Riung Panyaungan, Rumah Makan Pilemburan di Bandung Selatan




RM Riung Panyaungan Jalan Banjaran - Soreang

Rumah makan yang berdiri sejak 1997 ini layak menjadi salah satu tempat kuliner yang wajib Anda sambangi. Lokasinya yang genaheun alias nyaman untuk makan dan kumpul-kumpul menjadi kelebihan tersendiri. Begitu pula saat tim Wisata Bandung beberapa kali mendatangi tempat ini, suasana yang nyaman dan santai begitu terasa. Sambil menunggu pesanan makanan datang, kita bisa melihat ikan-ikan yang ada di kolam-kolam bawah saung. Suasana resik begitu terasa di rumah makan yang terletak di Jln. Raya Banjaran-Soreang, tepatnya di daerah Ciherang ini.

Lokasinya yang berada di dekat persawahan menyajikan udara nan sejuk. Kita bisa memandang perbukitan yang menghias Bandung selatan dan tentunya menikmati aneka makanan khas pedesaan. Beragam menu yang disajikan di sini terbilang komplit dan rasanya mantap pisan. Pengunjung bisa pesan bakar/goreng, ayam bakar/goreng, nasi tutug oncom, nasi timbel, dan sebagainya. Untuk pilihan menu ikan menjadi andalan di sini. Anda bisa memesan ikan mas, nila, atau gurame bakar/goreng. Tinggal Anda memilih untuk porsi sendirian atau rame-rame.

Aneka Menu Riung Panyaungan
Bumbunya pun bisa memilih: bumbu cobek, bumbu asam manis, sambal ijo, bumbu rujak, atau bumbu acar. Untuk ikan gurame atau nila, bisa pesan ukuran kecil, sedang, atau besar. Harganya dari Rp45 ribuan sampai Rp60 ribuan. Ada juga ikan bawal dengan pilihan ukuran kecil, sedang, dan besar dengan harga masing-masing Rp32 ribu, Rp42 ribu, dan 52 ribu.

Bagi yang senang sate, ada sajian sate ayam, sate kambing, dan sate sapi. Harga per porsinya 30 - 35 ribu. Untuk yang senang sajian berkuah ada aneka sop. Untuk sop, andalan di sini ada sop Panyaungan (ayam dan sapi). Sementara lainnya ada sop babat, sop iga bakar, dan sop kambing hingga tongseng. Menu sop ini dibanderol dari harga Rp27 - Rp32 ribuan. Bagi yang suka lele atau belut dengan olahan digoreng atau dicobek, bisa coba di sini. Bahkan, di sini pun tersedia hidangan seafood seperti cumi dan udang.

Tentunya pula sajian khas Sunda merupakan ciri khas rumah makan ini. Dengan lokasi di ala pilemburan, makan aneka menu khas Sunda akan makin terasa. Bagi yang suka sayuran, ada lalap-lalapan yang pas dicoel dengan sambal dadak khas Riung Panyaungan. Hidangan lainnya ada karedok, pencok leunca,  ulukutek leunca, cah kangung, juga capcay. Menu andalan khas lembur lain yang patut dicoba bareng-bareng ada nasi liwet komplit (nasi liwet, ayam goreng, pindang telor, ikan asin, cabe gendot, dan lainnya). 

Untuk sajian minuman sangat lengkap. Anda bisa memesan aneka jus (float), es campur, es sanghai, kopi krim, kopi hitam, kopi susu, susu murni, capucino float, es jeruk, bandrek, dan sebagainya. Bagi yang suka ngemil, ada pula sajian pisang keju dan tahu peletok. Semua sajian bisa dinikmati sambil lesehan di saung. 

Rumah makan ini cocok bagi yang bawa keluarga, ngumpul bareng teman-teman, arisan, gathering, atau merayakan ulang tahun. Anda bisa ngadaweung di saung-saung sambil lesehan menikmati kolam-kolam atau beranjak sedikit keluar area rumah makan untuk melihat persawahan yang membentang luas. Untuk saung pun dapat menampung banyak orang. Tempat ini pun view-nya juga cocok buat foto-foto.  Untuk fasilitas lain ada mushola, toilet, taman bermain anak, dan area parkir yang cukup luas.

Akses RM Riung Panyaungan
Ruman makan ini terletak di antara Jln. Soreang - Banjaran. Bagi Anda warga luar Bandung yang sedang liburan ke daerah Ciwidey, bisa mencoba mampir ke tempat ini. Dari Ciwidey terus ke arah Soreang dan ambil jalan lurus menuju Jln. Raya Soreang - Banjaran. Pulangnya, Anda bisa kembali lagi ke arah Soreang - Sayati - gerbang tol Kopo. Atau bisa bablas ke arah Terminal Banjaran - Baleendah - Dayeuhkolot - dari Dayeuhkolot bisa terus ke arah gerbang tol Moh. Toha atau ambil jalan jalur kanan ke arah Jln. Bojongsoang - gerbang tol Buah Batu.

Rumah Makan Riung Panyaungan
Jln. Soreang - Banjaran Km 2 Ciherang, Banjaran, Kab. Bandung
Telepon: (022) 5944545
Jam buka:  pukul 07.00 - 21.00 WIB

-----------

Baca info-info wisatabdg.com lainnya di GOOGLE NEWS