Review

Sentra Kaos Bandung di Jalan Suci





Bicara menghadapi Pemilihan Umum alias Pemilu, salah satu atribut yang sudah menjadi "kewajiban" adalah kaos. Ya, kaos walau dengan harga murah meriah menjadi prasyarat seorang calon bisa mempromosikan diri kepada konstituennya. Salah satu tempat yang menjadi langganan pesanan kaos adalah daerah Jalan Suci Bandung. Di sini berjejer pembuat-pembuat kaos. Coba Anda jalan dari ujung Jembatan Pasupati (depan Gasibu/Telkom) terus saja hingga ke arah Cicaheum. Di sini Anda bisa melihat ragam bangunan yang penuh dengan tulisan "Menerima pesanan kaos, jaket, topi, dll". Kawasan Jalan Suci memang dari dulu dikenal sebagai pembuat kaos dan atribut lainnya yang berhubungan dengan pakaian.

Trend Kaos Bandung
Pusat kaos di Bandung ini  merupakan tempat grosir kaos Bandung ini memiliki jumlah pengrajin kaos ratusan (ada sekitar 300 pembuat kaos dan distro). Mereka yang menawarkan jasa pembuatan kaos ini tidak hanya ada di sepanjang Jalan Suci, namun Anda bisa melongokonya juga di gang-gang belakang sepanjang Jalan Suci. Biasanya yang di dalam gang ini tidak punya ruang pamer sendiri.

Konon, kehadiran kaos di kawasan ini dipicu dengan mulai trendnya kaos made ini Bandung. Salah satunya, adalah adanya pusat kaos bernama C59 yang terletak di Jalan Caladi 59 (belakang Gedung Telkom). Mungkin, "rembetan" mulai menjalar dari sini, hingga akhirnya sepanjang Jalan Suci pun kemudian banyak didirikan produksi usaha kaos.

Ratusan Kios
Perkembangan waktu pun rupanya menjadi penyebab mengapa sentra kaos di Jalan Suci bisa berkembang. Momen Pemilu, acara kegiatan sekolah atau kebutuhan kaos untuk event tertentu lainnnya menjadi pemicu kawasan Jalan Suci lebih dikenal. Belum lagi dengan booming  pusat distro Bandung. Ya, kehadiran clothing, factory outlet, dan distro di Bandung turut membangkitkan para pengusaha kaos. Namun, pada perkembangannya, saking menggiurkannya usaha kaos ini rembetan untuk jualan kaos pun menyebar. Kini hampir di berbagai titik di Bandung banyak perajin kaos. 

Inilah yang menyebabkan kawasan Jalan Suci mendapat "saingan" lain saat kaos Bandung menjadi merek yang digemari di tanah air hingga mancanegara. Kawasan Suci pun sekarang tidak lagi menjadi pilihan utama. Apalagi ditambah munculnya raksasa industri konveksi khusus kaos di Bandung sendiri yang bisa memproduksi kaos jumlah banyak, cepat, dan tentunya modalnya besar. Maka, teknik sablon manual seperti di Jalan Suci pun sekarang harus pandai-pandai mencari pasar sendiri.

Bukan itu saja. Di sini, pemesan bisa pesan kaos untuk pemilihan daerah (pilkada), kaos oblong, plakat, vandel, kaos distro, umbul-umbul, bendera, kaos olahraga sekolah, jaket almamater/perusahaan, kaos event dengan bahan kaos dan sablon yang bisa disesuaikan sendiri oleh pemesan. Untuk pengerjaan sendiri ada yang menjahit, memotong, menyablon, menjemur, menyetrika, mengemas ke wadah plastik, serta mengepaknya ke dalam karung plastik, siap untuk dikirimkan.

Kawasan industri kreatif Jalan Suci ini sampai sekarang masih ada. Saat krisis ekonomi 1998, industri ini tidak terpengaruh. Malah, semakin banyak kios baru yang muncul. Keunikan industri di sini yaitu tidak membutuhkan banyak modal dan antar perajin biasanya mengerjakan secara gotong royong atau makloon (biasanya untuk pekerjaan besar dan deadline pemesanan yang mepet). Usaha lain yang tidak bisa dilepaskan di sini adalah jasa pembuatan spanduk. Para pemesan tidak hanya dari lokal (Kota Bandung) namun juga dari luar Jawa Barat, luar Pulau Jawa, hingga mancanegara seperti dari Malaysia.

Lihat peta lokasi Jalan Suci, Bandung di sini: