Review

Inilah Tokoh-Tokoh Preman di Sinetron Preman Pensiun





Alur cerita di Preman Pensiun menyajikan tokoh-tokoh preman ada di bawah kekuasaan Kang Muslihat dan Bos Jamal. Kang Mus merupakan tangan kanan Kang Bahar yang kemudian Kang Mus sendiri menjadi penerus Kang Bahar. Pada Preman Pensiun season 1, Kang Mus bertugas membawahi pemimpin preman pasar, preman jalanan, dan preman terminal. Preman pasar berada di bawah komando Kang Komar (diperankan Matt Drajat). Preman jalanan awalnya di bawah komando Kang Maman Suherman (diperankan almarhum Roy Chunonk). Sementara preman terminal di bawah komando Gobang (diperankan M. Jamasari).

Seiring berkembangnya alur cerita dan sepeninggal almarhum Roy Chunonk, preman jalanan dikuasai oleh Bos Jamal (diperankan oleh Ikang Sulung. Ketiga wilayah kekuasaan preman tersebut sama-sama bertugas menarik uang keamanan. Preman pasar menarik uang keamanan ke jongko-jongko di Pasar Palasari. Preman jalanan menarik uang keamanan ke tempat-tempat usaha di sekitar Jalan Merdeka dan Jalan Braga, sekaligus jadi penagih utang. Sementara preman terminal menarik uang keamanan pada sopir-sopir angkutan umum di Terminal Cicaheum.

Setiap pemimpin preman mempunyai anak buah. Preman pasar yang di bawah komando Kang Komar mempunyai anak buah Iwan Tyson (diperankan Maiza Fadly), Jhony (diperankan Pangeran Tyson), Dikdik (diperankan Andra Manihot), Jupri (diperankan Dicky Satria). Preman lainnya yaitu Pipit/Firmansyah Pitra (diperankan Kang Ica) dan Murad (diperankan Kang Denny) awalnya bergabung dengan Bos Jamal namun kemudian beralih ke Kang Mus. Begitu pula Dikdik dan Jupri pernah gabung dengan Bos Jamal dan kembali ke klan Kang Mus. Bos Jamal si penguasa preman jalanan pada season 2 hanya punya anak buah Ujang Rambo Bojongsoang (diperankan Fajar Khuto). Namun posisi para preman tersebut seiring perjalanan cerita bisa saja berubah kembali.  Seperti halnya Dikdik, Pipit, dan Murad yang sekarang satu tim di wilayah jalanan dan  bertanggung jawab ke Kang Mus.

Sedangkan di wilayah terminal dipimpin oleh Gobang (diperankan Ari Al Fatah alias M. Jamasari). Gobang punya anak buah Bohim (diperankan Kristiano Purwo) dan Cecep (diperankan Abenk Marco). Pada season 2 ini ada juga penambahan preman baru bernama Kemod (diperankan Bayu Ruben). Para pemimpin preman pasar dan terminal menginduk langsung ke Kang Mus. Sementara penguasa preman jalanan yakni Bos Bamal adalah penguasa tunggal. Inilah yang menjadi konflik cerita ketika Bos Jamal berusaha ingin merebut kekuasaan wilayah yang dikuasi Kang Mus dan anak buahnya