Review

Tempat Event Pameran dan Pertunjukan Musik di Bandung




Gedung tempat event di Bandung

Event yang diselenggarakan di Bandung tak sedikit yang menarik kunjungan wisatawan. Event-event yang diselenggarakan di beberapa titik di Bandung Raya biasa diselenggarakan dalam momen tertentu atau pun sudah menjadi kegiatan rutin. Di Bandung, ada beberapa tempat yang biasa dijadikan arena event, dari pameran, pentas musik, sampai acara seni budaya. Berikut ini di antaranya:

1. Sasana Budaya Ganesha (Sabuga)
Gedung ini terletak di utara area Kampus ITB Jln. Tamansari, merupakan sebuah pusat konvensi dengan luas 22.000 m² ini dibangun tahun 1997. Pertama kali gedung ini digunakan untuk kegiatan wisuda dan akademik Institut Teknologi Bandung (ITB). Sabuga dirancang untuk acara multiguna seperti pertunjukan seni, konser musik, konferensi dan pameran. Sabuga memiliki total 6 ruang pertemuan lengkap, peralatan pendukung termasuk multimedia. Auditorium utama dapat menampung sebanyak 2.500 orang.

Alamat: Jln. Taman Sari No. 73 Bandung
Email: info@sabugacenter.com
Telepon: (022)2511561/62/63
Website: www.sabugacenter.com

2.  Graha Manggala Siliwangi
Merupakan Convention hall yang terletak di Jln.  Aceh no. 66 Bandnug Jawa Barat. Gedung ini berada satu komplek dan bersebelahan dengan stadion Siliwangi Bandung. Berada di kawasan yang strategis karena berada di pusat kota berdekatan dengan pusat perbelanjaan dan kantor pemerintahan.

Untuk hall pameran luas keseluruhan Convention Hall Graha Manggala Siliwangi adalah 1800 m2 dengan ketinggian langit-langit 6 m dapat menampung 2500 dengan standing style. Loading Dock Area seluas 216 m2 berada di bagian kanan gedung. Sementara area parkir seluas 2.190 m2 dan dapat menampung 100 mobil. Apabila tempat parkir dirasa kurang, bisa menggunakan area lapang tenis dan area parkir stadion Siliwangi. Nomor kontak: (022) 4202160.

3. Bandung Convention Center
Gedung untuk penyelenggaraan event ini terletak di Jalan Soekarno Hatta 354. Gedung ini biasa dijadikan kegiatan MICE  (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition / Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran).

Phone: + 62 22 9169 7200 / 95087794
E-mail: info@bcc.co.id
Website: www.bcc.co.id

4. Gedung Landmark
Lokasi gedung di Jln. Braga ini biasa dijadikan tempat pameran dan wedding. Salah satu kegiatan event yang rutin digelar di sini adalah Pameran Buku Ikapi Jawa Barat. Gedung ini sudah ada sejak tahun 1922 dan merupakan rancangan arsitek Belanda, C.P. Wolff Schoemaker.

Awal dibangun, gedung Landmark berfungsi sebagai toko buku dan percetakan Van Dorp. Sekitar tahun 1970-an, toko buku ini kemudian beralih fungsi menjadi sebuah bioskop. Setelah bioskop tersebut tutup, bangunan ini beralih fungsi menjadi sebuah gedung serba guna bernama Landmark Convention Center. Telepon: (022) 4233291.

5. Taman Budaya Jawa Barat (Dago Tea House)
Di Taman Budaya Jawa Barat biasa ditampilkan berbagai pagelaran kesenian khas Jawa Barat, terutama pada malam Minggu. Dago Tea House terletak di kawasan Dago pada ketinggian 600 meter dari permukaan laut. Udara yang sejuk membuat pengunjung betah bersantai dan menikmati makanan dan minuman di sini. Karena berfungsi sebagai Balai Pengelolaan Taman Budaya Jawa Barat, maka di sini juga tersedia sanggar tari. Tempat ini digunakan sebagai pusat latihan tari Jawa Barat termasuk Jaipongan.

Di area ini ada gedung utama yang terbuka. Dulunya digunakan sebagai Restoran Dago Tea House. Memiliki panggung dengan kapasitas tempat duduk yang mampu menampung hingga 1200 penonton. Untuk tempat duduk penonton terdiri atas dua buah tribun, yaitu tribun atas dan tribun bawah. Telepon: (022) 2501642.

6. Bale Asri Pusdai
Lokasinya di Jl. Diponegoro no 63,  arah timur Gedung Sate. Bale Asri Pusdai merupakan gedung serbaguna yang berada di komplek Pusat Dakwah Indonesia (Pusdai)yang berada di bawah naungan pemprov Jawa Barat. Lokasi yang berada di pusat kota membuat Pusdai dinilai memiliki posisi yang strategis untuk di jadikan tempat penyelenggaraan event seperti wedding, bazzar, dan pertunjukan.

Hall pameran seluas 1200 m2 dengan tinggi atap 8 meter dengan kapasitas Bale Asri PUSDAI dapat menampung sekitar 1500 orang. Untuk selasar seluas 300 m2 dengan ketinggian atap 3 meter. Bale Asri PUSDAI memiliki beberapa ruangan pendukung seperti gudang dengan luas sekitar 200 m2 dan tempat cuci, ruang saji, toilet, ruang rias dengan total luas 400 m2. Bale Asri PUSDAI memiliki loading dock area dengan luas 128 m2. Bale asri Pusdai memiliki lahan parkir seluas 10.015 m2 dengan dapat mennampung sekitar 500 mobil dan 750 motor. Telepon: (022) 7217531.

7. Padepokan Seni Mayang Sunda
Gedung Padepokan Seni Mayang Sunda (PSMS) lokasinya di Peta No 209 Bandung. Tidak jauh dari Festival Citylink, dan Pasar Burung Sukahaji. Jika dari arah Tegallega, gedung ini berada dari sebelah kiri. Sedangkan kalau dari arah Pasirkoja harus memutar dulu cukup jauh. Gedung itu sangat mudah dicari karena tepat berada di tepi Jalan Peta.

Tempat ini difungsikan menjadi tempat pertunjukan seni budaya Sunda diskusi, aneka seni permalam Minggu dan event-event yang lainnya. Dengan bobot 70% seni tradisi, dan 30% seni kontemporer. Telepon: (022) 6034514.

8. Balai Sartika
Balai Sartika Convention Hall berlokasi di kawasan Buah Batu, Jl. Suryalaya Indah No.1-3, Cijagra, Lengkong, Kota Bandung. Merupakan salah satu gedung pertemuan terkemuka dan terletak di pusat kota di Bandung Selatan. Tampilan arsitektur gedung yang megah, design interior modern dan minimalis dilengkapi tata pencahayaan dan pendingin ruangan yang sejuk menjadikan gedung pertemuan Balai Sartika sebagai destinasi perhelatan event. Telepon: Website: bikasoga.com.

9. Eldorado
Beralamat di Jl. Setiabudi, Gudangkahuripan, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Sebagai penyedia tempat untuk penyelenggaraan Event, ELDORADO memiliki tempat terbesar dan  sejuk yang berada di kawasan Bandung utara. Telepon: (022) 2011666. Website: www.eldorado.co.id.