Review

Pool, Rute, dan Tarif Bus DAMRI ke Bandara Kertajati




Jadwal dan tarif Bus DAMRI ke Bandara Kertajati

DAMRI menjadi layanan transporasi darat menjadi moda pertama yang langsung terintegrasi dengan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka. Peresmian trayek bus DAMRI ke Bandara BIJB Kertajati telah dilaksanakan pada Selasa, 5 Juni 2018. Untuk awal operasional, bus DAMRI melayani penumpang dari Kota Bandung, Cirebon, Kuningan, dan Cikarang. Untuk pool bus DAMRI di Bandung berangkat dari Jln. Kebon Kawung (dekat Stasiun Bandung/pool pusat DAMRI).

Berikut ini rute dan tarif DAMRI menuju Bandara BIJB Kertajati:
‎1. Bandung (Kebon Kawung) - Bandara BIJB: Rp75.000
2. Cirebon (Terminal Harjamukti) - Bandara BIJB: Rp40.000
3. Kuningan (Terminal Kertawangunan) - Bandara BIJB: Rp50.000
4. Cikarang (Terminal Cikarang) - Bandara BIJB: Rp60.000

Peresmian trayek bus DAMRI tersebut dibuka dengan prosesi gunting pita dan pelepasan bus yang pergi ke empat kota tujuan tersebut. Hadir dalam peresmian Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat Dedi Taufik, Direktur Utama Perum DAMRI  Setia N Milatia Moemin, dan Direktur Utama PT BIJB Virda Dimas Ekaputra.

Bandung dan Cirebon sebagai pangsa pasar yang cukup besar‎ menjadi pengguna transportasi udara mulai dilayani diawal penerbangan komersil perdana yang dilakukan pada Jumat, 8 Juni 2018. Untuk Bandung titik keberangkatan berawal di Kebon Kawung via Tol Cipali yang berangkat langsung ke Kertajati. Sedangkan Cirebon, DAMRI  akan start dari Terminal Harjamukti.

Adapun waktu pemberangkatan DAMRI saat ini akan menyesuaikan dengan jadwal penerbangan. Kehadiran DAMRI ini menjadi solusi terintegrasinya Bandara Kertajati dengan masyarakat diberbagai daerah Jawa Barat yang ingin menggunakan transportasi udara. Dengan adanya layanan tersebut tentu ini akan mempermudah masyarakat.

Untuk menuju Kertajati Tol Cipali masih menjadi andalan masyarakat. Tol terpanjang di Indonesia saat ini mengakomodir masyarakat Bandung Raya, Purwakarta , Subang sampai dan Bogor dan sekitarnya. Hadirnya Tol Cisumdawu pada 2020 tentu akan semakin mempermudah masyarakat di selatan Jawa Barat menuju Kertajati.

Dengan dibukanya rute Kertajati ke berbagai daerah bisa menjadi triger untuk pengusaha bus lainnya. Sebab Bandara Kertajati yang akan melayani sekitar 5,6 juta penumpang ‎per tahunnya akan terus bertambah untuk menunjang kebutuhan konektivitas.

Kontak layanan bus DAMRI:
- Hello DAMRI: 1500825
- Hotline service (Bandung): 0852 8189 1331