Review

Pagelaran Seni Sunda Sampurasun - LSS ITB, 30 Mei 2015





Profil LSS ITB
Khazanah seni Sunda beragam jenisnya. Seni Sunda merupakan warisan yang diturunkan turun temurun serta dijaga dan dikembangkan hingga generasi terkini. Tak terkecuali oleh para mahasiswa yang bekecimpung di dunia kampus. Salah satunya Lingkung Seni Sunda (LSS) ITB. LSS ITB didirikan pada 15 April 1971 atas prakarsa rektor ITB saat itu yaitu, Prof. Dodi Tisna (alm).

LSS bukan hanya mempertontonkan seni Sunda saja, tetapi juga memberikan kontribusi terhadap masyarakat mengenai kebudayaan Sunda. LSS memainkan kesenian melalui pementasan, dan terkadang mendapatkan tawaran dari klien pementasan upacara pernikahan, tetapi  hal ini tidak membuat LSS menjadi organisasi komersial.

Event Sampurasun 2015
Untuk mendukung upaya ngamumule jeung ngariksa seni Sunda, pada Mei 2015 LSS ITB akan menggelar event "Sampurasun" dengan tema "Nitih wawuh pikeun ngaraksa seni Sunda". Sampurasun merupakan rangkaian acara yang diselenggarakan oleh Lingkung Seni Sunda ITB (LSS ITB) yang dilatarbelakangi oleh kurang kenalnya masyarakat baik pelajar maupun non pelajar terhadap kesenian sunda. Sampurasun sendiri adalah kata dalam Bahasa Sunda yang digunakan sebagai salam untuk memulai percakapan. Sesuai dengan namanya, acara ini mengajak kita untuk memulai mengenal kebudayaan Sunda kembali.

Even ini sebagai tarekah (upaya) mengembalikan kebudayaan Sunda yang bahkan di rumahnya sendiri, Bandung, kurang dirasakan oleh masyarakatnya. Rangkaian acara Sampurasun terdiri dari Pasanggiri Rampak Sekar XXII, pementasan kesenian LSS ITB, wahana kuliner, kaulinan dan kesenian Sunda. Sampurasun akan dilaksanakan pada tanggal 30 Mei di lingkungan kampus ITB, dan akan diramaikan oleh tim tim Rampak Sekar dari berbagai SD, SMP dan SMA se-Jawa Barat.

Pelaksanaan Acara
Acara ini akan dilaksanakan pada Sabtu, 30 Mei 2015 bertempat di Aula Barat ITB Jln. Ganeca No. 10 Bandung. Dalam event ini akan dipergelarkan: Pasanggiri rampak sekar (pukul 07.30 - 18.00) berupa Upacara mapag patandang dengan peresembahan tari kandagan. Pada malah harinya akan digelar Malam Kesenian yang diisi dengan pementasan
- Kacapi suling
- Rampak kendang
- Jaipong kembang
- Longser Bedog Gedebul

Untuk meramaikan event ada juga stand waditra Sunda, stand kuliner, dan doorprize. Sementara untuk masuk ke lokasi acara tidak dipungut biaya alias gratis.

Kontak:
Campus Center Barat Institut Teknologi Bandung R. 26
Jalan Ganeca No 10 Bandung
Tlp: 0813 227 65031 (Ahsanul Insan)
E-mail: prslssitb@gmail.com

Link terkait dan info pendaftaran pasanggiri:
Official website: http://sampurasun2015.com
Twitter: @sampurasun2015
Instagram: @sampurasun2015