Review

Event Little Bandung Expo 2 Akan Digelar di BEC pada 10 - 13 Mei 2018




Little Bandung Expo 2018

Pada Kamis s.d. Minggu, 10 - 13 Mei 2018, Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kota Bandung akan menggelar Little Bandung Expo 2. Event ini bakal digelar di Bandung Electronic Center (BEC) Jln. Purnawarman, Bandung. Event ini akan menjadi ajang promosi produk bagi seluruh pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Kota Bandung.

“Disdagin Kota Bandung saat ini sedang melakukan branding terhadap produk-produk UKM melalui program yang dinamakan ‘Little Bandung’,” ungkap Kepala Disdagin Kota Bandung, Eric M. Atthauriq pada acara Bandung Menjawab yang diselenggarakan Bagian Humas Kota Bandung, Kamis (3/5/2018), di Taman Sejarah Balai Kota, Jln. Aceh, Kota Bandung.

Tak hanya sebagai ajang promo produk-produk UKM, pada Little Bandung Expo 2 juga akan digelar talk show dan lomba desain produk kerajinan crafting yang diikuti oleh pelaku UKM dari semua kecamatan di Kota Bandung.

Aneka produk bermutu dan telah lolos kurasi tim Little Bandung akan dipamerkan di event ini. Saat ini, telah ada 150 produk yang telah masuk ke dalam katalog Little Bandung. Sementara itu, masih ada 6.000 produk yang masih dalam tahap pembinaan. Disdagin memberikan pendampingan menyeluruh, mulai dari desain kemasan, sertifikasi halal, hingga pembuatan hak cipta.

“Produk harus melalui proses peningkatan produk agar lolos kurasi, baru bisa masuk ke katalog. Jika yang baru-baru, kita ikutsertakan pada kompetisi nasional, seperti kemarin di Inacraft di Jakarta,” imbuh Eric.

Eric menambahkan, Little Bandung tengah berusaha untuk menambah jumlah gerai di luar negeri. Saat ini, telah ada di Malaysia, Sydney, dan Korea Selatan. Pihaknya sedang finalisasi untuk membuka gerai di Amerika Latin.

Produk-produk Kota Bandung dipasarkan dalam berbagai metode. Strategi yang paling umum adalah Little Bandung Store dengan membuka toko khusus Little Bandung. Ada pula Little Bandung Wall yang memajang produk di salah satu dinding restoran lokal di luar negeri. “Ada juga Little Bandung Mobile. Kalau itu bentuknya pameran, 3-5 hari. Ada juga yang sampai 30 hari,” ucap Eric. (Humas Pemkot Bandung)