Review

Wisata Memotret Keindahan Pemandangan Alam di Cukul Pangalengan




Sunrise Point Cukul Pangalengan

Bagi Anda traveller yang suka menjelajah tempat-tempat baru dan jarang dikunjungi wisatawan pada umumnya, kawasan Pangalengan ke arah jalur Garut selatan bisa coba dirambah. Memang, untuk menyambangi kawasan wisata alam perbukitan ini dibutuhkan nyali, waktu, dan tenaga. Selain jalurnya yang menantang juga diperlukan kesiapan waktu perjalanan yang lumayan. Salah satu lokasinya wisata seperti ini yang kini jadi buruan wisatawan ada di kawasan Cukul, Pangalengan.

Perjalanan Anda dari jalur Bandung - Baleendah - Banjaran - Pangalengan - Cukul akan terbayar lunas dengan sajian panorama alam yang sangat indah. Tak heran bila kawasan di ketinggian Bandung Selatan ini kini jadi buruan para wisatawan luar kota, terutama yang hobi memotret. Salah satu spot wisata alam yang ada di kawasan ini yakni Puncak Giri. Pengunjung bisa  menikmati sunrise dengan sajian kesejukan alam pegunungan di pagi hari yang menghijau.

Puncak Giri atau lebih dikenal dengan nama Sunrise Point Cukul. Lokasinya di Jalan Cukul, Sukaluyu, Pangalengan, Kab Bandung. Untuk mencapai tempat ini, Anda bisa subuh hari sekitar jam 5 pagi berangkat ke Cukul dari Coffee Shop Gunung Tilu-Pangalengan, sekitar 15 km dari Sunrise Point Cukul dan memakan waktu tempuh 30 menit.

Kondisi jalannya sendiri berkelok-kelok namun dengan kondisi yang mulus. Namun dari angle lain, pemandangan jalan berkelok-kelok inilah biasanya yang jadi objek memotret favorit. Hanya dibutuhkan konsentrasi, kehati-hatian, dan kendaraan prima. Akan lebih asyik lagi bila Anda dan teman-teman menjajal tempat ini dengan touring ngabring naik motor. Pemandangan sepanjang jalan menuju Cukul akan membuat traveler terpesona dan berdecak kagum.

Sepanjang perjalanan Anda bisa melewati kawasan wisata yang ngehits di Pangalengan seperti Situ Cileunca; hamparan kebun teh yang menyerupai bukit Teletubbies; dan tentunya ke arah Puncak Giri berada sebelum Villa Jerman. Anda bisa parkir di seberang jalan dan jalan kaki sejauh 100 meter melewati perkebunan teh untuk mencapai gerbang Puncak Giri. Untuk tiketnya hanya Rp 5.000. Di sini pun ada rumah pohon, hammock, juga beberapa spot lain buat berfoto selfie.