Review

STP NHI Bandung dan PT dari Amerika Kembangkan Wisata Kab. Bandung




Pengembangan Jelekong dan Alam Endah

Wilayah Kabupaten Bandung memiliki potensi wisata seni budaya yang patut dikembangan yang bisa menarik para wisatawan. Nama Kampung Seni Jelekong dan Desa Alam Endah adalah contohnya. Untuk mendukung program pengembangan wisata di Kabupaten Bandung tersebut, Sekolah Tinggi Pariwisata NHI Bandung (STP NHI Bandung) berkolaborasi dengan The George Washington University. Kerja sama dilakukan dengan melakukan penelitian mengenai pengembangan pariwisata budaya dan homestay di kedua tempat wisata tersebut.

Pemilihan kedua tempat tersebut diyakini menjadi respresentatif pengelolaan desa wisata di Kabupaten Bandung.  Pelaksanaan pengumpulan data penelitian secara efektif dilakukan pada 25 hingga 29 Juni 2018. Kemudian, pelaksanaan seminar akan dilaksanakan pada hari Jumat (28/6) bertempat di Gedung Ciremai, STP NHI Bandung yang akan dihadiri oleh tim ahli budayawan serta perwakilan daerah dari Kampung Seni Jelekong dan Desa Alam Endah.

Pembahasan pengelolaan homestay akan mengacu pada kriteria ASEAN Homestay Standard yang terdiri sembilan indikator yaitu Host, Accomodation, Activities, Management, Location, Hygiene and Cleanliness, Safety and Security, Marketing and Promotion dan Sustainability Principles. Sementara itu, pembahasan wisata budaya akan dilakukan dengan pendekatan dari sisi promosi, fasilitas serta memotret nilai – nilai budaya agar desa wisata memiliki daya saing.

Kawasan Kampung Seni Jelekong yang terletak di Desa Jelekong. Kec. Baleendah Kab Bandung, kawasan ini merupakan salah satu destinasi Wisata Seni dan Budaya yang cukup terkenal di Jawa Barat. Yang menjadi daya tarik dari kawasan ini pergelaran seni Wayang Golek yang dibawakan dalang-dalang dari Padepokan Seni Giri Harja. Jelekong juga terkenal sebagai tempat pembuatan lukisan yang cukup terkenal di Bandung. Keahlian para seniman lukis ini diwariskan secara turun temurun dari seniman lukis.

Sementara Alam Endah adalah desa di Kecamatan Rancabali, Kab. Bandung. Kawasan ini merupakan salah satu desa agronomi termaju dan terpadat di Kec. Rancabali dengan mayoritas mata pencaharian penduduknya petani dan pedagang. Selain itu Alam Endah dikenal dengan wisata alam, wisata religi, dan agrowisata.