Review

HUT ke-377, Pemkab Bandung Gelar Sabilulumpat Color Run 2018




Sabilulumpat Color Run 2018

Pemkab Bandung kembali akan menggelar event Sabilulumpat Color Run 2018. Event lomba lari ini akan digelar pada Minggu, 6 Mei 2018. Sabilulumpat Color Run 2018 merupakan agenda yang digelar Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten dalam rangkaian peringatan Hari Jadi ke-377. Kali ini, Sabilulumpat 2018 akan diwarnai beragam aksi sosial, dipenuhi dengan nuansa kekeluargaan dan kebaikan.

Bukan saja atmosfer euphoria kegembiraan saat berlari, ditaburi tepung warna warni yang penuh dengan keceriaan. Sebagai peserta, masyarakat yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia itu, ikut terlibat memberikan donasi 10% dari setiap uang pendaftaran sebesar Rp. 50.000,-.

Kegiatan sosial
Kepala Disparbud Kabupaten Bandung, Agus Firman Zaini mengungkapkan, event Sabilulungan Color Run 2018 kali ini ingin membudayakan kepedulian sosial terhadap sesama. Sebagai event tahunan lanjutnya, pada rangkaian acara peringatan Hari Jadi Kabupaten Bandung tersebut diharapkan bisa menebarkan kebahagian dan kebaikan kepada seluruh masyarakat.

“Event kali ini bukan hanya euphoria kegembiraan saja, tapi kita ingin semua kalangan masyarakat bisa merasakan keceriaan nanti. 10% dari hasil pendaftaran akan diberikan kepada anak yatim, jadi semua yang menjadi peserta di acara Sabilulumpat adalah penyumbang. Mudah-mudahan berkah dan manfaat bagi penerima,” ungkapnya saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (3/5/20180.

Kemudian, Kepala Bidang Promosi Pariwisata Disparbud Kabupaten Bandung Vena Andriawan menambahkan, selain pemberiaan donasi kepada anak yatim, akan dilakukan juga penggalangan dana hingga penyediaan pengobatan gratis untuk masyarakat.

‘’Sebagian pendaftar, yang mendaftar online atau offline, menyertakan istri, anak hingga kakeknya, semuanya menjadi donatur. Dan ini akan kita mendatangkan pahala untuk kita. Jadi meskipun terkesan penuh dengan hiburan, tapi tetap memiliki nilai ibadah dan kebaikan,’’ucap Vena Andriawan.

Hingga H-3, jumlah pendaftar sudah mencapai 1.300 orang kata dia. Tak hanya pendaftar asal Kabupaten Bandung, sebagian pendaftar juga berasal dari Bekasi, Jakarta hingga Yogyakarta. Melihat banyaknya pendaftar yang terdiri dari satu keluarga, pihaknya akan menyediakan play ground buat anak-anak.

Cara daftar Sabilulumpat Color Run 2018
Ditambahkan Vena, pihaknya optimis pendaftar hingga H-1 bisa mencapai 3.000 orang. Untuk mempermudah pendaftaran, Disparbud membuka pendaftaran online melalui www.sabilulumpatcolorrun.com. “Sedangkan secara offline, Disparbud membuka pendaftaran di 30 store Indomaret se-Bandung Raya, kantor BJB Cabang Soreang, dan kantor Disparbud Kabupaten Bandung,” ujarnya.

Dia menguraikan, dari uang pendaftaran Sabilulumpat Color Run 2018 ini sebesar Rp 50.000. Peserta memperoleh race pack yang terdiri dari kaos eksklusif, kaca mata sport dan tepung warna, yang nantinya akan menghiasi keceriaan di event Sabilulumpat Color Run tahun ini.

Peserta pun, tambah Vena, akan memperoleh kesempatan meraih doorprize berupa 1 Paket Umroh Gratis, 2 voucher diskon rumah total Rp 60 juta, 2 sepeda motor, 4 sepeda gunung, 1 LCD TV dan voucher menginap di Hotel Sutan Radja.

“Acara Sabilulumpat ini berupa fun run sepanjang 4,5 Km yang akan ditaburi tepung warna warni. Grup band papan atas ‘Govinda’ akan memeriahkan acara ini dibarengi grup Cremona. Saya berharap Sabilulumpat Color Run jadi event rutin kabupaten bandung bahkan jadi event nasional,’’jelas Vena.

Dengaan demikian, kata Vena masyarakat bisa segera mendaftarkan diri, bukan hanya sebagai peserta, tetapi ikut menjadi donator dalam aksi sosial. Pihaknya akan memastikan pelaksanaan event Sabilulumpat Color Run, pada 2019 nanti akan terulang bahkan lebih baik.

“Tentu saja dengan antusias masyarakat peserta dari tahun ke tahun, event ini akan kita agendakan lagi, dengan kemasan yang lebih menarik dan bermanfaat, ayo segera daftar, batas hingga tanggal 5 Mei 2018,” pungkasnya.

Kepada para pengguna kendaraan harap menghindari Jln. Al-Fathu, mulai dari arah keluar jalan tol sampai dengan perempatan lampu merah (pukul 06.00 s.d. 13.00 WIB). Adapun rute alternatif yang bisa dilewati pengguna kendaraan adalah: Jln. Terusan Soreang Cipatik - Jln. Laswi - Jln. Pasantren - Jln. Terusan Kopo Soreang. (Kominfo Setda Pemkab Bandung)