Review

Inilah Tempat-Tempat Wisata Dekat Kampus Telkom University




Tempat wisata dekat Telkom University

Telkom University( Tel-U) lokasinya di di Jalan Telekomunikasi - Terusan Buahbatu, kawasan Bandung Technoplex (BT-Plex). Kampus yang punya jurusan-jurusan seputar teknologi kekinian dan bisnis ini termasuk kampus prestisius di Bandung. Tak heran bila banyak lulusan sekolah menengah atas yang punya cita-cita masuk ke kampus di kawasan Jln. Bojongsoang ini. Mahasiswanya pun banyak yang dari luar kota Bandung hingga luar pulau Jawa.

Yups, kita gak ngebahas profil kampunsya namun dari sisi wisatanya yang ada di sekitaran kampus ini. Untuk posisinya, area kampus ini walau berada di kawasan Bandung Selatan (Kab. Bandung) namun terhitung sangat strategis dan lebih dekat dengan perbatasan Kab. Bandung. Lokasinya sangat mudah dijangkau dari arah keluar tol Buah Batu. Juga banyak alternatif jalan dari sini, seperti ke Jln. Bojongsoang, Jln. Dayeuh Kolot, Jln. Buah Batu, dan lainnya.

Kehadiran Telkom University pun turut mendongkrak perkembangan perekonomian dan bisnis di sekitarnya. Umumnya kawasan kampus, tentunya pula ragam usaha penunjang mahasiswa bertebaran di sini, dari kos-kosan, tempat fotokopian, tempat kuliner, laundry, warnet/games, sampai perumahan dan apartemen. Adanya Telkom University turut mengubah wajah kawasan Sukabirus, Bojongsoang, dan lainnya.

Berikut ini beberapa tempat wisata yang mudah diakses dari Telkom University:

1. Wisata Kolam Renang
Beberapa tempat wisata kolam renang (waterboom) yang bisa langsung dijangkau dari sini, salah satunya Panghegar Waterboom. Dari arah Telkom Universiti masuk Jln. Mengger ke arah Perumahan Batununggal, tepatnya dekat jembatan tol Mengger. Dari Panghegar Waterboom, Anda bisa menyambangi dulu Pasar Nostalgia Bandoeng. Lokasinya di Pasar Moderen Batununggal yang ada pool bus Primajasa ke Bandara..

Tempat renang yang lain yang bisa diakses dari sini ada Bikasoga di Jln. Suryalaya, Buah Batu. Di sana pun ada taman bermain anak. Rutenya, dari Telkom Universty ke arah Jln. Bojongsoang - Jln. Terusan Buah Batu - stopan Buah Batu (perempatan) - terus ke arah Jln. Buah Batu. Dekat Griya Yogya Buah Batu belok kiri ke Jln. Suryalaya.

Sementara untuk tempat wisata renang lainnya ada kolam renang Alhayu di dekat Pasar Baleendah. Dari keluar Telkom University arah Jalan Bojongsoang - Jln. Cijagra (jembatan Citarum) - Simpang Siliwangi - belok kanan ke arah Pasar Baleendah.

2. Wisata Bandung Selatan
Dari area Telkom University pun bisa wisata ke daerah Bandung Selatan. Salah satunya yang sedang ngehits Batu Kincir Mountain Breeze yang lokasinya di Baleendah menuju Banjaran. Di sini ada restoran atas bukit dengan view yang sangat indah. Tak jauh dari sini, ada juga wisata alam Tektona Waterpak / Kampung Batu Malakasari. Ini merupakan wisata danau, outbond, dan kolam renang yang paling luas di kawasan Bandung Selatan.

Dari arah Baleendah bisa langsung ke Banjaran. Di Banjaran, Anda bisa mencicipi rujak legendaris yakni Rujak Ciherang. Letaknya di Jln. Raya Banjaran - Soreang. Di sepanjang jalan ini pun banyak tempat wisata kuliner yang sudah terkenal dari dulu, seperti Riung Panyaungan dan Kampoeng Sawah. Bila ingin berenang, ada juga Nirwana Waterpark di Soreang. Dari jalan ini Anda akan langsung ke Pasar Soreang yang berlanjut ke kawasan wisata alam Ciwidey.

3. Wisata Belanja dan Kuliner
Untuk belanja, biasanya di kawasan Telkom University biasa ada pasar kaget setiap hari Minggu pagi. Sementara untuk kuliner, banyak tempat penjual makanan yang ngehits di kawasan ini. Salah satunya di sepanjang Jln. Bojongsoang yang dekat dengan Telkom University.

Tempat lainnya bisa jadi pilihan, berikut beberapa di antaranya:

a. Sentra Sepatu Cibaduyut
Dari arah Telkom University ke arah kiri menuju stopan Buah Batu. Lalu ke kiri lagi ke arah barat menyusuri Jln. Soekarno-Hatta (By Pass) ke arah Terminal Leuwipanjang. Di perempatan sebelum Terminal Leuwipanjang (patung sepatu) belok kiri ke Cibaduyut.

b. Wisata belanja dan kuliner seputaran Buah Batu
Bagi yang ingin belanja busana muslimah, dari Telkom University melewati Jln. Bojongsoang - Jln. Terusan Buah Batu ke arah stopan Buah Batu (perempatan) lalu lurus ke arah Buah Batu. Di sini berjejer toko-toko yang menjual busana muslimah seperti Shafira, Rabbani, dan lain-lain. Di sini pun ada distro terkenal di Bandung yakni Greenlight yang produknya di-endorse oleh Ariel Noah. Letaknya tak jauh dari toko buku Toga Mas.

Sementara untuk makanan, banyak berjejer di Buah Batu. Dari toko kue Kartika Sari, Prima Rasa, RM Ampera, Gepuk Ny. Ong, Warunk Upnormal, Bread Legend, hingga kuliner modern seperti KFC, Pizza Hut, Recheese, Domino's Pizza, J-Co, dan lainnya. Bila masih ingin menjajal kuliner lainnya, dari Jalan Buah Batu bisa langsung ke Jalan Burangrang yang terkenal sebagai sentra kuliner pusat kota Bandung.

Bagi Anda yang baru menginjakkan kaki di Bandung dan kuliah di Telkom University, bisa lebih jauh mengeksplor beberapa kawasan wisata dan area lainnya. Berikut ini beberapa tipsnya:
▪ Untuk angkutan umum, disarankan naik angkutan online seperti ojek online atau taksi online. Kawasan Telkom University termasuk "area basah" bagi pelaku layanan transportasi online. Untuk angkutan kota memang ada jurusan Buah Batu - Dayeuhkolot. Akan lebih nyaman memang menggunakan kendaraan pribadi (mobil atau motor).
▪ Untuk kosan banyak di daerah Sukabirus, Mengger, dan Bojongsoang. Anda bisa menyewa per kamar atau rumah. Di sini ada banyak perumahan seperti di kawasan Cikoneng dan Bojongsoang.
▪ Di kawasan Cikoneng masih banyak area persawahan. Sangat cocok bagi Anda yang suka bersepeda. Lintasan di Cikoneng biasa jadi tempat favorit bersepedanya urang Bandung.
▪ Bagi yang ingin wisata ke Ciwidey, rute terdekat dari Telkom University yakni ke Jln. Bojongsoang ▪ Dayeuhkolot/Baleendah - jalur alternatif Banjaran - Soreang - Ciwidey.
▪ Bagi yang ingin wisata ke kawasan Lembang, rute dari Telkom University yakni ke Jln. Bojongsoang - Jln. Buah Batu - sampai ke arah Jln. Setia Budhi (Ledeng) - Lembang
▪ Bagi yang hobi kemping, ada lokasi kemping di kawasan Gunung Puntang. Untuk rutenya dari Telkom University: Jln. Bojongsoang - Dayeuhkolot/Baleendah - Teminal Banjaran - Cimaung - Gunung Puntang.
▪ Untuk ke tempat wisata Pangalengan, rutenya dari arah Telkom University: Jln. Bojongsoang - Dayeuhkolot/Baleendah - Banjaran - Pangalengan.
▪ Bagi yang ingin main ke tempat wisata pantai di kawasan Garut Selatan (Pantai Santolo, Sayang Heulang, dan lainnya) bisa mencoba touring dengan jalur dari Telkom University - Jln. Bojongsoang - Dayeuhkolot/Baleendah - Banjaran - Pangalengan - Cukul - Garut selatan. Ini merupakan jalan alternatif yang hanya bisa ditempuh beberapa jam dibanding harus lewat ke kota Garut dulu.
▪ Untuk akses ke angkutan umum:
- Ke Terminal Leuwipanjang naik angkot Dayeuhkolot - Buah Batu, turun di stopan - naik angkot Cicaheum - Cibaduyut
- Ada juga layanan travel di dekat SPBU Jln. Terusan Buah Batu.
- ke Bandara Soekarno Hatta naik bus Primajasa dari Pasar Modern Batununggal. Untuk ke Pasar Moderen Batununggal bisa naik layanan transportasi online atau angkot jurusan Mengger - Kebon Kalapa, berhenti di jembatan Batununggal tinggal jalan kaki sedikit ke arah pool Primajasa.
▪ Untuk oleh-oleh makanan bisa beli di dekat Yogya Bojongsoang atau Bolu Susu Lembang di dekat belokan Perumahan Pesona Bali (arah ke pertigaan Bojongsoang).