Contoh Pidato Perpisahan Sekolah dalam Bahasa Sunda Beserta Artinya




Contoh Naskah Pidato Perpisahan Sekolah dalam Bahasa Sunda

Perpisahan sekolah merupakan momen yang takkan mungkin dilupakan oleh kebanyakan orang. Ini adalah waktu dimana terakhir kalinya kita bersama teman-teman, guru, dan petugas sekolah lainnya bersama dalam satu acara. Perpisahan tersebut adalah siswa yang duduk di kelas 6 (SD), kelas IX (SMP), ataupun kelas XII (SMA).

Bagi kamu yang ada di Tatar Sunda, mungkin suatu waktu ada yang diminta berdiri di atas panggung untuk menyampaikan sambutan paturay tineung (perpisahan) dalam bahasa Sunda. Jika kamu ingin belajar biantara (pidato) perpisahan dalam bahasa Sunda, naskah pidato bahasa Sunda berikut ini mungkin bisa menjadi referensi.

Untuk pidato bahasa Sunda sendiri terdiri dari bagian bubuka (pembuka), eusi (isi), dan panutup (penutup), berikut ini contohnya. Untuk  mengunduh naskah (Ms.Word) silakan lihat di paling bawah artikel ini.

Bismilaahirrohmanirrohiim,
Assalaamual'aikum wr. wb.


Langkung ti payun sim kuring ngahaturkeun hatur nuhun ka pihak panitia anu parantos masihan waktos kanggo sasanggem dina ieu acara. Hapunten anu kasuhun, saupami dina ieu biantara aya pisanggem anu kirang merenah, boh basana boh tata kramana.

Bapa Kapala Sakola miwah Bapa sareng Ibu Guru, katut para sepuh nu hadir di ieu tempat,
Kitu deui sakumna réréncangan sakola sadaya anu dipikacinta,

Dinten ieu, dina raraga paturay tineung murid kelas genep/salapan/dua belas, tipayun mangga urang sasarengan nyanggakeun puji sinareng sukur ka Gusti Nu Maha Suci, réh maparinan taufik sareng hidayah-Na, dugi ka danget ieu urang sadaya aya dina séhat wal afiat. Pamugi ku kasumpingan urang sadaya kénging ridho ti Alloh SWT.

Solawat sinareng kasalametan mugia dilélérkeun ka jungjunan urang sadaya Nabi Muhammad SAW., ku jasa mantenna anu parantos maparin patwa ka urang sadaya dugi ka terang mana anu haq sareng mana anu bathil. Mugia urang sadaya kalebet umat anu taat kana ajaran mantenna.

Bapa sareng Ibu Guru,sareng réréncangan sakola sadaya anu dipikacinta,
Sim kuring atas nami wakil murid kelas genep/salapan/dua belas, seja ngadugikeun katineung, kedal lisan dina raraga paturay tineung. Bapa sinareng ibu guru anu dipikacinta, cunduk waktu ninggang mangsa, teu karaos sim kuring saparakanca diatik dididik sagalaning elmu pangaweruh anu teu kinten seueurna jasa bapa miwah ibu guru sadaya. Sim kuring sadar yén salami tilu taun tos tinangtos seueur ngalakukeun hal-hal anu matak musingkeun sareng pikakeuheuleun. Kumargi sakitu, sim kuring saparakanca seja neda sih hapuntenna tina samudayaning kalepatan.

Kalih ti éta sim kuring saparakanca seja neda pidua ka bapa, ibu guru supados tiasa neraskeun diajar ka sakola nu langkung luhur. Teu hilap ka adi-adi sadaya nu masih kénéh aya di bangku sakola, mugi sing getol diajar, sareng sing taat kana piwuruk bapa sareng ibu guru. Kitu ogé ka almamater urang sadaya, mugia sakola ieu sing langkung nanjeur ku préstasi-préstasina katut pangeusina diharepkeun sing tiasa ngajagi ngaran ieu sakola.

Bapa, ibu guru, sadaya nu sami hadir nu dipikacinta.
Sakitu biantara ti sim kuring,  mung sakitu anu kasuhun. Ieu biantara bade dipungkas waé ku sisindiran:

Saninten buah saninten
dipilih di parapatan
Hapunten abdi hapunten
bilih seueur kalepatan

Wabillahi taufik walhidayah
Wassalaamu'alaikum wr. wb.


Terjemahan dalam Bahasa Indonesia:

Bismilaahirrohmanir rohim,
Assalaamualaikum wr. wb.

Sebelumnya, saya mengucapkan terima kasih kepada pihak panitia yang sudah memberikan waktu kepada saya untuk menyampaikan sambutan di acara ini. Saya mengucapkan maaf jika dalam pidato ini ada ucapan yang kurang sesuai, baik bahasa maupun tatakrama.

Bapak Kepala Sekolah juga Bapak dan Ibu Guru, juga para orang tua yang hadir di tempat ini,
Begitu juga teman-teman satu sekolah yang saya cintai,

Hari ini, dalam rangka perpisahan siswa kelas VI/kelas IX/Kelas XII, sebelumnya mari kita bersama-sama memanjatkan puji dan syukur ke Hadirat Tuhan Yang Maha Suci, karena Dia-lah yang telah memberikan taufik dan hidayah-Nya, sehingga sampai sekarang kita semua sehat wal afiiat. Semoga kehadiran kita semua di sini mendapat rido dari Allah SWT.

Solawat dan keselamatan semoga dihaturkan kepada Nabi kita semua Nabi Muhammad SAW, berkat jasa beilau yang sudah memberikan fatwa kepada kita semua sehingga mengetahui mana yang haq dan mana yang bathil. Semoga kita semua termasuk kepada umat yang taat kepada ajaran beliau.

Bapak dan Ibu Guru, serta teman-teman semua yang saya cintai,
Saya atas nama wakil kelas VI/kelas IX/kelas XII, berniat menyampaikan rasa rindu, melalui lisan dalam rangka perpisahan ini. Bapa dan Ibu Guru yang saya cintai, waktu perpisahan akhirnya tiba, tidak teras saya dan teman-teman diajar dan dididik segala ilmu dan pengetahuan yang tidak sedikit jasa dari Bapa serta Ibu guru semua. Saya sadar bahwa selama menempuh pendidikan di sekolah ini tentunya banyak melakukan hal-hal yang kerap memusingkan dan membuat jengkel Ibu Bapa Guru. Oleh karena itu, kami dan teman-teman menghaturkan minta maaf yang tiada terhingga atas segala kesalahan.

Selain itu, kami dan teman-teman semua meminta do'a kepada Bapa dan Ibu Guru semoga kami bisa melanjutkan sekolah ke pendidikan yang lebih tinggi. Tidak lupa juga kepada adik-adik yang masih duduk di bangku sekolah ini, semoga lebih rajin belajar, serta taat kepada nasihat Bapak dan Ibu Guru.

Bapak, Ibu Guru, dan semua hadirin yang saya cintai.
Demikian pidato dari saya, lebih-kurangnya saya meminta maaf.

Wabillahi taufik walhidayah
Wassalaamu'alaikum wr. wb.



-----------

Baca info-info wisatabdg.com lainnya di GOOGLE NEWS