Review

Batagor H Darto, Kuliner Legendaris di Simpang Dago




Batagor H Darto Dago Bandung

Bila Anda ingin menjajal kuliner legendaris di Bandung, bisa mencicipi kuliner ini. Lokasinya di Jln. Ir. H. Juanda tak jauh dari Simpang Dago ke arah utara, tepatnya di dekat Kedai Pempek Haur Mekar dan tidak jauh dari McDonald's Dago. Di kawasan tersebut memang dikenal sebagai sentra kuliner, salah satu yang terkenal adalah pusatnya para penjual es shanghai. Sementara Batagor H Darto yang ada di kawasan ini sudah dikenal sejak tahun 1980-an dan jadi tempat kuliner favorit warga Bandung dan wisatawan.

Kedai Batagor H Darto ini berada di Jalan Ir H Djuanda No 200, Lebakgede, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat.  Kedainya sendiri menempati salah satu bangunan ruko dengan areal cukup luas.

Sang perintis dan pemilik Darto Wahab, telah meninggal pada tahun 2010. H Darto sendiri mewariskan usaha ini kepada anak-anaknya. Untuk menyajikan batagor ini, mereka sama sekali tidak menggunakan resep rahasia dan bumbu khusus. Adapun bahan utama yang sering digunakan adalah daging ikan tenggiri, tepung aci, dan tahu yang berkualitas. Resep batagor tersebut secara turun temurun terus dipertahankan hingga sekarang.  Tak heran, dari segi cita rasa maupun menu yang ditawarkan tetap sama hingga kini.

Bahan baso tahu goreng ini menggunakan tepung aci yang berbahan ikan tenggiri yang dilumuri saus kacang. Sementara cara membuatnya biasa-biasa aja dimana bahan tahu yang telah dicampurkan dengan ikan tenggiri di dalamnya, lalu dibentuk menyerupai persegi panjang. Setelah itu digoreng dalam minyak panas selama beberapa menit hingga matang.

Namun untuk urusan rasa, batagor H Darto memang mantap luar biasa. Ketika dicicipi, asin tenggiri, pedas, manis, gurih, bercampur menjadi satu dengan lumuran bumbu kacang yang mantap. Selain itu, bumbu kacangnya juga memiliki tingkat kepedasan yang berbeda, agar disesuaikan dengan selera pelanggan.

Di sini, Anda dapat memesan lima jenis menu batagor, yakni batagor kering, batagor kuah, batagor babat, batagor ceker, dan batagor bakso. Sementara dari segi harga yang ditawarkan sangat terjangkau mulai Rp 8.000 sampai Rp 16.000 tergantung banyaknya porsi yang dipesan. Dalam sehari, Kedai Batagor H Darto biasa menjual batagor hingga 1500 potong. Selain batagor, di sini ini juga tersedia mie/yamien bakso

Batagor H Darto
Jl. Ir. H.Djuanda No.200 (Simpang Dago), Lebakgede, Coblong, Kota Bandung
Telepon: 0896-2441-8880