Review

Fasilitas Terbaru dan Harga Tiket Museum Geologi Bandung Tahun 2020

share to whatsapp



HTM Museum Geologi Tahun 2020

Museum di Bandung yang tak jauh dari Gedung Sate ini dikenal sebagai destinasi wisata pendidikan. Museum Geologi biasa jadi tempat kunjungan wisata siswa-siswa sekolah dengan berombongan dalam karyawisata sekolah. Namun, museum di Jln. Diponegoro ini pun kini makin ngehits di kalangangan wisatawan umum. Pembenahan demi pembenahan terus dilakukan oleh pihak pengelola dan semakin memakin menarik minat pengunjung. Harga tiket masuknya pun sangat murah meriah.

Fasilitas terbaru Museum Geologi bulan Februari 2020
Di akhir Januari 2020, Museum Geologi Bandung menghadirkan fasilitas terbaru berupa ruangan yang bertema zaman dinosaurus. Di salah satu ruangan terdapat replika hewan Tyrannosaurus atau T-rex dan kerangka gajah purba. Demi menghadirkan suasana baru, selama setengah tahun ruangan itu sebelumnya ditutup untuk renovasi.

Koleksi Museum Geologi terbagi dalam tiga ruangan, yaitu Sejarah Kehidupan, Geologi Indonesia, dan Geologi untuk Kehidupan Manusia di lantai atas. Ruang Sejarah kehidupan berisi koleksi fosil yang dikelompokkan menurut era Prakambrium-Paleozoikum, Mesozoikum, dan Kenozoikum.

Dan kini, bisa lebih mengenal seputar kepunahan dinosaurus di masa purba jutaan tahun lalu. Sajian lainnya ada artefak manusia purba dalam bentuk patung seukuran asli di kotak kaca diorama. Yang menarik lainnya, ada fosil kerang raksasa yang bernama latin Tridacna gigas dari Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Sebagai informasi, salah satunya kawasan Karts Citatah di Padalarang merupakan bentang alam yang menjadi bukti Cekungan Bandung pernah menjadi dasar sebuah laut dangkal, pada 25 juta tahun silam.

Nobar kepunahan dinosaurus
Pajangan lain di Museum Geologi yang menarik perhatian ada koleksi amonit, hewan laut purba yang berkerabat dengan cumi-cumi juga gurita pada sekat bening. Joleksi baru di ruangan itu adalah trilobit, capung. Sementara kerangka gajah purba Flores dan babi purba Sulawesi juga ditampilkan secara permanen.

Kegiatan lain yang jadi magnet pengunjung Museum Geologi adalah menonton film kepunahan dinosaurus. Film kepunahan massal dinosaurus bisa disaksikan pengunjung Museum Geologi pada layar raksasa di ruang pamer Sejarah Kehidupan yang bisa dinikmati sejak akhir Januari 2020

Museum Geologi
Jln. Diponegoro no. 57, Bandung (ke sebelah timur dari Gedung Sate)

Nomor kontak:
- Informasi & Reservasi: 022-7213822
- Instagram: @geomuzee

Jam buka dan harga tiket masuk
Museum Geologi buka setiap hari selain Jumat dan hari libur nasional, Museum Geologi Bandung bisa dijelajahi dari pukul 08.00 sampai 16.00 WIB. Khusus Sabtu dan Minggu tutup pukul 14.00 WIB. Tiket masuk pelajar Rp 2.000, umum Rp 3.000, dan wisatawan asing Rp 10.000.