Review

Event Pameran Buku di Bandung




 Bandung selain kota wisata, juga menyandang gelar sebagai Kota Pelajar layaknya Yogyakarta. Selain sekolah tingkat dasar hingga menengah, di Kota Bandung ada puluhan perguruan tinggi yang tersebar di kota ini. Adapun "amunisi" yang berhubungan dengan dunia akademik dan ilmiah atau budaya literasi ini pasti ada kaitannya dengan buku.

Nah, Bandung sebetulnya sangat potensial untuk mengembangkan lagi salah satu wisata yang patut diperhatikan yaitu "wisata buku". Mungkin bagi masyarakat Bandung atau mereka yang berkunjung ke Bandung, membeli buku di kota ini tidaklah terlalu sulit. Banyak pilihan untuk membeli buku. Kita bisa membeli di toko-toko buku yang tersebar di berbagai titik. Begitu pula nama Pasar Buku Palasari tidak bisa dilepaskan sebagai referensi utama untuk membeli buku dengan harga yang bisa ditawar alias diskon. Begitu pula untuk membeli buku bekas bisa ke daerah Alun-alun Bandung.

Satu hal lagi yang perlu dicatat adalah kegiatan pameran buku yang biasa diselenggarakan oleh Ikatan Penerbit Indonesia (Ikapi) Jawa Barat. Ikapi Jawa Barat biasa mengadakan acara tahunan berupa pameran buku dengan label "Pameran Buku Bandung", "Pesta Buku Bandung", dan juga "Islamic Book Fair". Pameran Buku Bandung sendiri menjadi agenda rutin yang biasanya diselenggarakan pada akhir tahun. Event ini biasa diselenggarakan di Gedung Landmark, Jalan Braga No. 129 Bandung. Event ini adalah kerja sama antara Ikapi Jawa Barat dengan Pemkot Bandung. Dari pagi hingga malam hari pameran ini berlangsung dengan pengunjung yang selalu membludak.

Acara pameran sendiri biasa diisi oleh ratusan penerbit plus distributor buku yang berasal, khususnya, dari Kota Bandung (patut diingat, penerbit di Bandung termasuk yang terbesar di Indonesia malah mungkin Asia). Di sini biasa juga diselenggarakan acara di panggung utama dengan kegiatan bedah buku, pertunjukan seni budaya, lomba-lomba yang berhubungan dengan kreativitas, hingga diskusi terbuka. Bahkan, pelatihan pun biasa diisi di ruangan khusus dengan tema-tema tertentu. Di acara ini juga biasa diadakan "Anugerah Ikapi".

Hal lain yang tak kalah penting bagi mereka yang doyan berburu buku, bisa mendapatkan potongan harga menarik di sini. Adapun untuk buku yang dijual, tentunya sangat variatif, dari buku pelajaran, buku anak, buku agama, dan buku umum lainnya. Ada juga yang memasang stand multimedia dan aneka pernak-pernik lainnya juga mainan edukatif bagi anak-anak. Anda bisa meminta katalog pada penjaga stand sebagai bahan referensi. Pameran Buku Bandung memang salah satu ajang bertemunya konsumen dengan produsen buku. Adapun gelaran tiap tahun ini selalu mengambil tema khusus, misalnya untuk Pameran Buku Bandung 2013 ini mengambil tema: "Endless Reading: Bandung Pusat Buku dan Festival Seni Budaya Internasional."

Lantas, bagaimana jika Anda ingin berperan serta menjadi peserta pameran buku terbesar di Jawa Barat ini? Bulan-bulan sebelum pelaksanaan pameran, kalau bisa Anda hubungi langsung panitia pameran di kantor Ikapi Jawa Barat. Sebagai bahan informasi, Anda bisa buka website Ikapi Jawa Barat (http://ikapijabar.com/) atau ke Twitter (https://twitter.com/IKAPIJABAR). Jika ingin langsung menghubungi panitia/pengurus Ikapi Jabar, datang saja ke kantor Ikapi Jawa Barat yang ada di Jalan Ibu Inggit Garnasih (Ciateul) Bandung.

Selain Pameran Buku Bandung, Ikapi Jawa Barat biasa juga mengadakan acara Pesta Buku Diskon yang diselenggarakan pada bulan Februari (awal tahun). Selain itu, ada juga event Islamic Book Fair yang biasa diselenggarakan pada bulan Mei (tengah tahun). Pesta Buku Bandung biasanya diselenggarakan dengan pihak perguruan tinggi. Salah satunya dengan Universitas Padjadjaran (Unpad). Pesta Buku Diskon pernah diselenggarakan di kampus Unpad Dipatiukur dan Jatinangor.