Review

Mie Kocok SKM, Kuliner Legendaris di Bandung Favorit Wisatawan




Mie Kocok SKM Jalan Sunda Bandung

Nama Mie Kocok SKM di Jln. Sunda, Bandung termasuk kuliner legendaris yang sudah ada sejak tahun 1970-an. Tak heran bila wisatawan yang sudah biasa berkunjung ke Bandung kerap menyempatkan untuk mencicipi sajian mie kocok di kawasan dekat Pasar Kosambi ini. Lokasinya sendiri di Jln. Sunda No.38, Kb. Pisang, Sumur Bandung dekat dengan Jln. Veteran. Untuk lebih jelas, silakan cari lokasi Mie Kocok SKM di Google Maps.

Bila Anda dari arah Pasar Kosambi, ambil ke arah ke Simpang Lima lalu belok kanan ke arah Jln. Sunda. Awalnya mie kocok legendaris ini berada di Jln. Sunda No 87 kemudian pada tahun 1990 pindah ke Jln. Sunda no. 38. Mie Kocok SKM yang buka dari pukul 10.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB.

Nama SKM sendiri diambil dari pemilik dan pendiri yakni Sukirman. Yang bikin Mie Kocok SKM jadi favorit para pemburu wisata kuliner di Bandung yakni memiliki warna kuah yang agak kuning. Warna tersebut berasal dari bumbu rempah-rempah yang diberikan. Tampilan tersebut memang yang membedakannya bumbunya, dimana rasanya seperti soto. Tak heran bila pelanggan yang sering ke sini menyebutnya soto Mie Kocok.

Adapun teknik memasaknya pun terbilang berbeda. Ponijah, pengelola sekarang, memasak tulang dan tapal kaki sapi yang sebelumnya dibelah dua agar sumsum dalam tulang tersebut melumer untuk menjaga aroma kaldu. Tak hanya itu, ditambahkan pula kunyit, ketumbar, tenggiri, serta bawang putih untuk menambah rasa serta bau dari kuah mie kocok ini.

Sementara kualitas kikil pada mie kocok di sini direbus cukup lama, sehingga saat dimakan akan terasa kenyal dan lembut di lidah. Memang kikil yang disajikan mie kocok SKM ini merupakan yang terlembut dibandingkan kikil lainnya. Kikil lebih banyak pada porsi spesial mie kocok spesial di sini.

Untuk harganya Rp 35.000 untuk Mie Kocok SKM Spesial dan Rp 25.000 untuk Mie Kocok SKM biasa.Adapun kebanyakan pelanggan yang datang ke tempatnya tersebut didominasi oleh mereka yang sudah laam berlangganan sejak dulu. Tak jarang para selebritas dan tokoh pun banyak yang berkunjung ke sini. Begitu pula para wisatawan dari Malaysia, Singapura, dan Timur Tengah.

Mie Kocok SKM
Jln. Sunda No.38, Kel. Kebon Pisang, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung
Telepon:(022) 4201582
Jam buka: pukul 11.00–20.00