Review

Menikmati Jajanan Batagor Bandung




1. Batagor Isan

Baso tahu goreng atau di Bandung dikenal dengan 'Batagor' adalah makanan camilan yang kian hari menjadi favorit penikmat kuliner. Salah satu "karuhun" lokasi jajanan batagor ini terletak di Jln. Bojongloa No 38 Bandung. Konsumen Batagor Isan adalah orang Bandung yang sudah memfavoritkannya sejak dulu. Bahkan kalangan artis pun kerap bisa kita jumpai sedang menikmati kelezatan Batagor Isan.andung. Patut dicatat, Batagor Isan adalah pelopor batagor di Bandung.

Sebenarnya batagor sudah ada sejak tahun 60an saat Haji Isan mulai menjajakan dagangannya di Jalan Situsaeur (daerah Bandung selatan daerah Kopo). Dahulu sebagian orang masih menamakannya tahu yang di-coel atau dicelupkan ke bumbu kacang yang kita kenal sekarang. Batagor Isan masih tetap bisa kita nikmati di warungnya yang sederhana di jalan Bojongloa, sebuah jalan sempit antara jalan Pasirkoja, Astanaanyar, dan Panjunan.

2. Batagor Kirana

Salah satu kuliner yang sedang digandrungi adalah Batagor Kirana. Untuk mencoba sensasi rasanya, cobalah Anda kunjungi kedai Lomie Pekalongan yang berada di Jalan Suwatama No. 3, Pajajaran. Di sini, Anda bisa mencicipi bumbu batagor yang manis plus gurih. Komposisi gula merah menjadi resep rahasianya. Batagor di sini rasanya hampir menyerupai batagor lainnya, dan tentunya batagor yang berbahan ikan tenggiri asli. Jika Anda ingin memesan ke rumah, silakan kontak nomor HP 08552133388 atau melalui pin Blackberry Messenger (BBM) di 22BB53DB.

3. Batagor Abuy

Batagor Abuy termasuk salah satu jajanan favorit di sekitaran Jalan Lengkong. Sensasi pedasnya juga bikin menambah selera. Di sini, Tahunya lembut dan tidak asam. Abuy berbisnis batagor sejak tahun 80an dan membuka gerainya dari sore hingga malam. Di akhir pekan, bisa ribuan batagor dijual kepada para pelanggannya terutama para pelancong dari Jakarta.

4. Batagor Kingsley

Rasa batagor Kingsley beda dengan yang lain. Tahunya terasa lembut dan adonan acinya juga lezat, meskipun digoreng tapi rasanya tetap kenyal. Dipadu dengan bumbu kacangnya yang manis dan agak pedas. Kombinasi yang sangat tepat. Kelembutan tahunya berpadu dengan kanji ikan yang memberikan aroma khas dan digoreng dengan tingkat kematangan yang pas. Selain itu, kita bisa memadukannya dengan siomay goreng yang tak kalah enaknya. Perbedaannya adalah kalo batagor menggunakan tahu sebagai pembalutnya sedang siomay menggunakan kulit pangsit.
Satu porsi batagor ini memang agak lumayan mahal. Namun, harga sepadan dengan kelezatannya. Menu di Batagor Kingsley yaitu Baso Tahu Goreng, Baso Tahu Kuah, dan Siomay. Menu andalannya tentu saya Baso Tahu Goreng. Disitu juga dijual aneka oleh-oleh khas Bandung, jadi bisa sekalian beli oleh-oleh disitu. Lokasi Batagor Kingsley terletak di Jalan Veteran No. 25, dekat dengan bioskop Regent (arah Jalan Sunda).

5. Batagor Riri

Batagor Riri yang terletak di Jln. Burangrang 41 Bandung ini disebut-sebut sebagai salah satu pelopor yang membuat nama Batagor menjadi kondang sebagai kuliner khas kota Bandung. Batagor Riri bisa kita santap di tempat atau kita bungkus untuk dijadikan buah tangan. Biasanya dijual dalam paket yang berisi 10 buah batagor atau siomay, tergantung selera. Bisa kita pilih sendiri variasinya. Kita pun bisa memesannya 1/2 matang, sehingga kita dapat menggorengnya kembali ketika sampai rumah. Tapi ingat, karena tidak menggunakan bahan pengawet, batagor ini hanya tahan 24 jam saja; kecuali jika dimasukkan ke dalam kulkas bisa tahan 3 sampai 4 hari.