Review

Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Unpad Gelar Digital Innovation Summit 2018




Dies Natalis FEB Unpad 2018

Dalam rangka Dies Natalis FEB Unpad ke-61, Menteri Pariwisata bersama dengan Menteri Komunikasi dan Informasi menghadiri acara Digital Innovation Summit FEB Unpad di Aula Graha Sanusi Hardjadinata, Kampus Universitas Padjadjaran, Dipatiukur, Bandung pada Jumat, 21 September 2018. Acara ini menghadirkan sekira 1.000 peserta yang bergerak di bidang ekosistem digital.

Pada acara ini diluncurkan Digital Talent Scholarship 2018 yaitu program beasiswa pelatihan intensif bagi 1000 orang yang ingin mengembangkan bisnis start-up, kolaborasi antara universitas terbaik di Indonesia, seperti Unpad, ITB, ITS, UGM, dan UI, serta didukung sertifikat keahlian dari Microsoft Indonesia.

Menpar menjabarkan tentang strategi meningkatkan performansi Pariwisata Indonesia, yaitu dengan Deregulasi, dan Digital!! Menpar menyampaikan berbagai promosi Pariwisata Indonesia di media digital seperti TripAdvisor, Google, CTrip, dll.

Menpar juga menyampaikan Kemenpar telah menginisiasi Wonderful Start-up Academy untuk menginkubasi Tourism Start-up di Indonesia! Menpar mendorong para peserta agar bergabung.

Menpar juga menegaskan kunci keberhasilan start-up hingga 95%, yaitu:
1. Sell First, Then Buy
2. Buat Ekosistem
3. Join The Winner

Terkait peringatan Dies Natalis FEB Unpad, terdapat sejumlah rangkaian kegiatan. Pre-event berupa Digital Marketing Training pada 12-14 September 2018 yang diikuti oleh 500 peserta. Selanjutnya, pada 21 September 2018 juga digelar FEB Nite yang merupakan malam apresiasi bagi dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan alumni FEB Unpad.

Juga sebagai bagian dari kegiatan Digital Innovation Summit, dilakukan juga peluncuran 1000 Digital Talents Scholarship, yang digelar Kominfo bersama lima perguruan tinggi di Indonesia, yaitu Unpad, ITB, UI, ITS, dan UGM. Program pendidikan dilaksanakan selama dua bulan, dimana peserta akan mempelajari sejumlah materi terkait kompetensi yang dibutuhkan dalam menghadai revolusi industri 4.0. Silabus pun telah disiapkan dengan melibatkan sejumlah perusahaan teknologi besar saat ini. Kegiatan lainnya juga dilaksanakan program “IndonesiaNEXT”, sebuah gelaran tahunan dari Telkomsel.