Review

Lebih Dekat Mengenal Kawasan Wisata dan Belanja Jalan Cihampelas

share to whatsapp



Sejarah Jalan Cihampelas Bandung

Jalan Cihampelas, kawasan ikonik di Kota Bandung yang terkenal sebagai sentra belanja celana jeans. Kini, kawasan Jalan Cihampelas juga jadi tempat beli aneka produk lain, dari kaos, souvenir, sampai kuliner. Pusat bisnis pun bukan hanya toko-toko pakaian, namun mall, pool travel, hotel, rumah makan, hingga area publik Teras Cihampelas kini menghiasi kawasan ini.

Ingin mengenal lebih jauh kawasan Jalan Cihampelas? Berikut ini informasinya.

1. Cihampelas zaman Belanda 
Konon, nama Cihampelas berasal dari "Ci" dan "Hampelas". Umumnya nama geografis di Jawa Barat yang pakai "Ci" nama kawasan ini ditambaha "Hampelas" yakni nama jenis pohon yang daunnya kasar seperti ampelas. Di kawasan yang masuk perbukitan Bandung Utara ini dulunya masih didominasi area persawahan dan pohon-pohon yang rindang. Her Suganda dalam bukunya "Jendela Bandung" menjelaskan bahwa Cihampelas merupakan tempat hunian yang nyaman. Daerahnya tenang, udaranya segar.

Pada era kolonial Hindia Belanda, kawasan Cihampelas merupakan pemukiman orang Eropa, di mana gedung-gedung bergaya romantik Belanda banyak berdiri di kawasan itu. Dengan berakhirnya masa penjajahan, rumah tinggal di sana satu per satu berpindah tangan dan beralih fungsi jadi tempat bisnis terutama bisnis wisata.

2. Pemandian Cihampelas
Jarang banyak yang tahu bahwa di belakang Cihampelas Walk (Ciwalk) dulu pernah berdiri sebuah tempat pemandian atau kolam renang milik Belanda yang juga dinamai serupa, yaitu Pemandian Tjihampelas (Cihampelas menggunakan ejaan lama).

Pemandian Cihampelas yang Merupakan kolam renang pertama di Indonesia. Pemandian Cihampelas juga ikut berpengaruh terhadap sejarah terbentuknya Persatuan Renang Seluruh Indonesia. Kolam yang kini sudah dibongkar dan beralih fungsi ini pada 1900-an  merupakan kolam ikan milik Ny. Homan. Pada 1902-1904, Pemandian Cihampelas dibangun dan menjadi kolam renang pertama di Indonesia. Pemandian Cihampelas diperuntukkan hanya bagi orang Belanda, Eropa serta bangsawan dari kalangan pribumi 21 Maret 2009, Kolam Renang Tjihampelas dibongkar. Saat ini, lokasi tersebut berdiri apartemen The Jarddin.

3. Sentra jeans
Tahun 1987, seorang pengusaha mencoba untuk mendirikan sebuah toko jeans di kawasan Cihampelas. Karena harga jeans yang dijual masih tergolong mahal sehingga kurang menarik minat pembeli. Akhirnya para pengusaha memasarkan pakaian berbahan jeans dengan harga yang lebih murah. Setelah mendapatkan respon baik dari masyarakat, diikutilah oleh pengusaha lainnya sampai memadati jalan itu.

Daya tarik lainnya bagi para pengunjung adalah adanya dekorasi figur-figur tokoh fiksi berukuran raksasa yang menghiasi toko-toko di sepanjang jalan, seperti Spiderman dan Superman, serta menjadi pemandangan menakjubkan bagi anak-anak.

4. Mall Cihampelas Walk
Cihampelas terus berkembang. Bila dulu hanya pusat perbelanjaan jeans, sekarang sudah terdapat beragam produk fashion lainnya dan berubah menjadi kawasan factory outlet (FO) serta telah dipadati hotel, kafe, mall, serta pedagang kaki lima.

Salah satu tempat yang biasa dikunjungi wisatawan adalah Cihampelas Walk atau lebih dikenal dengan Ciwalk. Cihampelas Walk adalah salah satu pusat perbelanjaan mewah di Kota Bandung. Mall ini berdiri pada tahun 2004. Mall ini merupakan tempat berbelanja yang berbeda, bersih dan nyaman.

5. Teras Cihampelas
Teras Cihampelas akan diresmikan Sabtu 4 Februari 2017. Teras Cihampelas yang dibangun sejak September 2016 ini memiliki panjang 450 meter dan lebar 7 meter. Inovasi ini berdiri di atas Jalan Cihampelas. Selain diperuntukan untuk pejalan kaki, inovasi ini juga menampung 192 PKL Cihampelas yang biasa mangkal di pinggir jalan.

Beragam fasilitas juga telah tersedia mulai dari toilet, kursi, hingga musala, bahkan area pejalan kaki ini juga ramah bagi penyandang disabilitas. Tak hanya itu di Teras Cihampelas ini juga dibangun taman-taman mini.

6. Lokasi-lokasi wisata dekat Jalan Cihampelas
a. Teras Cikapundung
Lokasinya ke arah utara Cihampelas atau menuju Jln. Siliwangi yang nembus Jln. Dago. Teras Cikapundung lokasi persisnya terletak di Jalan Babakan Siliwangi, Kelurahan Cipaganti, Kecamatan Coblong, Kota Bandung. Tempat ini sendiri dibuka pertama kali untuk publik pada tanggal 31 Januari 2016 lalu dan kala itu diresmikan oleh Wali Kota Bandung dan Kementerian Pemuda dan Olahraga.

b. Forest Walk Babakan Siliwangi
Lokasinya tak jauh dari Teras Cikapundung. Tinggal jalan kaki saja ke arah timur yang terlihat Gedung Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) ITB. Letaknya memang berada persis di Gedung Sabuga. Hutan Kota Babakan Siliwangi dilengkapi dengan forest walk yang membentang di sepanjang hutan kota, sehingga akan memudahkan pengunjung dalam menjelajahi dan menikmati kesejukan hutan kota. Forest walk diresmikan oleh Walikota Bandung waktu itu yakni Ridwan Kamil pada tanggal 17 Januari 2018. Forest walk memiliki panjang 2,2 kilometer.

c. Kebun Binatang Bandung
Sebuah kawasan wisata dekat kampus ITB dengan luas hampir 14 hektare. Inilah Kebun Binatang Bandung yang terdapat di jantung Kota Bandung, dengan koleksi satwa yang menarik dan lingkungan hijau nan asri. Untuk tiket masuknya hanya Rp40.000. Kebun binatang ini kini sudah direvitalisasi sehingga sangat nyaman buat wisata keluarga.




share to whatsapp