Review

ITB Ultra Marathon 170 Km Akan Digelar 12-14 Oktober 2018




ITB Ultra Marathon 2018

ITB Ultra Marathon adalah lomba lari yang digagas oleh Institut Teknologi Bandung (ITB) untuk merayakan HUT ke-100 ITB. Kegiatan ini kembali akan digelar tahun ini dimana direncanakan berlangsung setiap tahun. Untuk tahun 2018 ini, ITB Ultra Marathon memasuki gelaran ke-2 nya setelah sebelumnya digelar pertama kali di tahun 2017.

Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya telah beraudiensi dengan panitia ITB Ultra Marathon yang terdiri atas Susilo Siswo Utomo – Ketua Umum Yayasan Solidarity Forever, dan Hari Tjahjini – Sekretaris Yayasan Solidarity Forever beserta panitia lain.

Audiensi membahas pelaksanaan kegiatan Ultra Marathon 170 km Jakarta-Bandung yang rencananya akan dilaksanakan pada 12-14 Oktober 2018. Menpar menyampaikan pesan agar media value menjadi modal utama dalam pelaksanaan sport tourism, hal ini diutamakan agar pelaksanaan kegiatan sport tourism dapat self finance dan sustainable.

Pada event yang digelar pada 2017 lalu, ITB Ultra Marathon bekerjasama dengan Yayasan Solidarity Forever dan BNI bertajuk 'BNI ITB Ultra Marathon'.  Para pelari ultra marathon berlari dari Jakarta menuju Kampus ITB di Bandung sejauh 170 km pada tanggal 13-15 Oktober 2017.

Pada tahun kemarin, kegiatan tersebut diselenggarakan untuk memperingati 75 tahun pendidikan teknik mesin di ITB dan juga untuk menyambut ulang tahun ITB yang ke-100 ini. Selain itu, kegiatan ini juga digelar  untuk menggalang kepedulian dan rasa memiliki alumni ITB pada almamaternya.

Lomba lari marathon sepanjang 170 km ini  merupakan simbolisasi perjalanan panjang dan melelahkan dari para alumni ITB ketika menyelesaikan studinya di ITB dengan sistem pendidikan yang spartan. Jakarta dipilih karena sebagai ibukota negara Jakarta adalah simbol Indonesia, yang mewakili mahasiswa ITB yang berasal dari seluruh wilayah nusantara.

Pada event ITB Ultra Marathon 2017, ada 3 kategori kegiatan yang diadakan, yaitu lomba (berhadiah), festival dan Fun Run. Kategori lomba dibuka untuk umum, sedangkan untuk kategori festival hanya untuk alumni ITB dan para sponsor. Sementara untuk Fun Run juga terbuka untuk umum. Untuk kategori lomba lanjut Susilo ada 3 jenis lomba yaitu solo run 170 km putra dan putri; relay 2x85 km campuran dan relay 4x42,5 km campuran. Sementara untuk kategori festival, ada 2 jenis acara yaitu relay 8x21 km dan relay 16x10,7 km.

Titik start ITB Ultra Marathon 2017 waktu itu Kantor Pusat BNI di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta menuju Kampus ITB di Jalan Ganesha, Bandung, Jawa Barat. Para pelari kemduian menyusuri rute Jakarta - Bogor - Puncak  - Cianjur - Cipatat - Padalarang - Bandun dan finish di kampus ITB.