Review

Bazaar Batu Akik dan Bazaar Umum di Pasar Modern Batununggal





Demam batu akik khususnya di Kota Bandung turut memberikan andil bagi menggeliatnya perekonomian masyarakat. Transaksi jual-beli batu akik setiap harinya konon lumayan fantastis. Penjualan tersebut dari yang skala biasa-biasa sampai tingkat kolektor kelas tinggi. Masyarakat yang awam terhadap batu akik pun kini mulai terbiasa dengan istilah jenis-jenis nama batu akik, seperti: bacan, kalsedon, pancawarna, giok, kalimaya, safir, tofaz, hingga zamrud.

Geliat ekonomi pun kini terlihat dari banyaknya penjual batu akik yang bermunculan di beberapa titik. Belum lagi tak sedikit yang banting setir menjadi tukang penghalus batu akik hingga ajang-ajang pameran batu akik. Salah satunua di Kota Bandung pada 30 Mei hingga 2 Juni digelar bazaar batu akik dan pameran umum di Pasar Modern Batununggal, Kompleks Batununggal Indah. Sepanjang pengamatan di hari kesatu, pameran di lokasi ini disesaki pengunjung. 

Dengan mengambil lokasi di los sayuran Pasar Modern Batununggal, ada lebih dari 90 pedagang yang menjajakan batu akik. Batu akik yang dijual dari yang sudah jadi sampai batu mentahan. Kegiatan pameran ini dibuka dari pukul 8 pagi hingga pukul 7 malam. Untuk memeriahkan acara, digelar pula pentas musik dan hiburan lain termasuk doorprize. Para penggemar batu akik ada juga yang memanfaatkan jasa pemolesan batu akik hingga mereka yang membeli watangan alias cincin untuk batu akik.

Ada Stand Merchandise Preman Pensiun
Untuk lebih menarik massa, pihak penyelenggara dari Komunitas Batu Akik mendaulat Matt Drajat (Kang Komar) sebagai duta acara. Selain itu, di sini pun ada stand khusus merchandise Preman Pensiun di sebuah jongko yang terletak di area belakang. Kehadiran para pemain Preman Pensiun lainnya pun turut mengundang antusiasme masyarakat yang ingin berfoto dengan idolanya tersebut.

Pada hari pertama, Sabtu (30/5/2015) talent Preman Pensiun yang hadir ada Kang Ica (pemeran Pipit), Dicky Satria (pemeran Jupri), Soraya Rasyid (pemeran Imas), Sandi Tile (pemeran Amin), Nyno (pemeran Agus), Ucup Palentin (pemeran Ubed), Yuyun Yuningsih (pemeran Ceu Edoh), dan yang lainna. Para pemain turut menjadi tim marketing dalam penjualan kaos Preman Pensiun. Bagi pengunjung yang meminta tanda tangan pun, mereka melayani dengan ramah.

Selain bisa membeli batu akik, di sini pun pengunjung bisa menikmati santapan kuliner di Food Lot Batununggal maupun di jongko-jongko makanan. Anda juga bisa membeli oleh-oleh, aneka sandang, hingga ingin dipijat badan sekalipun. Untuk area parkir di Pasar Modern Batununggal ini terbilang luas. Anda bisa memarkirkan motor atau mobil di sekeliling pasar.

Bagi yang menggunakan angkutan umum, bisa naik angkot Mengger - Kebon Kalapa dan berhenti di jembatan Perumahan Batununggal. Alternatif lain naik angkot Elang-Gedebage, Cicaheum-Cibaduyut, atau bus DAMRI dan berhenti di stopan Bank Mandiri Batununggal. Dari sana, Anda bisa naik ojek menuju Pasar Modern Batununggal.

Video Bazaar Batu Akik: Tonton di sini