Review

Festival Batik, Bordir, dan Tenun Nusantara 2018




Festival Batik, Bordir dan Tenun Nusantara 2018

Maxxindo Communication Krishna Studio kembali menggelar Festival Batik, Bordir dan Tenun Nusantara 2018 pada tanggal 2 – 6 Mei 2018 di Graha Manggala Siliwangi, Aceh No. 66 Bandung. Event ini merupakan pameran yang ke-21 yang di selenggarakan Event Organizer Maxxindo Communication dan Krishna Studio.

Event ini akan diisi lebih dari 100 tenant yang menghadirkan produk batik, bordir, tenun (songket, ulos, dan lainnya). Juga ada aksesoris, craft, busana muslim dari seluruh Indonesia, termasuk tenan makanan.

Event ini bakal digelar di Gedung Graha Manggala Siliwangi dari Rabu s.d. Minggu, 2 - 6 Mei 2018. Pameran akan berlangsung pukul 09.00 - 21.00 WIB setiap harinya. Inlah kesempatan dan peluang bagi para Pengrajin wastra dan craft  khas Indonesia dalam menunjukan potensi, kreativitas dan eksistensinya.

Popularitas kain Nusantara selama ini terus meningkat namun masih banyak masyarakat yang belum teredukasi akan kecintaan dan kebanggaan menggunakan kain yang sudah diakui UNESCO itu. Itu sebabnya tak sedikit masyarakat menengah atas masih bangga menggunakan produk impor.

Event ini sebagai wujud kecintaan kepada budaya sekaligus mencari bakat kreatif para pecinta batik, bordir, dan tenun Nusantara. Diharapkan adanya event ini , batik, bordir dan tenun nusantara Indonesia dapat terus dilestarikan hingga tidak lagi diakui sebagai karya cipta negara lain.

Pameran ini pun menjadi ajang untuk promosi produk khas Indonesia yang kini banyak digempur produk impor. Selain itu, event ini sebagai bukti bahwa produk batik Indonesia masih digemari para pemakai juga kolektor di luar negeri. Tingkat ekspor Indonesia yang saat ini lesu ternyata tidak berdampak banyak terhadap para pengrajin batik. Untuk nilai ekpor batik telah merambah hingga cakupan wilayah ekspor di Asia seperti Malaysia, Brunai, Thailand, Vietnam, sampai Afrika.

Untuk memeriahkan acara bakal digelar talk show, workshop, traditional entertaiment, dan music entertainment.  Selain itu, event Festival Batik, Bordir dan Tenun Nusantara 2018  ini diharapkan secara kontinyu mampu meningkatkan animo masyarakat terhadap produk-produk dalam negeri, membantu perkembangan usaha kecil menengah di tanah air dan pelestarian budaya daerah. Menampung dan memberi wadah apresiasi budaya masyarakat dibidang usaha batik, bordir, tenun dan kerajinan.

Untuk informasi lebih lanjut bisa menghubungi 0812 2100 6644 / 0817 622 644 (Desay) atau bisa cek di akun instagram @festivalbatikbandung.