Review

SMK Pariwisata Telkom Bandung, Mencetak SDM Ahli Bidang Wisata




SMK Pariwisata Telkom Bandung

Lokasi sekolah kejuruan ini berada di pusat kota Bandung, tak jauh dari Pasar Buku Palasari. SMK Pariwisata Telkom Bandung dulu dikenal dengan SMK Pariwisata Sandhy Putra. Sekolah ini menjadi salah satu sekolah kejuruan favorit di Kota Bandung. Merunut sejarahnya, pada tahun 1950an gedung SMK Pariwisata Sandhy Putra Bandung sebelum digunakan untuk sekolah adalah sebagai asrama Jawatan P.T.T (Jawatan Pos, Telegraf dan Telepon.

Sekolah Menengah Industri Pariwisata (SMIP) Sandhy Putra Bandung dengan alamat Jln. Palasari no. 1 dengan menempati gedung milik PT Telkom yang telah dihibahkan pada Yayasan Sandhykara Putra Telkom untuk dipergunakan sebagai tempat pendidikan.

Pendiri dan pemilik SMIP Sandhy Putra Bandung adalah Yayasan Sandhykara Putra Telkom, yaitu sebuah yayasan yang didirikan oleh istri-istri para karyawan PT Telekomunikasi Indonesia. Sekolah Menengah Industri Pariwisata Sandhy Putra Bandung diresmikan pada tanggal 3 Januari 1990, oleh Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi yang pada saat itu dijabat oleh Soesilo Soedarman.

Tiga program keahlian
SMIP Sandhy Putra Bandung merupakan sekolah kejuruan bidang keahlian pariwisata di Jawa Barat dengan memiliki tiga program keahlian diantaranya; program Usaha Jasa Pariwisata (UJP) yang sekarang menjadi Usaha Perjalanan Wisata (UPW), program Akomodasi Perhotelan (AP) dan program Tata Boga (TB). Pada persiapan berdirinya SMIP Sandhy Putra Bandung ini mengacu kepada STPB (Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung), baik sarana praktik maupun pengajar mata diklat kejuruannya.

Untuk pengajar umum tenaga kami adalah lulusan UPI dan perguruan tinggi lainnya. Dalam tahun 1991 SMIP Sandhy Putra mendapat kehormatan untuk menjadi penyelenggara Musyawarah Nasional SMIP seluruh Indonesia. Berdasarkan SK Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Depdikbud RI nomor 488/C/Kep/I/92 tanggal 31 Desember 1992, SMIP Sandhy Putra memperoleh status Akreditasi "DISAMAKAN", yaitu status tertinggi untuk sekolah swasta. Dengan status tersebut SMIP Sandhy Putra Bandung berhak menyeleng-garakan EBTA/EBTANAS bagi SMIP-SMIP lainnyaa di Jawa Barat yang berstatus TERDAFTAR.

Dalam operasinya SMIP Sandhy Putra Bandung secara administratif dibawah naungan Yayasan Sandhykara Putra Telkom, sedangkaan teknis kependidikannya dibina oleh Depdikbud, dalam hal ini Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Barat, khususnya bidang pendidikan kejuruan, sedangkan hubungan secara tidak langsung adalah dengan STPB dan Departemen Pariwisata Seni dan Budaya.

Mencetak SDM ahli bidang wisata
Sebagian para lulusan sekolah ini telah memasuki lapangan kerja di berbagai hotel berbintang, restoran, biro perjalanan, maskapai penerbangan, pelayaran, wirausaha dan sebagian lagi melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Pada tanggal 7 Maret 1997 ada perubahan nomenklatur SMIP (Sekolah Menengah Industri Pariwisata) berubah menjadi SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 036/0/1997, sejak saat itu SMIP Sandhy Putra Bandung menjadi SMK Pariwisata Sandhy Putra Bandung.

SMK Pariwisata Sandhy Putra Bandung sudah memperoleh status 3 kali Akreditasi, pada tahun 2003, tahun 2008 dan pada tahun 2013. Ketiga status tersebut menyandang predikat Memuaskan yaitu dengan nilai Akreditasi "A".

Program keahlian:
1. Program Usaha Perjalanan Wisata
2. Akomodasi Perhotelan
3. Tata Boga

SMK Pariwisata Telkom
Jln. Palasari No. 1 RT 05 RW 06, Kel. Lingkar Selatan, Kec. Lengkong Kota Bandung 40263
Telp. 022-7301568 Fax. 022-7319875
Webs: http://smkpariwisatatelkom.sch.id
Email: info@smkpariwisatatelkom.sch.id / smkpariwisatatelkom@gmail.com

Info lainnya seputar Pendidikan Bidang Pariwisata di Bandung LIHAT DI SINI