Review

Wisata Pendidikan ke Perguruan Tinggi Terkenal di Bandung



Kampus Terkenal di Bandung

Bagi Anda yang berasal dari luar kota Bandung, wisata ke Bandung bukan saja sekadar cari makanan atau berkunjung ke tempat-tempat wisata yang sedang ngehits. Ada aneka alternatif pilihan wisata Anda, salah satunya wisata pendidikan dengan berkunjung ke kampus-kampus terkenal di Bandung. Saat kunjungan, bukan sekadar selfie tapi juga bisa lebih dalam mengetahui profil, sejarah, hingga keunggulan kampus tersebut.

Ya, siapa tahu Anda suatu waktu kuliah di Bandung. Atau bagi Anda perantau yang sedang menempuh ilmu di salah satu perguruan tinggi di Bandung bisa lebih mengenal kampus-kampus hebat yang ada di Bandung. Berikut ini beberapa kampus-kampus yang terkenal di Bandung.

1. Kampus Institut Teknologi Bandung (ITB)
Inilah kampus yang sudah lama berdiri di Bandung yakni sejaka era kolonial Belanda. Kampus ini dikenal banyak mencetak tokoh berkaliber nasional hingga internasional.  Gedung-gedung utama kampus, yakni Aula Barat dan Aula Timur yang dirancangnya juga berusaha memasukkan nilai sense of identity dengan memadukan arsitektur tradisional dengan kemajuan teknologi konsturksi modern.

Technische Hoogeschool te Bandoeng (sering disingkat menjadi TH te Bandoeng, TH Bandung, atau THS) berdiri tanggal 3 Juli 1920 sebagai sekolah tinggi pertama di Hindia Belanda.  TH Bandung dibuka pertama kali dengan satu fakultas yaitu de Faculteit van Technische Wetenschap yang hanya mempunyai satu bagian yaitu de afdeeling der Weg- en Waterbouwkunde. Kampus ITB merupakan tempat di mana presiden Indonesia pertama, Soekarno, meraih gelar insinyurnya dalam bidang Teknik Sipil.

Selain ruangan kuliah, laboratorium, bengkel dan studio, ITB memiliki sebuah galeri seni yaitu Galeri Soemardja, fasilitas olahraga, dan sebuah Campus Center. Di dekat kampus juga terdapat Masjid Salman untuk beribadah dan aktivitas keagamaan umat Islam di ITB. Untuk mendukung pelaksanaan aktivitas akademik dan riset, terdapat fasilitas-fasilitas pendukung akademik, di antaranya Perpustakaan Pusat (dengan koleksi sekira 150.000 buku dan 1000 judul jurnal), Sarana Olah Raga, Sasana Budaya Ganesha, Pusat Bahasa, pusat layanan komputer (ComLabs). ITB juga memiliki Observatorium Bosscha (salah satu fasilitas dari Kelompok Keahlian Astronomi FMIPA), terletak 11 kilometer di sebelah utara Bandung.

2. Kampus Universitas Padjadjaran (Unpad)
Universitas Padjadjaran atau dikenal dengan singkatan Unpad merupakan salah satu perguruan tinggi negeri yang ada di Indonesia. Unpad berdiri pada 11 September 1957, dengan lokasi kampus di Bandung.

Pemilihan nama "Padjadjaran" yang digunakan diambil dari nama kerajaan Sunda, yaitu Kerajaan Padjadjaran, yang dipimpin oleh Raja Prabu Siliwangi atau Prabu Dewantaprana Sri Baduga Maharaja di Pakuan Padjadjaran (1473-1513 M).

Selain di Jln. Dipatiukur, kampus Unpad ada di kawasan Jatinangor. Kampus ini merupakan kampus utama yang terdiri dari Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Psikologi, Fakultas Keperawatan, Fakultas MIPA, Fakultas Peternakan, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Farmasi, Fakultas Teknik Geologi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Budaya, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

3. Kampus Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)
Universitas Pendidikan Indonesia( UPI)/dulu IKIP Bandung didirikan pada tanggal 20 Oktober 1954 di Bandung dan pusatnya berlokasi di Jln. Setia Budhi (Ledeng) Bandung. Ikon yang terkenal di sini ada bangunan peninggalan Belanda yakni Bumi Siliwangi yang dulunya adalah Villa Isola.

4. Kampus Unpar
Universitas Katolik Parahyangan atau dikenal dengan Unpar adalah salah satu perguruan tinggi swasta tertua dan paling prestisius di Indonesia yang terletak di kota Bandung. 7 Januari 1955 merupakan tonggak awal berdirinya sebuah perguruan tinggi yang sekarang dikenal dengan nama Universitas Katolik Parahyangan.

5. Kampus Unpas
Universitas Pasundan Bandung (Unpas) berdiri sejak tanggal 14 November 1960. Unpas memiliki Kampus di lima lokasi, yaitu di Jalan Lengkong Besar No. 68 (Kampus I), Jalan Tamansari No. 6-8 (Kampus II), Jalan Wartawan IV No. 22 (Kampus III), Jalan Dr. Setiabudhi No. 193 (Kampus IV), dan Jalan Sumatera No. 41 (Kampus V).

Keberadaan dan pengembangannya tidak lepas dari tujuan dan cita-cita Paguyuban Pasundan, sebagai organisasi induk yang lahir tahun 1913. Sehingga esensi dan eksistensinya tidak terlepas dari garapan pengabdian Paguyuban Pasundan terutama dalam turut mencerdaskan kehidupan dan kesejahteraan bangsa Indonesia.

6. Unisba
Universitas Islam Bandung (Unisba) adalah salah satu perguruan tinggi swasta di Jln. Tamansari, Kota Bandung. Perguruan tinggi ini lahir atas gagasan para tokoh umat Islam dan tuntutan masyarakat Jawa Barat akan adanya perguruan tinggi yang bernafaskan Islam dan melahirkan intelektual muslim.

Fasilitas layanan yang dimiliki oleh universitas dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa. Fasilitas tersebut meliputi ruang perkuliahan, perpustakaan, labolatorium, sistem informasi, layanan kesehatan, layanan pesantren dan pelatihan di kampus II Ciburial, dan fasilitas pendukung.

7. Telkom University
Universitas Telkom, atau disingkat Tel-U (Telkom University) adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Indonesia. Kampus utama Tel-U terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, tepatnya di Jalan Telekomunikasi - Terusan Buahbatu, di kawasan Bandung Technoplex (BT-Plex). Kampus lainnya berlokasi di daerah Gegerkalong Hilir, sebelah utara Kota Bandung, di kompleks perkantoran PT. Telkom (Telkom Innovation and Development Center dan Telkom Corporate University/Telkom Training Center).

Telkom University merupakan penggabungan dari empat institusi yang berada di bawah badan penyelenggara Yayasan Pendidikan Telkom (YPT), yaitu Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom).

8. Unikom
Universitas Komputer Indonesia (Unikom) secara resmi berdiri pada hari Selasa, tanggal 8 Agustus 2000. Fasilitas yang ada di kampus Jl. Dipatiukur no 114-116 Bandung ini cukup lengkap dari segi materi. Hampir semua hal ataup un kegiatan yang ada selalu disampaikan melalui jalur online. Mahasiswa juga bisa mengecek daftar nilai ujiannya melalui sebuah situs khusus.

Selain itu tersedia juga laboratorium sesuai dengan bidang studi masing-masing, dan sesuai dengan namanya sebagai PTS komputer pertama di Indonesia, maka mata kuliah software dan hardware dijadikan sebagai mata kuliah wajib selama para mahasiswa menuntut ilmu di UNIKOM.

Bagi yang gemar berinternet, Unikom menyediakan sebuah fasilitas internet gratis bernama Cybernet, di mana disana para mahasiswa bisa online secara gratis dengan fasilitas komputer yang sudah tersedia. Atau bisa juga mahasiswa membawa komputer laptop, karena UNIKOM juga menyediakan fasilitas Hotspot (WiFi).

9. Uninus
Universitas Islam Nusantara (Uninus) berdiri pada 30 November 1959. Saat kelahirannya bernama Universitas Nahdlatul Ulama (UNNU).  Uninus berlokasi di Jl. Soekarno-Hatta No.530, Buahbatu, Kota Bandung. Uninus mendapat perhatian masyarakat dari seluruh pelosok Tanah Air, sesuai dengan misi dan namanya sebagaimana tercermin dalam jumlah mahasiswanya yang datang dari beberapa negara ASEAN (Malaysia, Thailand, Brunei Darussalam). Walaupun kampus bernafaskan Islam, Uninus juga tidak menutup untuk kalangan non muslim yang mau melanjutkan pendidikan di Uninus.

10. UIN Bandung
Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati atau dikenal dengan nama UIN Bandung atau seringkali disingkat sebagai UIN SGD (dulu bernama IAIN Sunan Gunung Djati). Kampusnya terletak di Jalan A.H. Nasution No. 105, Cipadung, Cibiru, Kota Bandung.

Sejarah berdirinya Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung tidak lepas dari IAIN Sunan Gunung Djati Bandung karena UIN merupakan kelanjutan dan pengembangan dari IAIN Sunan Gunung Djati Bandung. IAIN Sunan Gunung Djati Bandung didirikan pada tanggal 8 April 1968.

11. Universitas Kristen Maranatha
Universitas Kristen Maranatha merupakan salah satu universitas yang didirikan agar para lulusan bisa menjadi seorang insan Kristen yang taat dan memiliki keterampilan serta pengetahuan yang mumpuni. Universitas Kristen Maranatha ini juga menjadi salah satu kampus swasta yang juga diburu oleh para calon mahasiswa di Kota Bandung.

Sejarah Universitas Kristen Maranatha dimulai pada tahun 1965. Gedung kampus pertama yang terletak di jalan Cihampelas, dibangun pada tahun 1970. Kemudian gedung kampus kedua mulai dibangun pada tahun 1983, berlokasi di Jln. Surya Sumantri. Hingga saat ini, pengembangan sarana dan prasarana perkuliahan terus dilakukan di area kampus kedua.

12. Universitas Widyatama
Universitas Widyatama berdiri pada 2 Agustus 2001. Lokasinya di Jl. Cikutra no 204 A Bandung. Universitas Widyatama merupakan penggabungan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bandung (STIEB), Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Bandung (STIBB), Sekolah Tinggi Teknologi Bandung Widyatama (STTW), Sekolah Tinggi Disain Komunikasi Visual (STDKV).

13. Itenas
Institut Teknologi Nasional (Itenas) adalah sebuah perguruan tinggi swasta di Kota Bandung. Itenas diresmikan pada tahun 1972.  Itenas memiliki tiga fakultas, yaitu Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, dan Fakultas Seni Rupa dan Desain. Kampusnya terletak di l. PKH. Mustopha No.23, Neglasari, Cibeunying Kaler, Kota Bandung.

14. Polban
Kampus ini terletak di Jl. Gegerkalong Hilir, Ds. Ciwaruga. Politeknik Negeri Bandung pada awalnya membuka Program Pendidikan Diploma (tiga tahun) dalam bidang teknik/rekayasa melalui SK Direktur Jendral Pendidikan Tinggi No. 03/DJ/Kep/1979 tanggal 27 Januari 1979, dan dinamakan Politeknik ITB karena berada dalam naungan Institut Teknologi Bandung (ITB) dengan 4 program studi dalam tiga jurusan yaitu Program studi Teknik Sipil (Jurusan Teknik Sipil); Program studi Teknik Mesin (Jurusan Teknik Mesin); Program studi Teknik Elektronika dan Teknik Listrik (Jurusan Teknik Elektro).

Politeknik Negeri Bandung memiliki 10 Jurusan, antara lain Jurusan Teknik Sipil, Jurusan Teknik Mesin, Jurusan Teknik Konversi Energi, Jurusan Refrigerasi & Tata Udara, Jurusan Teknik Elektro, Jurusan Teknik Kimia, Jurusan Teknik Komputer & Informatika, Jurusan Akuntansi, Jurusan Administrasi Niaga, dan Jurusan Bahasa Inggris.

15. NHI Bandung
Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung (STPB) merupakan perguruan tinggi yang berada di bawah naungan Kementerian Pariwisata, tapi secara teknis akademis sekolah ini dibina oleh Kementerian Pendidikan Nasional.

Cikal bakal Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung bermula dari didirikannya Sekolah Kejuruan Perhotelan (SKP) pada tahun 1959, yang merupakan sekolah kejuruan menengah atas kejuruan di bawah naungan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan pada tahun 1962, sekolah ini berubah menjadi sekolah kejuruan perhotelan dan perestoran (SKPP) di bawah Departemen Perhubungan Darat. Sekolah ini mempunyai tiga jurusan yaitu Jurusan Hospitaliti, Jurusan Kepariwisataan dan Jurusan Perjalanan.

16. Stiepar Yapari Aktripa
Berlokasi di Jln. Prof. Dr. Ir. Sutami No. 81-83 Bandung. Berdiri sejak 17 Agustus 1962, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pariwisata Yayasan Pariwisata Indonesia-Aktripa, merupakan Perguruan Tinggi Pariwisata Pertama/Tertua di Indonesia. Saat awal pendirian, perguruan tinggi pariwisata di kawasan Bandung Utara ini diberi nama Akademi Pendidikan Ahli Bahasa Asing (Apaba), namun karena dirasa perlu lebih fokus, maka tiga bulan berikutnya, 10 November 1962, namanya diubah menjadi Akademi Pariwisata (Akpari). Kemudian, Akademi Pariwisata ini pada tanggal 28 April 1964 diubah lagi namanya menjadi Akademi Industri Pariwisata (Aktripa).

Dari segi jenjang pendidikan, STIEPAR Yapari dapat dikategorikan sebagai pendidikan tinggi pariwisata. STIEPAR Yapari sekarang ini berkonsentrasi pada Jurusan/Program Studi Akomodasi/Perhotelan, dan Jurusan/Program Studi Usaha Perjalanan Wisata (Jenjang D-III), serta Jurusan/Program Studi Manajemen Kekhususan Manajemen Pariwisata (Jenjang S1/Sarjana).

Seluruh jurusan/program studi di STIEPAR Yapari telah terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Tinggi (BAN-PT). STIEPAR Yapari ini telah menghasilkan lulusan/alumni lebih dari 10.000 orang, yang tersebar di seluruh wilayah Nusantara, bahkan di luar negeri seperti di Malaysia, Singapura, Filipina, Brunei, Dubai, Kuwait, dsb.





share to whatsapp