Review

Spot Wisata Instagramable Kawasan Stadion GBLA dan Masjid Raya Al-Jabbar Gedebage

share to whatsapp



Rute mudah ke GBLA dan Masjid Al Jabbar Gedebage

Bila Anda yang senang foto-foto menggunakan kamera, smartphone, atau drone, kawasan Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) dan Masjid Raya Al-Jabbar milik Pemprov Jabar di kawasan Rancanumpang, Gedebage, bisa jadi pilihan. Kemegahan bangunan GBLA dan Masjid Al-Jabbar jadi spot yang instagramable banget. Berada di area terbuka dan dekat dengan area persawahan, pemandangan di sini sangat bagus untuk foto-foto.

GBLA sendiri biasa jadi tempat pertandingan Persib di Liga 1 juga pertandingan-pertandingan lain yang berskala nasional maupun internasional. Lokasinya persis dekat dengan jalan tol Purbaleunyi di kawasan Gedebage. Stadion ini di desain berstandar internasional,dimana dilengkapi dengan lapangan sepak bola, atletik, kantor, sirkulasi, tribun atap full keliling, servis, e-board, scoring board dan kursinya tahan api dengan kursi merk berstandar dunia.

Gedungnya berlantai 4 dengan luas ruangan 72.000 meter persegi sehingga kalau ditotal dengan fasilitas pendukung lain dapat mencapai 40 hektare. Untuk gerbang masuk ke stadion ditandai dengan nama warna, dari Gerbang Merah, Gerbang Biru, dan lainnya. Stadion ini diresmikan pada 10 Mei 2019  oleh Wali kota Bandung waktu itu, Dada Rosada. Selain itu, acara peresmian juga dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Wakil Gubernur Dede Yusuf, Wakil Wali kota Bandung Ayi Vivananda.

Sementara Masjid Al-Jabbar lokasinya tak jauh dari GBLA ke arah utara. Masjid yang masih dalam tahap pembangunan ini selain memiliki bangunan yang mewah, di sekelilingna dibangun kolam retensi dengan ukuran luas juga infrastruktur lainnya. Di sinilah nanti bakal jadi titik pembangunan kereta api cepat juga sambungan tol Cileunyi - Garut - Tasik. Lokasi rel kereta api lama sendiri persis di seberang masjid ini.

Adapun untuk ke kedua lokasi bangunan megah tersebut sebetulnya bisa diakses dari keluar tol Gedebage, namun belum difungsikan. Adapun bagi Anda yang ingin ke sini, bisa dijangkau dari berbagai arah, di antaranya:

1. Dari arah Timur
Bila arah timur, dari Bundaran Cibiru melewati Jln. Soekarno-Hatta (By Pass) dan akses paling dekat, beloklah sebelum Polda Jabar (Jln. Cimincrang). Jaraknya hanya beberapa kilo menuju Masjid Al-Jabbar dan GBLA. Akses memakai mobil ataupun motor pun mudah karena jalannya lumayan lebar.

2. Dari arah Selatan
- Bisa dijangkau dari arah Ciparay menuju jalan Sapan/Derwati ke arah GBLA.
- Bila keluar tol Buah Batu, lewati Jln. Raya Bojongsoang masuk belok kiri ke arah Cikoneng terus saja sampai ke arah Jln. Sapan di dekat jembatan tol, belok ke arah Jln. SOR GBLA, terus saja susuri jalan ini sampai ke GBLA. Pulangnya bisa ke utara lewat Jln. Cimincrang - Jln. Soekarno-Hatta. Akses jalan ini cocok juga bagi yang senang gowes sepeda atau menggunakan motor dimana bisa menikmati pemandangan persawahan dengan arus kendaraan tidak ramai.
- Akses lain bisa dari arah keluar tol Buah Batu lalu putar balik masuk ke arah Pasar Kordon melewati Jln. Margacinta ke arah Sapan/Derwati. Di dekat jembatan tol, masuk ke Jln. SOR GBLA, terus saja susuri jalan ini sampai ke GBLA, untuk ke Masjid Al-Jabbar tinggal sedikit ke arah utara (rel kereta).

3. Akses Jln. Soekarno-Hatta
Bila dari arah barat Jln. Soekarno-Hatta, terus saja ke arah timur. Nanti putar balik di dekat Polda Jabar lalu belok kiri Jln. Cimincrang, Gedebage.

Buat yang mau foto-foto ke GBLA dan Masjid Al-Jabbar, disarankan saat cuaca cerah. Selain pemandangan kedua bangunan megah tersebut, area di sekitar sini pun bagus view-nya. Anda bisa melihat sekeliling Bandung yang dikelilingi Gunung. Salah satunya terlihat jelas pemandangan rangkaian pegunungan dari Gunung Manglayang di utara sampai Gunung Geulis di arah timur. Apalagi saat sore hari, pemandangan sunset di arah barat indah banget pokona mah. Hari Minggu pun di kawasan ini biasanya ramai dengan adanya pasar tumpah.