Review

Karnaval Asia Afrika 2018, Semangat Persatuan dan Keberagaman Dunia




Karnaval Asia Afrika Bandung 2018

Dalam rangka memperingati HUT Konferensi Asia Afrika (KAA) ke-63, di depan Gedung Merdeka digelar Parade Karnaval Asia Afrika. Kegiatan ini jadi event wisata Bandung yang sukses menyedot perhatian masyarakat serta para pelancong dari luar daerah. Terlihat ribuan warga memenuhi jalan untuk menyaksikan gelaran yang menjadi puncak acara peringatan Konferensi Asia Afrika (KAA) Tahun 2018.

Parade Karnaval Asia Afrika pada Sabtu (28/04/2018) ini diikuti oleh 2.867 peserta dari 15 negara serta sejumlah daerah di Indonesia. Negara yang ambil bagian dalam parade ini diantaranya Inggris, Australia, Kanada, Thailand, Vietnam Korea Selatan, Uganda dan Madagaskar. Para peserta menggunakan pakaian khas dari negara dan daerahnya masing-masing.

Menariknya, sejumlah peserta juga menampilkan seni pertunjukan di sepanjang jalan yang dilintasi. Event ini dihadiri Staf Ahli Multikultural Kementerian Pariwisata Esti Reko Astuti. Selain itu juga hadir Pjs Wali Kota Bandung Muhamad Solihin, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung Kenny Dewi Kaniasari.

Esthy Reko Astuty, mengatakan pihaknya mengapresiasi gelaran acara karnaval Asia Afrika di Kota Bandung. Menurutnya, melalui acara ini dapat menjadi pendorong untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan. Ia berharap acara ini dapat kembali digelar pada tahun depan. Hal ini mengingat tingginya animo masyarakat dan wisatawan untuk menyaksikan acara ini. Apalagi Karnaval Asia Afrika ini menjadi salah satu dari tujuh kalender even Jawa Barat.

Untuk kegiatan karnaval ini, Jalan Asia Afrika sejak pukul 06.00-23.00 WIB ditutup oleh pihak Polrestabes Bandung. Karnaval tersebut menggunakan rute pendek sekitar 1,5 km dengan titik awal di Jalan Asia Afrika, Jalan Cikapundung Barat, Jalan ABC, Jalan Naripan, Jalan Tamblong dan ‎berakhir di Jalan Asia Afrika. Sejumlah jalan yang ditutup yakni Jalan Tamblong hingga Jalan Asia Afrika, Jalan Naripan hingga Tamblong dan Jalan Banceuy hingga Jalan ABC.

Selanjutnya pada hari kedua, Minggu (29/04/2018) kemeriahan dengan event Unity Run. Ajang lomba lari dengan panjang lintasan 6,3 km itu dimulai pada pukul 05.00 WIB. Oleh karena itu, sejak pukul 04.00 WIB Jln. Asia Afrika juga ditutup hingga pukul 12.00 WIB.