Review

SMK Negeri 3 Bandung, Menyiapkan SDM Unggul dalam Bisnis Era Kekinian




Profil SMKN 3 Bandung

SMK Negeri 3 Bandung pada tahun 1960 sampai dengan tahun 1997 lebih dikenal dengan SMEA Negeri 2 Bandung. Pada awal berdirinya, SMEA Negeri 2 Bandung berlokasi di Jln. Wastukencana No. 3. Seiring berjalannya waktu, kini lokasi SMEA Negeri 2 Bandung yang telah berubah nama menjadi SMKN Negeri 3 Bandung berlokasi di Jln. Solontongan No. 10, Buah Batu, Bandung.

SMK Negeri 3 Bandung yang lebih dikenal dengan bendera SMEA Negeri 2 Bandung, telah banyak jalan yang dilintasi  melalui perubahan  dari satu era ke era yang lain. Bahtera ini didirikan pada tanggal 1 Agustus 1960 dengan Surat Keputusan Nomor 1820/B.3/Kep.Dep. P dan K/1960. Pertama berdiri di jalan Wastukancana No. 3 menempati gedung SMEA Negeri 1.

Kemudian pada tahun 1966 membuka filial (kelas jauh) di Jln. Pajagalan  (sekarang SMK Profita). pada tahun 1968 SMA Koperasi yang menempati gedung di jalan Buah Batu No. 135 dibubarkan dan selanjutnya sebagian siswa SMEA Negeri 2 pada waktu itu ditempatkan di gedung tersebut (sekarang SMK Bina Warga).

Berganti tahun peminat semakin bertambah sehingga memerlukan gedung tersendiri, maka pada tahun 1972, Pemerintah memberikan sebidang tanah seluas 13.330 meter persegi yang berlokasi di daerah Kelurahan Cijagra (setelah pemekaran, sekarang termasuk dalam wilayah Kelurahan Turangga).

SMK Negeri 3 Bandung memiliki lima jurusan yang bisa dipilih oleh calon peserta didiknya. Jurusan Administrasi Perkantoran (AP), Pemasaran, Akuntansi, Pariwisata dan Multimedia. Jurusan di SMK Negeri 3 Bandung sangat pas bagi generasi milenial yang dituntut siap menghadapi persaingan bisnis era kekinian.

Salah satu program studi yang ada di SMKN 3 Bandung ini yakni Multimedia, yang selalu menjadi pilihan bagi calon siswanya itu. Sesuai dengan namanya, jurusan ini mencetak SDM unggul di bidang digital dimana siswa dituntut jadi kreator dan inovator dengan segala kreasinya. Siswa bisa belajar fotografi, videografi, desain multimedia, animasi, pengolahan citra digintal, pemograman web, pengolahan audio video, pemograman web, pemograman dasar, dan lainnya.

Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi, audio dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link), sehingga pengguna dapat melakukan navigasi, berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia informatika.

Dan jurusan lain yang jadi favorit adalah Pariwisata. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), kurang lebih 83.000 siswa Indonesia lulus setiap tahun dari berbagai jurusan yang digawangi oleh bidang ini. Perspektif bersenang-senang dan berwisata, menjadikan bidang ini laris manis di kalangan siswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke SMK. Selain itu, banyaknya SMK pariwisata berkualitas juga menjadi alasan mudahnya memilih sekolah dan mengakses pendidikan pariwisata.

Bidang pariwisata sendiri secara umum merupakan aktivitas, pelayanan dan produk hasil industri pariwisata yang mampu menciptakan pengalaman perjalanan bagi wisatawan. Pariwisata adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan wisata, termasuk pengusahaan objek dan daya tarik wisata serta usaha-usaha yang berkaitan dengan bidang tersebut.

Di era kekinian, bidang pariwisata semakin berkembang lagi dengan peran teknologi yang meruntuhkan batas-batas wilayah. Pemanfaatan internet untuk melakukan online booking dan kegiatan pemasaran bikin bidang pariwisata jadi primadona baru dalam urusan pendapatan negara.

SMK Negeri 3 Bandung
Jalan Solontongan No.10, RT 3/RW 6, Turangga, Lengkong, Kota Bandung, Jawa Barat 40264
Telepon: (022) 7305529
Website: http://www.smkn3bandung.sch.id

Info lainnya seputar Pendidikan Bidang Pariwisata di Bandung LIHAT DI SINI