menjadi daya tarik wisata baru di Bandung. Ini merupakan mal pertama yang menjual berbagai macam aneka kerajinan khas. Rupa Rupi Handycraft Market juga dibangun Pemkot Bandung dengan kalangan IKM sebagai laboratorium bisnis bagi para perajin. Selain menjadi pusat perbelanjaan barang jadi, di tempat ini juga disediakan bahan baku yang mendukung produk kerajinan.

Nantinya, mal ini juga akan diisi oleh para tenant yang mendukung bahan baku kerajinan, tak hanya Bandung namun juga menaungi para UKM di Jabar. Rencananya grand opening pada Mei 2018. Sebelumnya telah digelar pengenalan kepada awak media juga tenant gathering pada 22 Februari 2018 lalu.

Dengan dibangunnya pusat perbelanjaan khusus keraninan pihaknya juga akan lebih gencar menggelar workshop yang berkaitan dengan skill membuat karya handycraft. Di samping itu, di sini para perajin akan dibekali pemasaran bisnis. Dengan adanya pusat perbanjaan ini, penggemar handycraft jadi lebih praktis dan menghemat waktu saat hunting barang. Ini juga sejalan dengan program Pemerintah Kota Bandung dalam mengembangkan pasar tematik.

Adapun untuk penjualan juga didukung sarana digital marketplace sehingga jangkuan pasar bisa lebih luas. Dengan strategi usaha offline dan online, produk kerajinan asal Bandung dpaat lebih dikenal secara global.

Mal handycraft ini akan diisi 369 tenant berbagai jenis kerajinan asal Bandung dan luasnya Jabar. Sebagai mal khusus kerajinan, kami membidik pembeli tak hanya dari lingkup lokal namun juga konsumen dari luar Bandung bahkan hingga mancanegara.