Review

NOAH Live in Concert, Sasana Budaya Ganesha, 18 Februari 2015




Mulang ka lembur barangkali itu ungkapan yang tepat bagi group band papan atas asal Bandung ini. NOAH yang sudah malang melintang dan mencapai kesuksesan di jagad industri musik tanah air, pada Februari nanti akan menggelar konser di Kota Bandung. Penampilan Ariel, Uki, Lukman, dan David ini akan menghibur para penggemarnya pada 18 Februari 2015 di Sasana Budaya Ganesha, Jln. Tamansari Bandung.

Adapun tema yang diambil dalam konser kali ini adalah "Bandung Love Story". Bagi Anda yang ingin menonton konser band papan atas Indonesia ini, untuk informasi pemesanan dan harga tiket konser NOAH silakan cek di https://twitter.com/ThinkFirstBdg.



Kilas Balik NOAH

Pada tahun 1997, Andika (kibor) membentuk grup musik Topi dengan mengajak adik kelasnya di SMU 2 Bandung, Uki (gitar), Afrian (gitar), serta teman mainnya, Abel (bas) dan Ari (drum). Uki pun mengajak teman SMP-nya Ariel yang mengisi posisi vokal. Dengan formasi seperti itulah, mereka mulai manggung dan memainkan musik beraliran Brits alternatif. Kemudian Ari mengundurkan diri dan Topi pun bubar tanpa sebab yang pasti.

Andika mengumpulkan kembali personel Topi pada tahun 2000. Namun kali ini, posisi drum dipegang oleh Reza. Untuk memberi warna musik yang lebih dewasa dan lebih kaya melodi, maka diajaklah Lukman, teman kakak Indra, yang akhirnya jadi gitaris utama (lead guitar). Setelah terbentuk dengan formasi enam orang, mereka pun mengambil nama Peterpan. Tanggal 1 September 2000 secara resmi Peterpan terbentuk.

Perjalanan profesional Peterpan dimulai tahun 2001 dengan merambah dari kafe ke kafe di Bandung. Mereka bermain di kafe O'Hara dan Sapu Lidi dengan membawakan lagu-lagu top 40, serta rock alternatif seperti Nirvana, Pearl Jam, Coldplay, U2, Creed, dll. Saat di kafe Sapu Lidi-lah potensi mereka terlihat oleh Noey, basis Java Jive yang sedang mencari grup musik untuk mengisi album kompilasi. 

Dari lagu yang dikirim oleh manajer Peterpan, Budi Soeratman untuk demo, yaitu "Mimpi Yang Sempurna", "Kita Tertawa" dan "Taman Langit", terpilihlah lagu "Mimpi Yang Sempurna" untuk dimasukan ke album kompilasi Kisah 2002 Malam yang dirilis Juli 2002. Tak disangka lagu tersebut menjadi jagoan album ini dan mendongkrak penjualan sampai di atas 150.000 kopi.

Pada 2 Agustus 2012, Peterpan mengumumkan nama baru mereka, yaitu NOAH. NOAH sendiri berarti membuat nyaman, memberi ketenangan, dan panjang umur. Tidak hanya nama grup musiknya berganti, nama sebutan penggemar mereka juga berganti nama dengan menghilangkan embel-embel Peterpan. Pada bulan yang sama, menggunakan nama baru, grup musik ini merilis singel "Separuh Aku". dan buku "Kisah Lainnya".