Review

Tunadaksa Biru Mandiri, Pembuat Kaki Palsu untuk Tunadaksa Kurang Mampu




Pembuat Kaki palsu di Bandung

Bengkel Tunadaksa Biru Mandiri didirikan Mamat Rohmat dan Dadan Hernawan. Mereka bertekad membuat kaki palsu untuk para tunadaksa kurang mampu, dengan harga bersahabat atau bahkan gratis. Mamat dan Dadan juga tunadaksa. Kedua kaki Mamat layu diserang polio ketika berumur tujuh tahun.

Bengkel yang beralamat di Jalan AH Nasution, Kecamatan Cibiru, Bandung (Timur), berdiri pada November 2010 dan sudah memproduksi beragam pasang kaki palsu. Penggunanya kebanyakan dari Garut, Majalaya, dan Bandung. Mereka rata-rata penyandang tunadaksa kurang mampu yang tidak sanggup membeli kaki palsu di rumah sakit. Keunggulan kaki palsu buatan bengkel Tunadaksa Biru Mandiri karena dibuat oleh para penyandang tunadaksa. Mereka lebih memahami kebutuhan para pengguna kaki palsu.

Bengkel Tunadaksa Biru Mandiri kini mempekerjakan lima orang tuna daksa lainnya. Mereka membuat kaki serta tangan palsu yang harganya terjangkau oleh masyarakat ekonomi rendah, mulai Rp650 ribu hingga Rp1,1 juta. Meskipun murah, kaki palsu dibuat sedemikian rupa agar dapat dipergunakan dengan sangat fleksibel. Agar pemakainya dapat kembali berjalan, bahkan bisa digunakan untuk naik sepeda, salat dan bersila. Selain telaten melayani setiap pasien, Bengkel Tuna Dakas Biru Mandiri yang didirikan Dadan dan Mamat juga mulai memberikan sumbangan kaki bagi mereka yang benar-benar tidak mampu secara finansial.

Tunadaksa Biru Mandiri
Jln. AH. Nasution
Dekat pasar/alun-alun Ujungberung ke sebelah timur,
sebelah kiri jalan depan KUD Sinar Jaya, sebelum Cilengkrang 2
(lihat peta di sini)

Kontak:
081394125717 (Mamat Rohmat)